Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil

Manfaat-alpukat-ibu-hamil


informasitips.com – Beberapa ibu hamil mungkin banyak yang masih bertanya-tanya “Apakah buah alpukat bagus atau tidak untuk ibu hamil (bumil)?” Atau, mungkin juga Anda yang saat ini sedang hamil juga ingin mengetahui lebih dalam mengenai “Apa saja sih kandungan dan khasiat alpukat untuk ibu hamil?” Nah, untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak beberapa informasi dan ulasan yang kami sajikan berikut ini mengenai buah alpukat untuk ibu hamil.

Buah alpukat (avokado) termasuk jenis buah yang banyak disukai orang karena rasanya yang nikmat. Tak hanya nikmat, buah yang bernama latin Persea americana ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Buah Alpukat Kaya Asam Folat Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Bagi wanita hamil, buah Alpukat termasuk buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, karena kaya akan asam folat yang sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat sangatlah penting bagi ibu hamil. Asam folat bermanfaat bagi pembentukan organ janin. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menganggu tumbuh kembang janin, menyebabkan timbulnya gangguan Neural Tube Defects (NTD) yaitu gangguan pertumbuhan otak janin akibat kerusakan tabung saraf yang mengakibatkan pertumbuhan janin tidak sempurna. Oleh karena itu, Ibu hamil sangatlah perlu untuk menjaga kecukupan asam folat selama masa kehamilannya agar janin tumbuh dengan sehat dan sempurna.

Tak hanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, asam folat juga bermanfaat langsung bagi ibu hamil yaitu mencegah preeklamsia (pre-eclampsia), anemia, letih, lesu, insomnia, dan depresi. Dengan demikian, dapat juga dikatakan bahwa asam folat penting bagi kehamilan selain untuk mendukung tumbuh kembang janin juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil itu sendiri.

Satu buah alpukat ukuran sedang kira-kira mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi sekitar 30% kebutuhan asam folat Ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi Ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, untuk Ibu menyusui sebesar 500 mikrogram, dan untuk perempuan dewasa sekitar 400 mikrogram.

Baca juga: Buah Alpukat Kaya Asam Folat, Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Janin

Loading...

Baca juga: Dosis Asam Folat Untuk Program Hamil

Kandungan Buah Alpukat

Selain kaya akan asam folat, apa lagi kandungan gizi (nutrisi) yang terkandung dalam buah alpukat?
Buah alpukat juga mengandung serat (fiber) yang sangat baik untuk mencegah timbulnya keluhan sembelit (konstipasi) pada ibu hamil. Peningkatan kadar hormon progesteron saat hamil akan mengendurkan otot dinding usus, sehingga memperlambat gerakan usus dan pada akhirnya bisa menyebabkan timbulnya konstipasi. Dengan demikian, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil.

Kandungan nutrisi lainnya yang juga terdapat dalam Alpukat adalah kalium. Kalium termasuk buah yang kaya akan kalium, dimana kandungannya 2-3 kali lebih banyak daripada kalium yang terkandung dalam buah pisang. Kalium sangat berguna bagi ibu hamil, terutama berperan dalam membantu menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil. Pada beberapa kasus, ibu hamil bisa mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi), dimana kondisi tersebut bisa sangat membahayakan janin yang dikandung. Apa lagi manfaat kalium untuk ibu hamil? Ternyata Kalium juga sangat bermanfaat untuk meringankan keluhan kram kaki yang biasa terjadi pada saat hamil.

Baca juga: Hipertensi (Darah Tinggi) Saat Hamil

Kandungan nutrisi lainnya yang juga terdapat dalam buah alpukat adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, niasin, magnesium, zat besi, kalsium, dan fosfor, yang juga bermanfaat bagi ibu hamil. Vitamin B6 tak hanya membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi (janin), namun juga berkhasiat untuk mengatasi keluhan mual muntah (morning sickness) pada ibu hamil.

Meskipun kaya kandungan gizi, rupanya tak sedikit orang yang takut mengkonsumsi buah alpukat karena beranggapan bahwa buah alpukat mengandung lemak yang sangat tinggi. Bagaimana fakta yang sebenarnya? Benarkah buah alpukat tinggi kandungan lemak?

Fakta yang sebenarnya adalah, buah alpukat memang termasuk jenis buah yang tinggi kandungan lemaknya. Namun, kandungan lemak yang terkandung di dalam alpukat merupakan jenis lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Jadi, buah alpukat memang termasuk buah yang dapat menaikkan kadar kolesterol, tetapi jenis kolesterol yang dapat dinaikkan adalah jenis kolesterol baik atau HDL. Bagi Ibu hamil, lemak justru diperlukan sebagai sumber penghasil energi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: