Informasi dan Tips – informasitips.com

Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut

informasitips.com – Lidah buaya (Aloe Vera) sudah lama dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat menjaga keindahan rambut. Secara turun-temurun tanaman ini dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah-masalah rambut, seperti rambut kering, bercabang, berketombe, dan lain-lain.

Keutamaan lidah buaya bagi rambut adalah dapat melembutkan rambut dan membuat rambut menjadi tidak mudah kusut sehingga lebih mudah diatur.

Selain hal di atas, masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang dimiliki lidah buaya untuk rambut. Apa saja manfaat dan khasiatnya?

  1. Berfungsi Sebagai Kondisioner Alami
    Tak perlu pusing mencari kondisioner yang bagus bagi rambut Anda, karena kondisioner itu bisa Anda dapatkan dari lidah buaya.

    Jika rambut Anda kusam dan tidak berkilau, maka Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner alami yang akan merawat rambut Anda. Gel yang ada pada lidah buaya juga dapat membuat rambut menjadi lembut dan halus.

    Kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya akan menutrisi rambut dan membuat rambut jadi halus, lembut, kuat dan sehat.

    Untuk penggunaan sebagai kondisioner, Anda dapat mencampurnya dengan telur. Cara membuatnya, ambil bagian dalam (gel) lidah buaya, haluskan, lalu campurkan dengan satu butir telur, aduk rata. Kemudian, oleskan kondisioner lidah buaya-telur tersebut pada rambut, diamkan 15 menit lalu bilas dan cuci bersih rambut dengan air.

  2. Membantu Menguatkan Rambut
    Tak hanya mampu membuat rambut menjadi berkilau, lidah buaya juga membantu menguatkan rambut. Kandungan asam amino yang ada dalam lidah buaya dapat menguatkan sekaligus juga memperindah rambut. Lidah buaya juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit kepala sehingga kulit kepala menjadi lebih bersih dan sehat.

    Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

  3. Mengurangi dan Mengatasi Kerontokan Rambut
    Lidah buaya dapat meremajakan folikel rambut pada kulit kepala. Pemakaian lidah buaya pada rambut akan menutrisi rambut, juga kulit kepala dan menguatkan akar rambut. Kulit kepala menjadi lebih sehat dan kadar minyaknya berkurang.

    Lidah buaya juga mengandung sejenis enzim tertentu yang mampu menjaga pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Lidah buaya bersifat basa sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan PH pada kulit kepala yang pada akhirnya membuat pertumbuhan rambut jadi lebih baik.

    Jadi, lidah buaya mampu menguatkan sekaligus juga menjaga pertumbuhan rambut. Khasiat lidah buaya yang seperti ini dapat digunakan sebagai treatment untuk mengatasi masalah rambut rontok.

  4. Membantu Mengatasi Masalah Rambut Bercabang
    Lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi masalah rambut bercabang. Anda dapat mencampur lidah buaya dengan air lemon, lalu dioleskan ke rambut. Cara membuat campuran lidah buaya-lemon; buang kulit lidah buaya, ambil bagian dalamnya dan haluskan. Kemudian tambahkan air jeruk lemon, aduk rata. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada rambut terutama bagian ujung rambut. Diamkan sebentar pada rambut, baru kemudian dibilas bersih dengan air hangat.

  5. Membantu Menghilangkan Ketombe
    Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang dapat menyingkirkan serpihan kulit mati dan ketombe yang menyumbat folikel rambut. Lidah buaya juga memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antiseptik. Bila dioleskan pada kulit kepala, lidah buaya dapat mengurangi ketombe sekaligus juga membantu mengurangi masalah gatal pada rambut akibat ketombe.

    Lidah buaya juga mampu melembabkan kulit kepala yang kering. Penggunaan lidah buaya pada kulit kepala akan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada kepala Anda. Jadi, bila Anda adalah seorang wanita yang berhijab, Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk merawat rambut Anda. Meski tertutup hijab, rambut Anda tetap sehat dan sensasi dingin dari lidah buaya juga akan memberikan kesegaran dan mengurangi rasa panas di kepala saat tertutup hijab.

Vitamin, mineral dan enzim yang terkandung dalam lidah buaya menjadikan lidah buaya sebagai salah satu produk alami terbaik untuk merawat dan menutrisi rambut. Penggunaan lidah buaya pada rambut sekali dalam seminggu akan memperkuat akar rambut, memperbaiki pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan masalah minyak berlebih pada rambut.

Selain memiliki khasiat yang sudah tidak perlu diragukan lagi, cara perawatan rambut dengan lidah buaya juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bagian dalam dari lidah buaya ke rambut Anda, sambil perlahan-lahan dipijat-pijat, dan didiamkan sebentar, baru kemudian dibilas bersih dengan air. Pemakaian rutin lidah buaya untuk perawatan rambut tentunya akan memberikan hasil yang baik dan memuaskan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *