Warna-Warna yang Pria Suka

Warna-Pria


informasitips.com – Dalam psikologi warna, ada perbedaan kesukaan (preferensi) antara pria dan wanita. Beberapa warna lebih disukai wanita, sementara beberapa warna lainnya lebih disukai oleh pria. Hal itu akan menjadi pertimbangan, misalnya, manakala ingin memasarkan produk yang menargetkan gender tertentu sebagai pasarnya. Tentunya pilihan jatuh pada warna-warna feminin ketika wanita menjadi target pasarnya, dan pada warna maskulin ketika pasarnya adalah kaum adam.

Warna yang Disukai Pria

Sebuah studi tentang warna menunjukkan bahwa ada perbedaan pada kecenderungan pria dan wanita terhadap warna. Mengenai penyebabnya tidak bisa diketahui dengan pasti, namun faktor budaya dalam penggunaan warna dan kondisi tempat seseorang berada diduga memiliki kontribusi terhadap pembentukan preferensi seseorang terhadap warna. Betapapun, beberapa generalisasi telah dibuat dan menghasilkan kesimpulan bahwa pria menyukai warna-warna tertentu yang boleh jadi sama dan berbeda dengan warna yang disukai wanita.

Pria Suka Warna Biru

Warna biru tidak hanya disukai pria, wanita juga menyukainya. Warna biru termasuk ke dalam warna yang disukai oleh kedua gender dari segala umur. Namun, rupanya ketertarikan pria terhadap warna biru lebih besar dibandingkan dengan wanita. Warna biru memiliki pengaruh yang menenangkan yang membuatnya menjadi warna yang popular bagi kedua gender, pria dan wanita. Warna biru juga melambangkan kepercayaan, kejujuran, kemurnian, ketenangan dan kesetiaan. Pria yang menyukai warna biru diharapkan memiliki berbagai karakter positif tersebut. Mengingat banyaknya kesan positif yang melekat pada warna biru, maka menjadi wajar jika warna ini adalah yang paling popular bagi pria dan wanita. Dari sisi pemilihan warna untuk pakaian, memilih warna biru relative aman bagi pria.

Pria Suka Warna Hijau

Loading...

Warna kedua yang secara umum disukai pria adalah hijau. Secara visual, melihat warna hijau membuat hati menjadi tentram. Hijau melambangkan kesehatan, pertumbuhan dan/atau pembaruan yang siap me-recharge (mengisi kembali) energi yang telah hilang. Hijau juga menyuguhkan kesan seimbang dan stabil. Pria lebih menyukai warna hijau yang terang, sementara wanita cenderung menyukai warna hijau yang lebih kalem atau menenangkan. Warna hijau yang kalem itu biasanya ada penambahan unsur warna biru yang menambahkan kesan menenangkan pada warna dasarnya yang hijau.

Pria Suka Warna Hitam

Warna hitam memang kerap dianggap sebagai warna pria, namun menurut studi ternyata perbedaan jumlah pria dan wanita yang menyukai warna hitam tidak terlalu mencolok, hanya berbeda sedikit jumlah di antara keduanya. Warna hitam melambangkan kekuatan dan ketangguhan yang terkait erat dengan sosok maskulin. Secara budaya, wanita terbiasa untuk mengenakan pakaian yang warnanya lebih bervariasi ketimbang pria yang biasanya lebih terbatas dalam memilih warna, seperti warna hitam yang sering dikenakan oleh banyak pria.

Warna yang Pria Tidak Suka

Warna-warna yang pria tidak suka umumnya warna-warna yang dikategorikan sebagai warna feminin, seperti warna ungu, lavender dan juga warna tosca. Menurut studi, warna ungu memang secara eksklusif diperuntukkan bagi wanita dan pria memiliki ketidaksukaan yang besar terhadap warna tersebut. Bagaimana dengan pink? Ternyata berbeda dengan warna ungu, pink tidak seeksklusif itu untuk wanita, pria yang mengenakan pakaian pink masih bisa diterima, meski persepsi khalayak umum terhadap pria yang mengenakan warna pink cenderung negatif.

Dari uraian di atas bisa diketahui bahwa top 3 warna yang disukai pria adalah biru, hijau dan hitam, yaitu dua warna cool (kalem) dan satu warna netral. Selain 3 warna itu, menurut polling yang diadakan oleh Joe Hallock, ada juga warna lainnya yang pria agak menyukainya, yaitu warna coklat dan orange.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US:

Pencarian Terkait