Informasi dan Tips – informasitips.com

Buah Alpukat Kaya Asam Folat, Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Janin

informasitips.com – Semua orang pasti mengenal buah Alpukat. Selain rasanya enak, buah ini juga kaya akan aneka nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu nutrisi utama yang terkandung dalam alpukat adalah asam folat. Asam folat merupakan vitamin B9 yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Asam folat termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Artinya, vitamin ini tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh, karena setelah diambil oleh tubuh akan dikeluarkan kembali lewat urine.

Karena kaya akan asam folat, buah alpukat sangatlah baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Asam folat amat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan janin.

Peranan asam folat sangatlah vital yaitu membantu dalam memproduksi dan menjaga kesempurnaan DNA (Deoxyribose Nuclec Acid) dan RNA (Ribo Nucleic Acid), yang merupakan bahan genetik tubuh. Oleh karena itu, Ibu hamil atau Ibu yang berniat hamil perlu mengasup asam folat dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Disarankan, tiga bulan sebelum kehamilan sebaiknya langsung mengonsumsi asam folat.

Alpukat-Mencegah-Cacat-Janin

Sumber asam folat bisa diperoleh dari vitamin dalam bentuk suplemen (vitamin untuk ibu hamil), atau bisa pula didapat dari sumber alami, yaitu dari bahan makanan yang mengandung asam folat, salah satu contohnya adalah buah alpukat. Jika ingin mendapatkan asam folat dari sumber alami, perhatikan dengan baik cara pengolahannya. Mengolah bahan makanan yang kaya asam folat haruslah hati-hati karena proses pemasakan yang kurang benar dapat menghilangkan 80% kandungan asam folat di dalamnya.

Pada fase-fase kehamilan, trimester pertama merupakan masa pembentuk sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya.

Jika tidak memperoleh pasokan asam folat dalam jumlah yang cukup, maka janin akan mengambilnya dari tubuh Ibu. Akibatnya akan berpengaruh buruk pada kesehatan Ibu hamil, yaitu bisa menimbulkan preeklamsia (pre-eclampsia), anemia, letih, lesu, insomnia (susah tidur), pelupa, depresi, sampai rambut beruban. Bahkan sang Ibu bisa juga terancam resiko terkena kanker usus besar, payudara, dan pankreas.

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat Ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi Ibu hamil setiap harinya adalah sekitar 600 mikrogram. Untuk Ibu menyusui sekitar 500 mikrogram, dan untuk perempuan dewasa sekitar 400 mikrogram.

Meskipun tinggi asam folat, banyak orang termasuk Ibu hamil takut mengonsumsi buah alpukat karena beranggapan buah ini sangatlah tinggi akan kandungan lemak. Lemak yang tinggi dikhawatirkan dapat memicu peningkatan berat badan berlebih.

Sebenarnya tak perlu takut dengan lemak dalam buah alpukat. Lemak dalam buah alpukat memang 20-30 kali lebih tinggi dibandingkan lemak dalam buah lain. Namun, lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan jenis lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Asam lemak oleat pada alpukat berkhasiat sebagai obat yang mampu menyingkirkan trigliserida (lemak dalam darah). Apabila trigliserid tinggi, maka dapat membahayakan kesehatan, salah satunya dapat memicu penyempitan pembuluh darah dan bisa berujung pada stroke dan serangan jantung. Jadi, tak perlu khawatir untuk menyantap buah alpukat.

Selain asam folat dan lemak, alpukat juga mengandung serat dan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan Ibu hamil. Serat bermanfaat untuk mencegah sembelit yang sering dialami oleh Ibu hamil. Sementara Kalium pada alpukat dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. Beberapa Ibu hamil terkadang mengalami kenaikan tekanan darah (hipertensi) yang bisa membahayakan janin.

Buah Alpukat untuk Bayi
Sudah sangat jelas bahwa Alpukat termasuk buah yang sangat baik untuk Ibu hamil dan janin yang sedang dikandung. Tapi, apakah buah ini juga baik dikonsumsi oleh bayi yang sudah lahir?

Alpukat juga termasuk buah-buahan yang sangat baik untuk diberikan kepada bayi. Selain enak dan bergizi, buah ini juga memiliki tekstur yang lembut, halus, dan mudah dicerna, sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi.

Buah alpukat merupakan satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat penting dan bagus untuk perkembangan bayi. Kandungan lemak dan karbohidrat yang terdapat dalam buah alpukat juga sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama selama tahun pertama dan kedua kehidupan bayi. Kandungan nutrisi penting lainnya yang juga terdapat dalam buah alpukat adalah, vitamin A, B, C, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Untuk menyajikan buah alpukat sebagai makanan untuk bayi, Anda dapat menghaluskan daging buahnya, kemudian tambahkan sedikit ASI atau susu, selanjutnya dapat langsung diberikan ke bayi.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Buah Alpukat Kaya Asam Folat, Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Janin

  1. baju bali murah

    selain enak kl dibikin jus ternyata didalam buah alpukat terdapat banyak kandungan vitamin yang sangat bagus untuk perkembangan janin

    trims infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: