Informasi dan Tips – informasitips.com

Tanda-tanda Anda Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Salah (Tidak Cocok)

informasitips.com – Seorang teman merekomendasikan satu produk perawatan kulit kepada Anda. Produk tersebut disebut-sebut mampu membuat kulit wajah Anda terlihat semakin halus, cantik, dan sehat.

Anda pun semangat untuk segera membeli dan mencobanya. Bayang-bayang untuk memiliki kulit wajah yang mulus, halus, bersih, cantik, dan sehat sudah di depan mata.

Setelah Anda membeli dan mencoba produk perawatan tersebut, sejumlah reaksi pun muncul. Kondisi kulit wajah Anda tak kunjung memperlihatkan hasil sebagaimana yang diharapkan, bahkan sebaliknya, justru membuat kondisi kulit wajah Anda terlihat semakin parah.

Mungkin saja teman Anda akan berkata bahwa itu merupakan reaksi awal pemakaian saja dan Anda diminta untuk tetap sabar dalam memakai produk tersebut.

Atau, mungkin juga ia akan berkata bahwa hal tersebut merupakan bentuk detoksifikasi dari racun-racun yang selama ini ada di kulit.

Hmm.., benarkah demikian? Mungkin saja benar dan mungkin juga salah.

Beberapa produk perawatan kulit memang bisa saja memberikan reaksi pemakaian awal yang seperti itu. Tetapi, bila Anda menemukan beberapa tanda keluhan berikut ini, Anda patut curiga bahwa Anda telah memakai produk perawatan kulit yang salah dan memang benar-benar tidak cocok untuk Anda.

tanda-menggunakan-produk-perawatan-kulit-salah-tidak-cocok

Apa saja tanda-tanda bahwa Anda memakai produk perawatan kulit yang salah (tidak cocok)?

  • Timbul keluhan gatal-gatal, kemerahan yang cukup parah, dan bengkak pada kulit

    Produk perawatan kulit yang baik seharusnya tidak akan menimbulkan keluhan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.

    Apalagi, bila keluhan gatal dan kemerahan tersebut tergolong cukup berat, berlangsung cukup lama dan tak kunjung hilang, maka itu pertanda bahwa reaksi yang muncul bukanlah sekedar reaksi pemakaian di awal saja.

    Reaksi gatal-gatal dan kemerahan yang cukup berat pada kulit merupakan bentuk reaksi alergi kulit terhadap kandungan bahan-bahan yang ada dalam produk perawatan kulit tersebut.

    Jika Anda mengalami reaksi seperti itu setelah pemakaian suatu produk perawatan kulit tertentu, itu artinya Anda tidak cocok dengan produk perawatan kulit tersebut, dan sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

    Selain keluhan gatal dan kemerahan pada kulit, bentuk reaksi alergi lainnya dapat pula berupa timbulnya bengkak, lecet dan luka pada kulit. Reaksi alergi biasanya bersifat spesifik, artinya bisa berbeda-beda untuk tiap orang. Mungkin saja, produk perawatan kulit tertentu bisa cocok digunakan oleh teman Anda, namun belum tentu cocok untuk Anda.

    Bila Anda takut akan reaksi alergi dari suatu produk kecantikan tertentu, ada baiknya Anda coba terlebih dahulu untuk mengoleskan produk tersebut sedikit ke permukaan kulit Anda, sebelum mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit wajah Anda.

  • Kulit terasa panas dan perih seperti terbakar

    Adalah hal yang biasa bila Anda mengalami reaksi seperti kesemutan dan timbul kemerahan ringan setelah menggunakan suatu produk perawatan kulit, apalagi untuk jenis perawatan kulit yang bertujuan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.

    Biasanya keluhan kesemutan dan kemerahan ringan ini tidak berlansung lama, hanya sebentar saja.

    Namun, bila reaksi yang Anda alami berupa: kulit terasa panas, perih, kemerahan ekstrem seperti terbakar, maka itu merupakan suatu tanda yang jelas bahwa produk perawatan kulit yang sedang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit Anda.

    Reaksi seperti itu merupakan bentuk reaksi peradangan. Dan, bila telah terjadi peradangan, maka itu merupakan pertanda bahwa jenis produk yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan yang cukup keras sehingga mengiritasi kulit Anda.

    Bila Anda menemukan reaksi seperti itu, segera hentikan pemakaian produk tersebut. Produk perawatan kulit itu terlalu keras untuk kulit Anda.

    Bila penggunaannya tetap diteruskan, bukannya kulit cantik dan sehat yang akan Anda dapatkan, melainkan kondisi kulit yang kasar dan rusak. Dan, bila kulit sudah terlanjur rusak, biasanya akan semakin sulit lagi untuk mengatasinya nanti.

    Beberapa produk anti-aging yang mengandung retinoid biasanya memang tergolong cukup keras, terutama untuk tipe kulit sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk anti-aging yang lebih lembut dan aman untuk kulit Anda, seperti produk anti-aging yang mengandung Vitamin C atau senyawa resveratrol.

  • Kulit kering dan terkelupas

    Ada juga beberapa produk perawatan kulit yang memberikan reaksi kulit jadi kering dan terkelupas. Biasanya reaksi ini terjadi setelah kita menggunakan produk perawatan kulit berupa scrubbing yang berfungsi sebagai eksfoliasi kulit.

    Produk perawatan kulit yang umumnya bisa menimbulkan reaksi kulit jadi kering dan terkelupas biasanya adalah produk yang mengandung kandungan asam yang cukup kuat, seperti asam alfa hidroksi, asam salisilat, dan retinol.

    Bila reaksi kulit kering dan terkelupas tersebut tergolong ringan (muncul di awal saja dan tidak terlalu parah), maka hal tersebut masih tergolong normal.

    Ada kalanya juga reaksi seperti itu muncul cukup sering. Bisa jadi penyebabnya hanya karena frekuensi penggunaan yang cukup sering. Bila penyebabnya karena terlalu sering digunakan, maka yang perlu Anda lakukan adalah kurangi frekuensi pemakaiannya.

    Namun, bila reaksi kulit jadi kering dan terkelupas tersebut berlangsung lama dan semakin hari semakin bertambah parah, maka sebaiknya Anda hentikan pemakaian produk tersebut. Hal itu merupakan pertanda bahwa Anda telah menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok (salah).

  • Kulit terasa sangat kaku dan tidak elastis

    Munculnya reaksi kulit jadi terasa kaku dan tidak elastis (kenyal) merupakan pertanda bahwa Anda telah menggunakan produk perawatan kulit yang salah (tidak cocok). Biasanya produk perawatan sejenis pembersih wajah dapat menimbulkan reaksi-reaksi seperti itu.

    Produk pembersih wajah yang tidak cocok akan menghilangkan minyak alami di wajah, sehingga membuat kulit wajah jadi dehidrasi, kering, dan teriritasi. Dampak lainnya adalah dapat membuat pori-pori wajah menjadi lebih besar.

    Agar tidak salah memilih produk pembersih wajah, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan PH dalam produk tersebut. Pilihlah produk dengan PH seimbang yang mampu merawat lembut kulit wajah Anda.

  • Muncul banyak jerawat dan ruam (bintik-bintik merah) di kulit

    Tanda lain bahwa Anda telah menggunakan produk perawatan kulit yang salah (tidak cocok) adalah munculnya banyak jerawat di kulit.

    Namun, untuk memastikan bahwa jerawat yang muncul merupakan dampak dari penggunaan produk perawatan kulit yang sedang Anda pakai, sebaiknya tunggulah beberapa saat, sekitar 2-3 minggu pemakaian. Bila dalam waktu tersebut, muncul banyak jerawat, bahkan jerawat yang muncul makin bertambah banyak dan parah, dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah berasal dari produk perawatan kulit yang sedang Anda gunakan.

    Selain jerawat, reaksi atau tanda lainnya bahwa Anda telah menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok adalah munculnya bintik merah atau ruam di kulit. Bintik-bintik merah (ruam) yang muncul di kulit setelah pemakaian suatu produk tertentu biasanya bukan merupakan pertanda baik.

    Ruam dapat disebabkan karena adanya pengawet, wewangian, dan senyawa tertentu yang cukup keras dan bisa mengiritasi kulit.

    Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung retinol, asam alfahidroksi, benzoil peroksida dapat menimbulkan reaksi iritasi dan ruam pada kulit.

    Ruam juga merupakan bentuk reaksi alergi kulit terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

    Bila ruam yang muncul berlansung cukup lama dan kian hari kian bertambah parah, kemungkinan besar ruam tersebut merupakan bentuk alergi kulit terhadap bahan dalam produk perawatan kulit yang sedang Anda gunakan.

Perlu diketahui bahwa dalam menggunakan suatu produk perawatan kulit tertentu, memang sangat mungkin untuk timbul reaksi-reaksi tertentu, misalnya kulit terasa agak kaku, sedikit terkelupas, atau mungkin kemerahan ringan.

Bila reaksi tersebut muncul hanya di awal pemakaian saja dan tak berapa lama kondisinya semakin membaik, maka hal tersebut merupakan sesuatu yang normal dan pemakaian produk tersebut tetap dapat diteruskan. Biasanya itu hanya merupakan reaksi penyesuaian kulit terhadap produk baru saja.

Tetapi, bila reaksi-reaksi yang muncul pada kulit terlihat sangat mengganggu, kondisinya cukup berat (parah), tidak jelas sampai kapan akan mereda, dan bahkan semakin lama semakin bertambah parah, maka sebaiknya langsung hentikan penggunaan produk tersebut karena itu merupakan tanda bahwa Anda telah menggunakan produk yang salah/tidak cocok untuk kulit Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: