Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Lele?

ikan-lele-ibu-hamil


informasitips.com – Saat hamil, sering kita dengar anjuran maupun larangan yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil, terutama soal makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Tidak mengherankan memang, mengingat saat hamil ibu harus benar-benar menjaga dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Karena makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan turut mempengaruhi tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungannya.

Dari sekian banyak kekhawatiran mengenai makanan apa saja yang boleh dan aman dimakan oleh ibu hamil, mungkin banyak yang bertanya-tanya “Apakah ikan lele termasuk aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil?” Selama ikan lele yang dikonsumsi merupakan hasil dari peternakan, maka ikan lele tersebut boleh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang banyak dikhawatirkan adalah ikan lele liar yang kondisi lingkungan hidupnya tidak terkontrol dan mungkin saja terpapar oleh cemaran sungai, seperti logam berat atau senyawa bahaya lainnya. Namun, jika ikan lele merupakan hasil ternak dimana pakan serta linkungan hidupnya dikontrol, maka ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi ikan lele.

Tak hanya sebatas boleh untuk dimakan oleh ibu hamil, ikan lele rupanya juga memberikan manfaat tersendiri bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kandungan nutrisi ikan lele dibutuhkan oleh ibu hamil demi menjaga perkembangan yang optimal dari si janin.

Ikan lele merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi sumber omega-3. Kandungan omega-3 dalam ikan lele hampir setara dengan kandungan omega-3 di ikan cod, tuna dan juga udang. Di dalam 3 ons ikan lele terkandung sekitar 0.22-0.3 gram omega-3.

Loading...

Dalam kehamilan, nutrisi asam lemak omega-3 berperan sangat penting untuk perkembangan sistem saraf janin, serta fungsi penglihatan dan kognitif bayi. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 yang cukup tinggi selama masa kehamilan dapat mengurangi resiko alergi pada bayi.

Selain omega 3, ikan lele juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein termasuk zat gizi yang sangat esensial bagi ibu hamil, karena protein berfungsi dalam menyusun sel-sel tubuh janin yang tengah berkembang. Dalam 3 ons ikan lele, terkandung sekitar 15.7 gram protein. Jumlah tersebut dapat memenuhi 28% kebutuhan protein seorang pria dewasa, serta dapat memenuhi 34% kebutuhan protein wanita untuk per harinya.

Kandungan nutrisi lainnya yang juga cukup tinggi dalam ikan lele adalah vitmain B12. Setiap 3 ons ikan lele kira-kira mengandung sekitar 2.3 mikrogram vitamin B12. Jumlah ini mampu mencukupi hampir sekitar 100% kebutuhan manusia akan vitamin B12 per hari.

Bagi ibu hamil, kehadiran vitamin B12 sangat krusial layaknya asam folat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Irlandia, ibu hamil yang kurang mendapatkan vitamin B12 memiliki risiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf atau neural tube defects.

Dari beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas, kita dapat melihat bahwa ikan lele merupakan salah satu sumber makanan yang boleh dan menyehatkan bagi wanita hamil. Tidak hanya enak dan murah -karena ketersediaannya yang melimpah-, namun ikan lele juga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan janin yang dikandung.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: