Informasi dan Tips – informasitips.com

Konsumsi Vitamin A untuk Menghilangkan Jerawat

informasitips.com – Vitamin A pertama kali ditemukan sebagai vitamin larut lemak dan digunakan sebagai nama generik untuk retinol dan semua provitamin. Pada umumnya, jenis vitamin yang satu ini berfungsi untuk penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, diferensiasi sel, dan kesehatan kulit. Bahkan berbagai penelitian dilakukan untuk melihat adanya kemungkinan vitamin A berfungsi sebagai antioksidan yang digunakan dalam pencegahan penyakit jantung. Wow..sungguh luar biasa manfaat vitamin A bila dikonsumsi untuk tubuh.

Mekanisme Vitamin A dalam Mengatasi Jerawat

Untuk kasus kulit berjerawat, vitamin A memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Ini disebabkan karena fungsi utama vitamin A untuk kulit yaitu untuk mendukung proses pembaharuan kulit atau regenerasi sel-sel kulit. Kandungan asam pada vitamin A memberi peranan dalam membuka sumbatan yang ada pada pori-pori kulit sehingga mempercepat penyembuhan jerawat, mencegah peradangan jerawat, menekan pertumbuhan jerawat baru dan komedo. Selain ampuh untuk mengobati jerawat, saripati dari vitamin ini dikenal dengan nama retin A atau retinol/retinoid juga berfungsi meluruhkan sel-sel kulit mati yang menyumbat bakteri di dalam kulit, mengatasi kulit keriput, dan menipiskan flek-flek hitam pada kulit, serta meningkatkan sel-sel yang melindungi kulit. Maka tidak heran bila produk-produk kecantikan dan perawatan kulit sering menyertakan vitamin A dalam komposisinya. Sebagian besar vitamin A dikemas dalam bentuk kapsul siap minum dan tablet hisap. Untuk penggunaan di luar tubuh dapat berupa krim.

Makanan yang mengandung vitamin A

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya menyertakan makan-makanan sarat akan kandungan vitamin A di bawah ini dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Khasiat Vitamin A dalam Menghilangkan Jerawat

  • Wortel. Sayuran berwarna oranye ini sangat dikenal sebagai prekusor vitamin A untuk antioksidan.
  • Bayam. Sayuran hijau ini memiliki kandungan lutein besar yang terkait dengan vitamin A.
  • Ubi Jalar. Panganan tradisional ini kaya akan kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga bisa diandalkan sepagai penangkal radikal bebas yang membahayakan kulit terutama kulit sensitif yang rentan akan jerawat.
  • Almond. Jenis kacang yang sering digunakan dalam varian coklat ternyata memiliki vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Tiram. Selain kandungan mineralnya yang baik, tiram memiliki kandungan vitamin A sebagai antioksidan yang berpengaruh positif pada kulit.
  • Yogurt. Makanan ini mengandung zinc dan vitamin A yang membantu tubuh menetralisisr racun di dalam tubuh.
  • Bawang putih dan bawang Bombay. Meskipun hanya sebagai bumbu dapur, ternyata dua jenis bawang ini kaya akan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kulit dan mempercepat penyembuhan luka atau lepuh pada kulit.

>Pengonsumsian Vitamin A dengan dosis yang benar

Meskipun vitamin A kaya akan manfaat untuk kulit, terutama untuk mengobati kulit berjerawat, namun pengonsumsian vitamin ini tidak boleh sembarangan. Asupan vitamin yang dianjurkan hanya sekitar 600-700 mikrogram per hari. Bila kelebihan vitamin A dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi negatif atau disebut dengan keracunan vitamin A. Adapun gejala-gejala kelebihan vitamin A pada tubuh akan menimbulkan serangan sakit kepala akut dengan intensitas yang sering, rambut rontok, kulit kering dan mengelupas, anorexia nervosa (kelainan nafsu makan yang terus menurun), sakit pada tulang, pembesaran kepala pada bayi, dan dapat memicu resiko keguguran pada ibu hamil.

Dengan demikian mengonsumsi vitamin A sesuai anjuran yang tepat, besar manfaatnya untuk mengobati jerawat dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Semoga bermanfaat



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: