Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Janin 18 Minggu

informasitips.com – Ibu hamil tentu ingin selalu mengikuti perkembangan janin di dalam kandungannya dari waktu ke waktu. Memasuki trimester kedua atau minggu ke 16-24 usia kandungan, Ibu hamil sudah mulai bisa merasakan pergerakan janin di dalam rahimnya. Bila kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke-18, maka Anda bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja yang tejadi pada janin dan Anda di artikel ini.

Kondisi janin 18 minggu

Pada masa ini, tubuh janin Anda sudah mencapai ukuran 12.5- 14 sentimeter dari puncak kepala sampai pada bokongnya. Berat tubuhnya berkisar 120-150 gram. Pada masa ini, otak janin Anda mengemban jalur-jalur saraf yang memampukannya untuk mulai merasakan bagian-bagian lain tubuhnya. Pada usia kandungan 18 minggu inilah sang Ibu bisa merasakan getaran janin untuk pertama kalinya. Meskipun getarannya tidak kuat, tapi cukup terasa. Getaran janin terasa seperti kepakan sayap kupu-kupu. Namun, Anda jangan khawatir bila belum merasakan getaran seperti itu. Karena memang getaran tersebut tidak terlalu kuat, maka banyak Ibu hamil yang tidak peka merasakan getaran janinnya. Getaran ini akan semakin kuat dan seakin terasa oleh ibu hamil pada minggu-minggu ke depan hingga menjelang persalinan. Getaran pergerakan bayi terjadi karena janin Anda terus melatih tangannya yang semakin tumbuh sempurna. Ia sudah mulai bisa mengepalkan tangannya, membuka dan menutup. Bantalan telah terbentuk di jari-jari tangan dan jari-jari pada kaki bayi Anda. Pola lengkungan dan puntiran khas yang menjadi sidik jarinya sudah mulai muncul.

Kehamilan 18 Minggu

sumber gambar: www.greatlandings.com

Di usia ini bola matanya sudah mulai tumbuh. Demikian pula dengan bulu-bulu halus yang menjadi alis matanya. Sesekali ia bisa membuka dan menutup kedua kelopak matanya. Ia juga sudah mulai peka terhadap rangsangan cahaya yang masuk menembus kulit perut ibunya. Cobalah Anda letakkan senter yang menyala pada perut Anda, janin akan merespon dengan memicingkan matanya terhadap cahaya yang dilihatnya dari dalam perut. Luar biasa bukan? Dua kuncup daun telinganya pun mulai terlihat namun letak keduanya masih agak jauh dari bagian depan wajahnya. Indra pendengarannya sudah mulai bisa berfungsi sedikit demi sedikit. Meskipun samar-samar, ia sudah mulai bisa mendengar dan memberi respon atas suara yang berasal dari luar perut Ibunya. Misalnya, ia akan terkejut bila mendengar bunyi-bunyian yang terlalu keras. Untuk itu, pada usia kehamilan 18 minggu ini, para ibu hamil disarankan untuk sering-sering berkomunikasi dengan janinnya. Bisa dengan cara mendendangkan lagu agar janin mulai mengenali suara Ibunya dari dalam perut.

Alat kelamin dan sistem reproduksinya juga sudah mulai terbentuk. Bila janin Anda laki-laki, maka kelenjar prostat mulai terbentuk dan alat kelaminnya pun sudah ada. Bila janin Anda perempuan, maka uterus (rahim), tuba falopi (saluran tuba), dan v*g*n* sudah terbentuk dan berada di tempatnya. Anda bisa melihatnya melalui pemeriksaan USG. Hanya saja, terkadang tidak terlalu jelas terlihat di monitor karena ukurannya masih terlalu kecil

Lalu bagaimana dengan sistem persarafan janin pada usia 18 minggu? Sistem persarafan janin mulai bekerja dengan baik dan mencapai tahap maturasi atau pematangan. Suatu lapisan pelindung bernama mielin mulai menyelubungi lapisan saraf dan proses ini masih akan terus berlanjut sampai 1 tahun setelah bayi dilahirkan. Mielin sendiri berfungsi sebagai penghubung antara sel saraf dan membangun suatu jaringan saraf yang kompleks.

Nah, bila Anda sudah mengetahui informasi mengenai kondisi janin Anda di usia 18 minggu, maka Anda juga harus mengenal dan mengetahui perkembangan kondisi Anda sendiri pada kehamilan 18 mingga. Berikut sedikit informasi pelengkapnya.

Kondisi Ibu hamil usia 18 minggu

Ada kabar gembira, pada umunya selera makan Anda kini sudah meningkat pada usia kandungan 18 minggu. Frekuensi muntah dan mual sudah mulai jarang terjadi. Karenanya pilihlah makanan-makanan yang kaya nutrisi daripada hanya makan yang banyak kalorinya (banyak terdapat di snack; keripik kentang, permen, kentang goreng, dll). Memilih pakaian-pakaian yang menyamankan saat ini menjadi satu keharusan, seiring dengan membaiknya selera makan dan ukuran pinggang yang membesar.

Sistem kardiovaskular Anda sedang menuju perubahan dramatis, dan selama trimester ini tekanan darah Anda mungkin akan lebih rendah dari biasanya. Karenanya jangan bangun terlalu cepat setelah Anda berbaring atau duduk, kalau tidak Anda akan merasa pusing.

Mulai sekarang, ketika Anda berbaring, sebaiknya berbaring miring. Sebab, bila Anda berbaring terlentang, kandungan akan menekan pembuluh darah vena yang akan membuat aliran darah ke jantung melambat. Cobalah meletakkan bantal empuk di bawah atau disamping pinggang atau kaki bagian atas untuk menyamankan posisi tidur Anda.

Selamat menikmati kehamilan dan semoga Anda dan bayi sehat selalu….

Related Posts

One thought on “Perkembangan Janin 18 Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih