Informasi dan Tips – informasitips.com

Khasiat Vitamin C untuk Mengatasi Jerawat

informasitips.com – Polusi lingkungan dan pola makan yang minim akan kandungan gizi terutama vitamin C seringkali memicu timbulnya jerawat pada kulit. Jerawat adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea). Kelainan ini sering terdapat di muka, leher, dada atas, punggung dan lengan atas. Jerawat sering diderita oleh kaum remaja dan kadang-kadang juga oleh orang dewasa. Kesalahan bisa menyebabkan wajah penuh dengan nanah, bisul-bisul, cacat atau bopeng bahkan sampai mengalami infeksi berat yang memerlukan perawatan intensif.

Mekanisme Vitamin C dalam Mengatasi Jerawat

Pada kasus kulit berjerawat, biasanya penderita kekurangan vitamin C di dalam tubuhnya. Vitamin C sering disebut sebagai rajanya vitamin. Itu disebabkan karena vitamin C memang memiliki banyak manfaat. Selain memiliki khasiat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Belakangan ini vitamin C juga menjadi sebuah konsumsi untuk kebutuhan penampilan. Itu sebabnya vitamin C sangat dibutuhkan, terutama di kota besar. Belum lagi radikal bebas berupa polusi dari asap kendaraan bermotor dan rokok, serta lainnya, yang semakin bertebaran. Semua itu selain memicu tumbuhnya jearawat dan kerusakan sel-sel kulit secara cepat, juga membuat daya tubuh gampang menurun dan rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Mengonsumsi vitamin C dalam dosis tertentu sangat dianjurkan. Terutama bagi Ada yang tidak ingin tubuh mulusnya ditumbuhi oleh jerawat. Para peneliti mengatakan, bahwa asupan vitamin C yang tinggi terkait dengan tingginya produksi kolagen dalam tubuh. Produksi kolagen bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan menyembuhkan bekas jerawat. Ini dikarenakan kolagen berguna dalam menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak Selain bisa mendapatkan manfaat vitamin C ini dari makanan, Anda juga bisa mendapatkannya melalui suplemen yang mengandung vitamin C atau melalui cara penyuntikan (injeksi).

Makanan Kaya Vitamin C

Namun, bila Anda ingin cara yang alami, vitamin C bisa anda dapat dengan mengonsumsi aneka varian jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda jadikan pelengkap kudapan Anda sehari-hari. Berikut jenis sayuran dan buah-buahan lengkap dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C untuk Menghilangkan Jerawat

sumber gambar: www.scienceofacne.com

  • Cabai besar merah. Dalam secangkir cabai besar merah yang mentah,mengandung vitamin C sebanyak 190.3 mg. Sedangkan dalam jumlah yang sama untuk paprika hijau adalah 119.8 mg.
  • Pepaya. Satu buah pepaya kecil (sekitar 157 gram), memiliki 95.6 mg vitamin C. Dalam segelas buah pepaya yang dibuat jus mengandung vitamin C sebanyak 140 mg.
  • Brokoli. 148 gram brokoli dapat menyuplai vitamin C sebanyak 132 mg.
  • Strawberi. Dalam 147 mg strawberi terkandung 86.5 mg vitamin C.
  • Kiwi. Segelas jus kiwi mengandung vitamin C sebanyak 137.2 mg.
  • Kembang kol.Satu kembang kol dengan diameter empat inci memiliki 127.7 mg vitamin C.
  • Jeruk. Dalam 125 ml jus jeruk terkandung 50 mg vitamin C.

Dosis vitamin C untuk Manangkal dan Menghilangkan Jerawat

Dosis konsumsi vitamin C yang ideal adalah 75 mg per hari. Perempuan hamil dan ibu menyusui sudah tentu harus mengonsumsi vitamin C lebih besar dari jumlah itu. Namun, bila Anda termasuk orang yang hidup dengan tingkat stress yang tinggi atau tinggal di kota besar yang penuh polusi, dosis 500 miligram adalah dosis yang cukup baik untuk dikonsumsi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Khasiat Vitamin C untuk Mengatasi Jerawat

  1. inun

    Bener bnget. Aq emang gy jerawatan. Minum obat apapun kok rasanya jerawatq gak membaik. Trus baca2 artikel katanya disuruh mencukupi asupan vitanin terutama vit A, C, E. Aq coba minum 1 kapsul natur e n vitalong C tiap malem. Blm seminggu jerawat udah pada kering.. Pengen nambah asupan vit A jg pi masih bingung..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: