Informasi dan Tips – informasitips.com

Kandungan Gizi dan Khasiat Sayuran Brokoli

informasitips.com – Jenis sayuran yang berkhasiat obat memang sangat banyak, salah satunya adalah brokoli. Si hijau dengan nama latin Brassica oleracea varitalica ini merupakan sayur suku kubis-kubisan yang berasal dari laut tengah dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 70-an. Brokoli termasuk sayuran yang rendah kalori dan bisa dikatakan sebagai makanan yang super. Mengapa disebut super? Karena selain populer sebagai bahan pangan, sayuran ini juga kaya akan berbagai kandungan gizi yang sangat bagus. Brokoli adalah sayuran dengan ranking tertinggi sebagai obat tradisional antikanker.  Wow, si hijau yang luar biasa, bukan? Lalu, apa saja sih kandungan gizi dan khasiat sayuran brokoli?

  • Kandungan Gizi Brokoli
    1. Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.
      Nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli

      (1 mangkuk brokoli yang dikukus)

      Kalori 43.68 kal
      Protein 4.66 g
      Asam Lemak Omega-3 0.20 g
      Karbohidrat 8.19 g
      Lemak 0.55 g
      Kalsium 74.72 mg
      Potassium (Kalium) 505.44 mg
      Fosfor 102.80 mg
      Besi 1.37 mg
      Zinc (Zn) 0.62 mg
      Magnesium 39.00 mg
      Vitamin A 228.07 RE
      Vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg
      Vitamin B2 (Riboflavin) 0.18 mg
      Vitamin B6 (pyrodoxin) 0.22 mg
      Vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg
      Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0.79 mg
      Vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg
      Vitamin C 123.40 mg
      Vitamin E 0.75 mg
      Vitamin K 155.20 mg
      Serat 4.68 g
      Mangan 0.34 mg
      Triptofan 0.05 g
    2. Brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan tidak mengandung kolesterol

    3. Gizi Brokoli

    4. Sayuran yang paling baik tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

    5. Brokoli juga mengandung asam folat. Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

    6. Kandungan Vitamin C di dalam brokoli sangat tinggi bahkan Vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam meyerap zat besi.

    7. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu).

    8. Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah.

    9. Brokoli juga mengandung karoten dan lutein.

  • Khasiat Brokoli

      Manfaat dan Nutrisi Sayuran Brokoli

    1. Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk melawan dan mencegah kanker. Agen anti kanker yang terkandung di dalamnya yaitu indoles, sulforaphane (zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi), Isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten.

      Khasiat sayuran Brokoli dalam melawan kanker ternyata tidak hanya mampu mencegah perkembangan tumor sekitar 60%, tetapi juga mampu mengecilkan ukuran tumor yang sudah ada sekitar 75%.

      Indole dapat meningkatkan ekskresi estrogen yang diikat pada kanker pay*d*ra. Itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini banyak dianjurkan pada wanita untuk mengonsumsi brokoli guna mencegah timbulnya kanker pay*d*ra dan kanker rahim. Indole juga memiliki efek antiproliferatif yang potensial di dalam sel kanker prostat.

      Sementara sulforaphane merupakan zat yang dapat menaikkan enzim detoksifikasi di dalam tubuh yang mampu mengubah expresi gen, sehingga berpotensi lebih cepat dalam menghilangkan zat-zat karsinogenik.

      Sulforaphane juga dapat melindungi gen-gen yang rentan terkena penyakit kanker kolon. Efek dari senyawa ini akan mengecilkan tumor, memperlambat pertumbuhan tumor, dan lebih banyak membunuh sel-sel tumor.

    2. Brokoli juga mampu menormalkan kadar gula dalam darah.

      Brokoli dapat juga dimanfaatkan sebagai pengganti nasi oleh penderita kencing manis (diabetes), karena brokoli merupakan sumber karbohidrat dengan jumlah kalori yang lebih rendah daripada nasi.

    3. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

      Penelitian di Amerika menemukan bahwa sayur brokoli mengandung serat pektin tertentu yaitu kalsium pektat yang mampu mengikat asam empedu. Akibatnya lebih banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikit kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah. Efektifitas brokoli dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ternyata sama dengan obat penurun koleterol.

    4. Bagi wanita hamil, disarankan untuk mengonsumsi brokoli, karena adanya asam folat yang terkandung di  dalamnya.
    5. Brokoli juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya gangguan jantung, stroke, berbagai jenis kanker yaitu kolon, prostat, paru, kandung kemih, pay*d*ra, rahim, leher rahim (serviks), esophagus, laring.
    6. Vitamin A dan C  yang terkandung dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tetap awet muda, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai infeksi lainnya.
    7. Serat dalam brokoli dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.
    8. Brokoli dapat meningkatkan PH yang terlalu asam dalam tubuh, sehingga akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan tubuh menjadi elastik, otot menjadi lentur, tulang pun menjadi lebih kuat.
    9. Mengonsumsi brokoli secara teratur juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kecerdasan, karena brokoli memperlancar aliran asam amino ke otak.
    10. Brokoli juga mampu melindungi mata dan penglihatan Anda, dan mengurangi resiko timbulnya katarak.

  • Tips Memilih Brokoli
    Untuk mendapatkan segala kandungan gizi yang baik dalam brokoli, pilihlah brokoli yang tidak berbau, dan tangkainya masih padat (tidak lembek). Jangan pilih brokoli yang kuntumnya (bagian atasnya) terbuka dan berwarna kuning/kekuningan karena multikhasiat brokoli justru terdapat di dalam warna hijaunya itu. Bagian kuntum brokoli ternyata memiliki kandungan beta karoten 8 kali lebih banyak daripada bagian batangnya.

  • Cara Pengolahan Brokoli

    Sebelum diolah, brokoli harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air dingin, tapi jangan direndam. Karena merendam brokoli dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya.

    Agar vitamin yang terkandung dalam brokoli tidak hilang, sebaiknya brokoli dimasak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit. Lebih disarankan untuk mengukus brokoli daripada merebus, karena merebus brokoli akan menghilangkan sebagian nutrisi penting di dalamnya, yaitu 50% folat dalam brokoli akan hilang. Oleh karena itu, mengolah brokoli dengan cara dikukus jauh lebih baik untuk tetap mempertahankan manfaat positif dari sayuran ini. Namun, jika Anda tetap ingin memasak brokoli dengan cara direbus, gunakanlah air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, dan rebuslah brokoli dalam panci tertutup agar tidak banyak vitamin yang terbuang lewat uap yang keluar selama proses perebusan.

  • Cara Penyimpanan Sayuran Brokoli

    Brokoli termasuk sayuran yang tidak tahan lama. Amat disayangkan bila sayuran super dan multikhasiat ini rusak sebelum dimakan. Agar lebih tahan lama, lakukan cara penyimpanan yang baik dan benar, yaitu disimpan di dalam kantong plastik, lalu dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan menyuci brokoli pada saat akan disimpan. Sayuran memang selayaknya dimakan sesegera mungkin untuk tetap mempertahankan kesegaran dan nutrisinya.

Wah, melihat begitu kayanya kandungan gizi dan khasiat sayuran ini, sudah sepatutnya kita memasukkan brokoli ke dalam daftar menu makanan kita sehari-hari.

Related Posts

3 thoughts on “Kandungan Gizi dan Khasiat Sayuran Brokoli

  1. sudiro

    Ingin bertanya ? Saya pernah dikasih tahu sama teman katanya brokoli dapat mengobati sgl mcm penyakit. Kemasan botol tetes.
    Kalau boleh tahu untuk daerah (Tegal bisa didapat dimana?

  2. rishan

    brokoli termasuk sayuran tinggi karbohidrat ya? 1 tangkainya aja bisa mencapai 10,3g karbohidrat klo di hitung ksluruhan 1 tangkai brokoli mempunyai 51 kalori besar seali bisa di makan untuk snack nih. cukup 4 tangkai mungkin cukup ga ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih