Informasi dan Tips – informasitips.com

Asam Folat Penting Untuk Kesehatan

informasitips.com – Asam folat akhir-akhir ini menjadi sangat popular, terutama di kalangan ibu hamil. Ya, zat ini memang dibutuhkan dan sangat penting untuk kesehatan. Tak hanya bagi ibu hamil, ternyata asam folat juga amat penting dan bermanfaat bagi semua orang, baik pria maupun wanita, dan semua usia, baik tua maupun muda. Nah, kamu mau tahu apa saja keistimewaan dan manfaat dari asam folat? Yuk, simak dan cari jawabannya dalam tulisan kami kali ini.

  • Apa sih asam folat?

    Asam folat (folic acid) merupakan salah satu vitamin yang ada dalam berbagai jenis bahan makanan. Asam folat sebenarnya merupakan vitamin B9 (salah satu vitamin B kompleks) yang membantu tubuh dalam membuat sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi DNA dan RNA tubuh.

    Sifatnya yang larut air membuat asam folat tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh, karena setelah diserap tubuh akan terbawa keluar bersama urin.

  • Baca juga artikel Asam Folat Untuk Ibu Hamil

    Sumber Asam Folat

  • Sumber-sumber asam folat bisa diperoleh dari mana saja?

    Beberapa makanan yang tinggi kandungan asam folatnya antara lain :

    1. Kacang-kacangan, misalnya : kacang hijau 0.031 mg/100 g, kacang merah 0.036 mg/100 g, kacang mete 0.068 mg/100 g
    2. Buah-buahan : jeruk (jus jeruk segar ½ cangkir mengandung 0.055 mg asam folat), melon, alpukat (avocado), pepaya, beri, tomat, anggur, pisang (dalam 1 buah pisang mengandung 0.024 mg asam folat)
    3. Susu kedelai, tepung kedelai 0.41 mg /100 g, susu (1 cangkir mengandung 0.012 mg asm folat)
    4. Sayur-sayuran , sayuran hijau seperti bayam, selada, buncis lobak, sawi, kubis, jagung, kentang, bit, bawang, paprika merah, kol, kembang kol, brokoli 0.86 mg /100 g, asparagus 0.154 mg/100 g asparagus kaleng, daun mint 0.128 mg /100 g, daun peterseli 0.111 mg/100 g, caisim 0.092 mg/100 g, jamur 0.050 mg/100 g
    5. Hati ayam 1.350 mg /100 g (makanan paling tinggi kadar asam folatnya), hati kambing 0.267 mg /100 g, kuning telur ayam (1 butir mengandung 0.023 mg asam folat)
    6. Biji-bijian misalnya : gandum 0.338 mg/100 g, biji bunga matahari 0.229 mg /100 g, biji wijen 0.099 mg/100 g
    7. Makanan sehari-hari yang difortifikasi asam folat seperti sereal, roti, tepung, pasta, cornflake, beras, havermut

    Memasak sumber makanan yang mengandung asam folat juga harus diperhatikan. Usahakan jangan dimasak terlalu lama, karena sekitar 80-90 % asam folat dalam bahan makanan akan hilang selama proses pemanasan ketika dimasak.

  • Siapa saja sih yang membutuhkan asam folat ?

    Asam folat sangat penting untuk kesehatan terutamanya dibutuhkan oleh :

    1. Ibu hamil (termasuk wanita yang berencana hamil)
    2. Wanita yang ingin hamil namun pernah menggunakan obat-obatan untuk penyakit Epilepsy, diabetes, radang sendi (Rheumatoid arthritis), psoriaris, radang usus
    3. Wanita yang sakit ginjal, liver, dan kecanduan alcohol
    4. Bayi dan janin (penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya)
    5. Semua orang termasuk pria dan wanita karena berfungsi sebagai penangkal racun (toxic) dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi.

      Bahkan para ahli berpendapat bahwa asam folat mampu mencegah terjadinya berbagai macam kanker, Alzheimer, kehilangan daya pendengaran karena usia, memiliki daya kerja protektif terhadap kanker usus besar (kanker kolon).

  • Berbahayakah bila terlalu banyak mengonsumsi asam folat?

    Dosis asam folat yang dibutuhkan untuk orang dewasa adalah sekitar 0.4 mg per harinya. Terlalu banyak asam folat sampai melebihi 1000 mikrogram per hari juga tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan kerusakan saraf bagi mereka yang kurang asupan vitamin B12 (kadar vitamin B12 dalam tubuh rendah).

    Orang-orang yang beresiko kekurangan asupan vitamin B12 antara lain : orang yang berusia 50 tahun ke atas, orang yang tidak makan daging, telur, atau produk olahan susu.

    Lalu, bagaimana cara mencukupi kebutuhan vitamin B12 pada orang vegetarian? Salah satu jalan alternatifnya adalah orang vegetarian perlu menambah asupan vitamin B12 dari produk supplement vitamin B12.

    Dengan kata lain, konsumsi asam folat juga harus disertai dengan konsumsi vitamin B12. Oleh karena itu, konsumsilah bahan makanan yang mengandung vitamin B12, seperti daging, susu, telur sebanyak dua kali seminggu amat penting untuk mencegah kerusakan otak dan sel-sel saraf.

Nah, kamu sudah tahu apa saja keistimewaan dan manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh? Jadi, jangan ragu lagi untuk melengkapi menu harian kamu dengan makanan-makanan yang mengandung asam folat. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Asam Folat Penting Untuk Kesehatan

  1. Agung

    trims buat artikelnya yg padat dan menarik.
    ditunggu lagi tulisannya ttg kehamilan..
    Berguna sekali buat saya dan istri saya yang sedang hamil 2 bulan sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *