Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Bawang Putih dalam Mengatasi Jerawat

informasitips.com – Jerawat memang mengganggu, berbagai cara akan dicoba untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Mungkin Kamu pernah disarankan oleh seseorang untuk menggunakan bawang putih sebagai salah satu cara mengatasi jerawat. Hal itu sangat beralasan, karena bawang putih sendiri telah lama diketahui memiliki khasiat antiseptik, antibakteri serta antioksidan. Lalu bagaimana bawang putih bisa mengobati jerawat?


Penggunaan Luar Bawang Putih dalam Menghilangkan Jerawat

Bawang putih dapat digunakan secara topikal atau digunakan pada bagian luar tubuh serta dapat digunakan dengan cara dikonsumsi. Berikut cara yang bisa Kamu lakukan untuk penggunaan luar dari bawang putih

  • Bawang putih dapat digunakan dengan mengoleskannya pada area tubuh atau wajah yang berjerawat. Caranya adalah ambil beberapa siung bawang putih, hancurkan lalu ambil jus-nya (cairan yang keluar ketika dihancurkan) dan oleskan pada jerawat Kamu dengan pijatan yang lembut. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jangan biarkan cairan menempel terlalu lama di kulit Kamu, karena komponen bawang putih yang terdapat di dalamnya dapat meyebabkan munculnya sensai terbakar pada kulit Kamu. Gunakan cara ini secara berkesinambungan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Bawang Putih untuk Mengatasi Jerawat

    sumber gambar: www.strategiesagainstacne.com

  • Cara kedua, Kamu bisa mengkombinasikan jus bawang putih dengan cairan cuka dan gunakan cotton bud untuk mengoleskan campuran tersebut pada area jerawat. Tunggu 5 menit lalu bilas dengan air hangat.

Penggunaan Dalam Bawang Putih dalam Mengobati Jerawat

Untuk penggunaan dalam, Kamu bisa menggunakannya dengan cara menghancurkan bawang putih, lalu campurkan dengan cuka apel. Campuran tersebut lalu diminum langsung. Konsumsi rutin dari ramuan tersebut dipercaya mampu mencegah dan mengurangi jerawat. Konsumsi bawang putih secara langsung memang tidak enak mengingat aromanya yang sangat menyengat. Sebagai alternatif, Kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan makanan lain, seperti sandwich ataupun susu. Konsumsi bawang putih secara langsung memang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakannya di dalam masakan sebagai bumbu, karena at aktif yang terkandung dalam bawang putih, yaitu Allicin, akan hilang selama proses pemanasan saat dimasak, sehingga khasiatnya akan berkurang secara signifikan. Cara lain yang juga bisa Kamu lakukan adalah mengonsumsi tablet bawang putih yang sudah banyak dijual di apotek-apotek. Dalam bentuk tablet atau kapsul, aroma menyengat dari bawang putih tidak akan tercium lagi.

Mekanisme Bawang Putih dalam Mengatasi Jerawat

Penggunaan luar bawang putih dalam menghilangkan jerawat didasari atas khasiat antibakteri dari bawang putih. Bawang putih akan membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat yang menginfeksi area kulit yang pori-porinya mengalami penyumbatan oleh sebum. Sementara apabila digunakan dengan cara dikonsumsi secara langsung, bawang putih dipercaya dapat membersihkan darah dari zat-zat toksik yang mungkin beredar di pembuluh darah. Menurut publikasi sebagaimana yang dikutip oleh Sciencedaily (2009), bawang putih diketahui memiliki efek antioksidan yang sangat kuat. Asam sulfenat yang terkandung di dalamnya dapat bereaksi dengan sangat cepat dengan radikal bebas. Efek antioksidan dari bawang putih diketahui akan maksimal pada bawnag putih yang masih segar. Oleh karena itu, untuk menghilangkan jerawat, cara terbaik yang harus dilakukan adalah mengonsumsi bawang putih secara langsung.

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: