Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Kulit Keriput Saat Tua?

informasitips.com – Adalah suatu keniscayaan bahwa saat manusia bertambah tua maka keriput pada kulit akan muncul. Saat itu kulit manusia telah mengalami perubahan, yaitu kehilangan elastisitasnya dan kemampuannya dalam menahan kelembaban. Saat tua, kulit manusia akan tampak lebih tipis dan lebih kering dibandingkan saat mereka masih muda. Hal itu disebabkan oleh adanya perubahan pada struktur lapisan kulit, tepatnya pada lapisan dermis.

Elastin dan Kolagen Menghambat Keriput

Kulit manusia tersusun atas lapisan-lapisan, lapisan terluar yang kita lihat adalah epidermis, setelah itu terdapat lapisan dermis, dan lapisan terdalam adalah lapisan subkutan. Lapisan yang bertanggungjawab atas elastisitas dan tampilan yang tampak muda adalah lapisan dermis. Pada lapisan dermis terdapat suatu senyawa fiber yang disebut elastin yang berfungsi dalam memberikan elastisitas pada kulit sehingga membuat kulit terlihat dan terasa muda. Selain elastin, pada lapisan dermis juga terdapat suatu protein yang membuat kulit tetap kuat dan dapat menghasilkan sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang mati, protein itu disebut kolagen.

Saat Tua, Elastin dan Kolagen Berkurang

Saat umur bertambah tua, sel-sel kulit pada lapisan dermis berkurang kemampuannya dalam menghasilkan elastin dan kolagen, sehingga kulit manusia akan menjadi lebih tipis, lebih kering dan akan kehilangan elastisitasnya. Tak hanya itu, kurangnya elastin dan kolagen akan lebih diperparah akibat dari paparan sinar ultraviolet matahari yang dapat menguraikan baik itu kolagen ataupun serat elastin, sehingga akan semakin menambah munculnya garis dan keriput. Oleh karena itu, untuk mengurangi munculnya keriput pada kulit, maka disarankan untuk menggunakan tabir surya dan minum banyak air untuk menjaga agar kelembaban kulit senantiasa terjaga.

Penyebab Lain Munculnya Keriput pada Kulit

Selain menggunakan tabir surya dan mengonsumsi banyak air, ada beberapa hal lagi yang dapat dilakukan agar dapat menghambat munculnya keriput, yaitu berhenti merokok. Merokok dapat merusak kulit yang sehat, kelembaban akan jauh berkurang dan dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini, yaitu munculnya keriput (gejala penuaan) pada usia yang relatif muda. Biasanya, pada para perokok berat dapat dijumpai banyaknya kulit keriput yang muncul pada area di sekitar mulut.

Betapapun, cepat atau lambatnya keriput muncul juga sangat dipengaruhi oleh gen warisan keluarganya. Mereka yang memiliki “good genes” berarti anggota keluarganya memiliki riwayat yang tidak memiliki banyak keriput di kulitnya. Selain gen, cepat atau lambat muncul keriput juga dipengaruhi oleh seberapa baik perawatan kulit yang dilakukan oleh yang bersangkutan pada masa lalu. Jika perawatan yang dilakukan baik, maka kulitnya memiliki banyak sebum (minyak alami yang terdapat pada kulit), sehingga kulit tidak akan cepat terlihat lebih tipis, kering ataupun kehilangan elastisitas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *