Rumus Konversi Suhu Reamur ke Celsius, Fahrenheit dan Kelvin

Konversi Suhu

Gambar: uq.edu.au


informasitips.com – Suhu adalah ukuran rata-rata energi kinetik yang dimiliki oleh seluruh elektron atau atom yang bergerak bebas di dalam zat. Energi gerak tersebut akan menimbulkan panas pada objek atau zat secara keseluruhan. Semakin panas suatu zat, maka semakin tinggi suhu yang dimilikinya. Suhu sendiri dinyatakan dalam satuan derajat Celsius, derajat Reamur, derajat Fahrenheit ataupun dinyatakan dalam Kelvin. Artikel ini khusus membahas bagaimana cara konversi suhu yang dinyatakan dalam satuan derajat Reamur menjadi ke dalam satuan derajat Celsius, derajat Fahrenheit serta menjadi satuan Kelvin.

Rumus Suhu dari Reamur ke Celsius

Formula atau rumus yang digunakan untuk mengonversi suhu yang dinyatakan dalam satuan derajat Reamur ke satuan derajat Celsius adalah sebagai berikut:

{(5/4) x oR} = oC

oR = Suhu dalam derajat Reamur
oC = Suhu dalam derajat Celsius

Contoh Soal Rumus Suhu:
Pada pengukuran suhu suatu oven, suatu Termometer skala Reamur menunjukkan angka 60 derajat. Berapakah hasil pengukuran suhu oven jika menggunakan Termometer skala Celsius?

Jawab:
Untuk menjawab soal di atas cukup dengan mensubstitusi hasil pengukuran yang diketahui dalam derajat Reamur ke formula atau rumus di atas, yaitu
(5/4) x 60oR = 75oC
Maka jawaban dari soal di atas adalah Termometer skala Celsius akan menunjukkan angka 75oC saat digunakan untuk mengukur suhu oven.

Konversi Suhu dari Reamur ke Fahrenheit

Rumus yang digunakan untuk mengubah satuan suhu dari derajat Reamur menjadi derajat Fahrenheit adalah seperti berikut ini:

{(9/4) x oR} + 32 = oF

Loading...

oR = Suhu dalam derajat Reamur
oF = Suhu dalam derajat Fahrenheit

Contoh soal:
Dalam satuan skala Reamur, air mulai mengembun pada suhu -16oR. Berapa suhu air mulai mengembun jika dinyatakan dalam satuan skala Fahrenheit?

Jawab:
Untuk menjawab soal tersebut, maka rumus suhu Reamur ke Fahrenheit di atas dapat digunakan
{(9/4) x (-16oR)} + 32 = -4oF
Jadi, air mulai mengembun pada suhu -4 derajat Fahrenheit.

Rumus Suhu dari Reamur ke Kelvin

Untuk melakukan konversi suhu dari satuan derajat Reamur ke satuan Kelvin, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

{(5/4) x oR} + 273 = K

oR = Suhu dalam derajat Reamur
K = Suhu dalam Kelvin

Catatan: khusus untuk satuan suhu dalam Kelvin tidak memakai derajat, karena satuan Kelvin sesungguhnya adalah skala absolut dalam satuan suhu. Derajat digunakan pada satuan suhu Celsius, misalnya, karena satuan derajat Celsius sesungguhnya didasarkan pada skala Kelvin, jadi referensi dari satuan derajat Celsius adalah skala Kelvin, begitu juga dengan satuan derajat Reamur dan Fahrenheit.

Contoh soal:
Konversi 76oR ke dalam satuan skala absolut suhu?

Jawab:
Skala absolut suhu berarti maksudnya adalah skala Kelvin. Konversi 76oR ke dalam satuan Kelvin caranya adalah dengan menggunakan rumus di atas:
{(5/4) x oR} + 273 = K
{(5/4) x 76oR} + 273 = 368 K

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: