Informasi dan Tips – informasitips.com

Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat di Wajah

informasitips.com – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang. Ada orang yang permasalahan jerawatnya biasa-biasa saja, dan ada pula orang yang mengalami permasalahan jerawat yang cukup serius. Untuk kasus jerawat pada wajah yang cukup serius, bentuk jerawat akan terlihat lebih besar, banyak, dan berwarna lebih kemerahan daripada jerawat biasa. Umum disebut dengan jerawat batu. Jerawat seperti ini membutuhkan penanganan medis dari dokter kulit yang professional untuk mencegah terjadinya infeksi yang akan memperburuk kondisi kulit wajah. Sedangkan untuk jerawat normal, kondisinya tidak terlalu parah, tapi tetap saja tetap terasa mengganggu penampilan.

Beberapa hal yang dapat menjadi pencetus timbulnya jerawat adalah:

  • Perubahan hormon pada masa-masa tertentu, misalnya saat menstruasi, kehamilan, dan masa transisi dari masa anak-anak ke masa remaja.
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti keju, mentega, dan goreng-gorengan.
  • Kurang tidur.
  • Kecemasan berlebih/depresi.
  • Malas mencuci wajah sehabis beraktivitas di luar ruangan.
  • Salah memilih kosmetik.
  • Alat make-up yang kotor.
  • Membiarkan make-up semalaman menempel pada wajah.

Sebenarnya, bila rajin merawat kebersihan wajah dan memberikan nutrisi yang cukup pada kulit wajah, masalah jerawat akan mudah teratasi. Apalagi sesungguhnya banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi jerawat yang menjengkelkan tersebut. Bahan-bahan alami di sekitar kita, dapat diolah menjadi masker wajah yang efektif untuk mengatasi jerawat. Apa saja masker-masker yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat?

Berikut jenis-jenisnya, cara membuat, dan cara menggunakannya:

  1. Masker cuka apel
    Cuka apel adalah sari apel yang telah mengalami fermentasi terlebih dahulu sehingga kadar asamnya keluar secara sempurna. Tingkat keasaman pada cuka apel diyakini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, sekaligus menyeimbangkan kadar keasaman (Ph) kulit wajah. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah. Anda hanya memerlukan 1 sendok makan cuka apel yang dilarutkan ke dalam 3 gelas kecil air putih hingga tercampur rata. Celupkan bola kapas pada larutan cuka apel dan usapkan kapas pada seluruh permukaan wajah. Biarkan hingga mengering alami sekitar 10 menit. Setelah itu cuci bersih. Lakukan 3x seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

  2. Masker madu dan kayu manis
    Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai pelengkap bahan pembuat kue. Bentuknya seperti batang yang bergulung dan memiliki aroma yang khas. Meskipun disebut dengan nama kayu manis, namun dari segi rasa kayu manis justru memberikan sensasi rasa hangat dan pedas. Keutamaan kayu manis adalah bahan ini diyakini bersifat antimikroba, sehingga mampu membunuh bakteri-bakteri yang masuk melalui pori-pori kulit. Sedangkan madu bersifat sebagai pelembab alami yang mampu merangsang pertumbuhan kulit baru. Untuk membuat masker kayu manis dan madu, Anda hanya membutuhkan 2 sdm madu dan 1 sdm kayu manis. Campur kedua bahan tadi hingga mengental, lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah. Tunggu sekitar 15-20 menit kemudian bilas hingga wajah benar-benar bersih.

  3. Masker susu dan madu
    Susu diyakini mampu merawat kesehatan kulit sejak zaman mesir kuno. Itu sebabnya mengapa ratu Cleopatra, si pemilik kecantikan abadi pada masa itu, selalu senang berendam dalam susu segar. Secara klinis susu memang ampuh mengatasi permasalahan iritasi dan peradangan pada kulit. Sifatnya yang mendinginkan dapat mengurangi ruam pada kulit yang berjerawat. Anda hanya membutuhkan 1 sdm susu bubuk rendah lemak dan 1 sdm madu asli. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air bersih sambil digosok lembut dengan gerakan melingkar.

    Masker untuk menghilangkan jerawat

  4. Masker Pepaya
    Pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain. Enzim papain inilah yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati, mengontrol kelebihan minyak dan lipid pada permukaan kulit, mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan nanah. Cara membuat masker dari papaya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan 1/4 bagian buah papaya. Kupas, buang bijinya, dan haluskan. Oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

  5. Masker putih telur
    Kandungan protein pada putih telur akan menjadi nutrisi yang sangat baik jika diberikan pada kulit wajah. Tidak diragukan lagi bahwa putih telur mampu menghambat pertumbuhan jerawat, mengurangi iritasi, mendinginkan, mengontrol sebum, menghilangkan bekas-bekas jerawat, dan mengencangkan kulit. Caranya mudah, cukup siapkan putih telur dari 2 butir telur. Usahkan tidak ada kuning telur yang ikut tercampur. Kocok putih telur hingga berbusa lalu diamkan di lemari es selama 5 menit. Oleskan putih telur yang telah dingin tersebut ke seluruh wajah. Biarkan mengering hingga wajah terasa kaku. Setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

  6. Masker strawberi dan madu
    Buah strawberi bukan hanya segar disantap, tapi juga dapat diolah menjadi bahan masker alami untuk mengatasi jerawat. Keunggulan strawberi dalam memerangi bakteri, merangsang pertumbuhan kulit, dan membuka pori-pori yang tersumbat tidak diragukan lagi. Sebab, starwberi mengandung asam salisilat yang cukup tinggi. Itu sebabnya strawberi sering disertakan dalam produk-produk perawatan wajah. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membuat masker strawberi sendiri di rumah. Caranya, siapkan 3 buah strawberi yang masih segar dan 2 sdt madu asli. Haluskan strawberi terlebih dahulu dan campur dengan madu hingga rata. Oleskan pada wajah hingga rata dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat dan keringkan.

  7. Masker lidah buaya
    Daun lidah buaya ternyata bukan hanya bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih subur, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan akibat jerawat serta sangat unggul dalam hal menghilangkan bekas-bekas jerawat. Kandungan lendir pada daging lidah buaya dipercaya ampuh melawan bakteri. Untuk membuat masker lidah buaya, Anda hanya membutuhkan 1-2 daun lidah buaya. Kupas kulitnya dan kerok daging lidah buaya. Haluskan daging lidah buaya hingga berbentuk cairan kental lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga benar-benar bersih.

  8. Masker bawang putih
    Mungkin Anda merasa asing dengan masker bawang putih. Memang, masih sedikit orang yang mau mengolah bumbu dapur yang berbau tajam ini menjadi masker. Padahal, bawang putih bersifat antibakteri yang efektif melawan pertumbuhan jerawat. Jangankan jerawat, bisul pun bisa teratasi dengan baik oleh bumbu dapur yang satu ini. Jika Anda ingin mencoba membuat dan menggunakan masker bawang putih, cukup siapkan 3-4 siung bawang putih. Giling hingga halus dan campurkan dengan 5 sdm air putih. Oleskan bawang putih halus yang telah dicampur air putih tadi ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Ingat, Anda perlu mencampur bawang putih yang telah dihaluskan tersebut dengan air terlebih dahulu sebelum dioleskan pada wajah. Setelah terasa agak kering, basuh wajah dengan air hingga bersih. Lakukan 1-2x seminggu.

Itulah beberapa jenis masker untuk mengatasi permasalahan jerawat yang Anda derita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: