Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Zinc untuk Menghilangkan Jerawat

informasitips.com – Berbicara soal jerawat memang tidak ada habisnya, apalagi bagi Kamu para remaja yang sedang dalam masa pubertas. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi, seperti hormon testosteron, di dalam tubuh memicu peningkatan produksi sebum yang kemudian menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori kulit hingga akhirnya bakteri tumbuh dan menginfeksi area tersebut. Infeksi bakteri yang terjadi mengakibatkan munculnya jerawat yang tentunya sangat mengganggu, mulai dari mengganggu penampilan hingga rasa percaya diri.

Mekanisme Kerja Zinc dalam Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

sumber gambar: smartgirltips.com

Selain itu, melemahnya sistem kekebalan tubuh juga disinyalir menjadi penyebab munculnya jerawat. Kalau sudah begitu, lalu bagaimana cara mengatasi jerawat yang bertengger di wajah kita? Untuk mengatasi kedua masalah di atas, yaitu peningkatan produksi sebum dan melemahnya system imun, maka pengobatan dari dalam merupakan langkah yang tepat. Konsumsi Zinc dengan dosis yang tepat akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Tidak hanya dapat menghilangkan jerawat, namun pengobatan dengan zinc juga akan mempercepat hilangnya bekas luka jerawat.

Dalam hal mencegah dan menghilangkan jerawat, zinc berperan dalam peningkatan fungsi imun tubuh sehingga sel-sel yang berperan dalam proses kekebalan tubuh dapat menangkal terjadinya infeksi bakteri penyebab jerawat. Zinc juga bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan produksi hormon, sehingga peningkatan produksi sebum akibat ketidakseimbangan produksi hormon dapat dicegah dan akhirnya jerawat pun tidak muncul. Untuk penggunaan dari dalam tubuh, dosis zinc yang disarankan adalah sebesar 30 hingga 135 mg per harinya.

Peran zinc dalam menghilangkan jerawat dirasa sangat lengkap, karena selain berperan dari dalam tubuh, zinc juga dapat berperan pada penggunaannya di luar tubuh atau di permukaan kulit. Krim yang mengandung Zinc Oxide ataupun Zinc Asetat dapat diindikasikan dalam proses penyembuhan luka akibat jerawat. Bahkan, pengobatan jerawat dengan krim zinc sangat menguntungkan, karena zinc dapat bekerja dengan cepat dalam penyembuhan luka sekaligus mencegah terjadinya tanda bekas luka jerawat. Dalam hal ini, zinc memiliki peran dalam mendukung pertumbuhan sel-sel kulit yang baru dan meningkatkan produksi kolagen, yaitu sejenis protein yang terdapat dalam lapisan dalam kulit yang berfungsi dalam membuat kulit elastic dan mulus.

Atas dasar hal di atas, maka penggunaan suplemen dan krim Zinc sangat direkomendasikan sebagai salah satu Cara Menghilangkan Jerawat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: