Informasi dan Tips – informasitips.com

Penyebab Lutut dan Siku Menjadi Hitam

informasitips.com – Lutut dan siku adalah area yang kerap dikeluhkan oleh para perempuan. Kedua area itu merupakan area yang biasanya akan tampak lebih hitam dibanding permukaan kulit lainnya. Tingkat aktivitas yang tinggi akan semakin membuat lutut dan siku menjadi terlihat lebih hitam dibandingkan area kulit lainnya. Beberapa ahli menyatakan bahwa banyaknya sel kulit mati dan serpihan kulit pada kedua area itu menyebabkan intensitas warna hitam yang muncul menjadi lebih tinggi. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat lutut dan siku terlihat lebih hitam, yaitu:

  • Friksi atau gesekan yang sering dialami kedua area itu menyebabkan lutut dan siku menjadi lebih hitam. Semakin banyak friksi terjadi maka semakin tinggi intensitas warna hitam yang muncul. Beberapa friksi yang terjadi seperti misalnya bertopang dagu, bertopang pada siku saat mengetik atau menulis ataupun beberapa aktivitas lainnya.
  • Hereditas atau keturunan. Jika kebanyakan dari keluarga Anda memiliki lutut dan siku yang hitam, maka besar kemungkinan Anda pun juga akan memilikinya. Oleh karena itu, kenalilah keluarga Anda dan segera perlakukan kulit Anda seperti yang dibutuhkannya, sehingga secara dini anda bisa mengurangi intensitas warna hitam yang muncul pada lutut dan siku.
  • Tidak suka melakukan perawatan kulit. Saat Anda melakukan perawatan wajah atau area kulit lainnya, maka jangan lupakan perawatan pada area lutut dan siku. Hal tersebut akan mengurangi kemungkinan terjadinya over-pigmentasi pada lutut dan siku. Seperti kita ketahui bahwa sel kulit mati yang lebih banyak terdapat pada lutut dan siku dibandingkan dengan area lainnya membuat kedua area itu lebih besar kemungkinan untuk mengalami pigmentasi.
  • Paparan sinar matahari. Tidak diragukan lagi, paparan sinar matahari akan membuat lutut dan siku Anda menjadi lebih hitam. Lutut dan siku lebih mudah mengalami pigmentasi (menjadi hitam) dibandingkan dengan area kulit lainnya ketika terpapar sinar matahari.
  • Beberapa penyakit dan kondisi pengobatan tertentu juga diketahui menjadi penyebab hitamnya lutut dan siku.
  • Perubahan hormonal, misalnya selama kehamilan, juga diketahui menjadi penyebab lutut dan siku menjadi lebih hitam.

Ada cara-cara alami yang dapat dilakukan untuk memutihkan lutut dan siku yang hitam. Dan cara-cara tersebut ternyata dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika berbagai cara tersebut tidak mampu lagi mengatasi lutut dan siku yang hitam, maka Anda bisa mencoba mengunjungi seorang dermatologist untuk mengonsultasikan keluhan pada area lutut dan siku.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: