Informasi dan Tips – informasitips.com

Ambeien Saat Hamil

Posted on by in , with 3 Comments

informasitips.com – Semua orang mempunyai hemoroid. Hemoroid adalah bantalan yang terdiri dari otot, saraf dan pembuluh darah arteri dan vena yang ada di antara anus dan bagian akhir usus besar. Guna bantalan ini adalah untuk menutup anus supaya kotoran tidak keluar begitu saja. Saat anda buang air besar, bantalan ini terdorong ke samping. Pembesaran hemoroid atau ambeien diakibatkan karena aliran darah vena yang tidak lancar atau terbambat, sehingga pembuluh darah melebar, dan bantalan hemoroid tampak pada anus/prolaps. Proses membesarnya hemoroid dibutuhkan waktu bertahun-tahun ditambah faktor resiko yang mempermudah terjadinya hemoroid, misalnya:

  • Faktor usia
    Semakin tua usia, bantalan hemoroid akan kendur, dan bisa turun ke bawah/prolaps
  • Riwayat keluarga
  • Jarang berdiri, lebih banyak duduk
  • Sering susah buang air besar
  • Diare kronis
  • Radang usus besar
  • Senggama lewat anus
  • Kegemukan
  • Kehamilan
  • Pernah episiotomi (pelebaran jalan lahir dengan merobek kulit antara vulva dan anus saat melahirkan)
  • Cedera tulang belakang
  • Penyakit liver

Ambeien Saat Hamil
Jika sebelum hamil anda punya pembesaran hemoroid, maka kehamilan akan memperberat gejala pembesaran hemoroid. Rasa gatal, terbakar dan eksim akan bertambah. Perubahan hormonal saat hamil juga berkontribusi pada keluhan tersebut, karena perubahan hormon menyebabkan jaringan melunak dan pembuluh darah melebar. Selain itu rahim yang membesar juga mempersulit aliran darah di sekitar panggul, ditambah lagi sembelit yang umum terjadi saat hamil sehingga harus mengejan saat buang air, akan memperparah gejala yang ada.

Kehamilan sendiri tidak langsung menyebabkan ambeien. “Pembesaran hemoroid terjadi dalam 10-20 tahun, bukan dalam beberapa hari”, kata seorang spesialis kolorektal Jerman, Dr. Bernhard Lenhard. Tekanan pada dasar panggul selama kehamilan dan saat melahirkan memang dapat memperbesar bantalan hemoroid, tapi tidak sebegitu hebat. Jika wanita hamil yang sebelumnya tidak menderita ambeien merasakan benjolan yang sakit di sekitar anus, kemungkinan besar itu adalah trombosis vena, yaitu bekuan darah pada pembuluh darah kecil yang mengelilingi anus, yang alirannya tersendat. Banyak kasus trombosis vena yang salah diagnosis, karena disangka pembesaran hemoroid. Sekali lagi, jika anda tiba-tiba menemukan benjolan yang nyeri di anus, dipastikan itu bukan ambeien, karena tidak ada ambeyen yang terjadi tiba-tiba. Trombosis vena yang kecil akan hilang dalam 1-2 minggu dan meninggalkan bekas seperti lipatan-lipatan kulit/skin tag . Jarang sekali yang mengalami keluhan gatal-gatal dan peradangan karena adanya skin tag ini.

Ambeien saat hamil biasanya muncul di trimester ketiga kehamilan. Meskipun demikian, banyak juga ibu hamil yang mengalaminya di trimester lainnya.
Bila anda hamil dan menderita ambeien, ada tips yang bisa anda lakukan yaitu:

  1. Hindarilah sembelit dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan banyak mengandung air. Sayuran yang tinggi serat misalnya brokoli, kacang-kacangan, roti gandum, oat dan buah-buahan. Sayuran yang tinggi serat kadang membuat kembung dan banyak buang angin. Konsumsilah sayuran tersebut secara bertahap.
  2. Minum 1-2 gelas air putih tiap pagi setelah bangun tidur.
  3. Jika anda ingin segera buang air besar, jangan ditunda untuk ke toilet.
  4. Jalan pagi sekitar 30 menit, akan merangsang pergerakan usus lebih baik.
  5. Hindarilah semua yang membebani panggul, misalnya mengangkat-angkat atau menekan-nekan.
  6. Merendam bagian pinggul dan bokong anda dengan air hangat selama 10-15 menit akan mengurangi gatal, iritasi dan spasme/ kaku otot di sekitar anus.
  7. Jangan menggosok-gosok dengan tisu kering untuk mengeringkan bagian anus. Sebaiknya setelah mengusapnya dengan air, pakailah handuk kering dengan cara ditepuk-tepuk pada bagian anus, jangan digosok.
  8. Gunakanlah kompres dingin untuk mengurangi bengkak

Untuk memastikan apakah anda memang menderita ambeien atau trombosis vena, sebaiknya berkonsultasi ke dokter bedah.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

Artikel Terkait

3 thoughts on “Ambeien Saat Hamil

  1. elok

    Halo dokter, artikel dokter informatif sekali. Saya sedang hamil 34minggu, anak pertama. Saat ini ada benjolan kecil di anus, rasanya nyeri sekali.sebelumnya saya belom pernah kena ambeien dan BAB saya cukup lancar dan tidak berdarah. Td saya sudah konsultasi dengan dokter kandungan saya dan dikasih salep. Yang saya mau tanyakan dr artikel dokter diatas apakah yang saya alami itu termasuk trombosis vena? trus bagaimana dengan pengobatannya? Terima kasih banyak.

  2. Xxx

    Dokter..T.T
    saya setiap buang air besar keluar darah dan rasanya perih..
    Dlu memang sering gatal” dan susah buang air besar.. Waktu saya konsultasi ke dokter memang saya mengidap ambeien.. Tpi setelah obatnya hbis dan beberapa minggu kemudian ambeiennya kumat lgi.. Saya mengonsumsi ambeven.. Tpi setelah obatnya hbis kumat lgi.. Apakah harus minum obat setiap hari..? Tolong dijawab Dokter.. Saya sedih sekali..T.T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih