Tips Memilih Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi

tips-memilih-sayuran-yang-baik


informasitips.com – Sayuran termasuk jenis bahan makanan yang kaya akan vitamin dan serat yang diperlukan tubuh. Misalnya, wortel sangat kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ada pula bayam – si hijau yang identik dengan makanan tokoh kartun Popeye – sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem saraf karena banyak mengandung vitamin K.

Agar manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran bisa kita dapatkan, maka tentulah kita harus rajin mengonsumsinya. Untuk mengonsumsinya, aneka sayuran yang terdiri dari beragam jenis dan warna tersebut bisa kita olah menjadi sebuah masakan yang lezat dan menyehatkan. Namun sebelumnya, kita patut cermat dan pandai dalam memilih sayuran yang akan diolah (dimasak). Perhatikan apakah sayuran tersebut masih segar dan baik untuk dikonsumsi. Bila kita tidak pandai dalam memilih sayuran seperti apa yang baik untuk dikonsumsi, maka tentu saja manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tidak akan kita dapatkan.

Beberapa tips dan panduan berikut ini dapat membantu Anda dalam memilih sayuran yang baik untuk dimasak dan dikonsumsi:

1. Pilihlah sayuran yang masih segar dan berwarna cerah
Tips pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah, pilihlah sayuran yang masih segar, tidak busuk, layu, atau justru terlalu matang. Sayuran yang sudah busuk tentu saja sudah tidak layak dikonsumsi, sementara sayuran yang sudah layu atau justru terlalu matang sebaiknya tidak dipilih karena akan mengurangi kelezatan rasanya nanti saat diolah menjadi suatu masakan. Selain itu, sayuran yang sudah layu atau terlalu matang bisa dibilang kurang menyehatkan karena kandungan vitamin di dalamnya juga sudah berkurang. Satu hal lagi nih, mengolah sayuran yang sudah layu atau terlalu matang menjadi sebuah masakan juga akan membuat masakan tersebut tidak tahan lama (mudah basi).

2. Hindari sayuran yang daunnya mulus tanpa lubang
Sayuran yang daunnya mulus tanpa lubang memang enak dilihat. Namun, bukan berarti sayuran seperti itu baik untuk dikonsumsi. Amat disarankan untuk tidak memilih sayuran yang daunnya mulus tanpa lubang karena hal itu mengindikasikan bahwa sayuran tersebut diberi pestisida dalam konsentrasi yang tidak sedikit. Anda tentu tahu bahwa pestisida tidak baik bagi kesehatan tubuh, ya kan? Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah sayuran yang alami (tanpa/sedikit pesitida). Cirinya yaitu, terdapat lubang pada daun sayuran tersebut.

Loading...

Pestisida sebenarnya adalah racun yang diperuntukkan untuk membunuh hama yang menyerang tanaman (sayuran). Namun, pestisida juga dapat membahayakan tubuh manusia yang ikut mengonsumsinya melalui sayuran yang dimakan. Sejumlah masalah kesehatan dan penyakit serius dapat timbul akibat pestisida, mulai dari masalah kesehatan pada saluran pernapasan, alergi, sampai kanker. Tak hanya itu, paparan pestisida dalam waktu yang cukup lama dan terus menerus dapat menimbulkan masalah (gangguan) pada perkembangan otak anak yang ujungnya dapat menimbulkan masalah ADHD (attention deficit and hyperactivity disorder), yaitu gangguan perilaku pada anak berupa perilaku hiperaktif dan kesulitan dalam berkonsentrasi.

3. Patahkan batang sayuran untuk mengetahui kesegarannya
Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih sayuran yang baik dan aman untuk dikonsumsi adalah, periksa kesegaran sayuran berwarna hijau dengan mematahkan sedikit tangkai atau batangnya. Jika mudah dipatahkan, berarti sayuran tersebut masih segar. Setelah dipatahkan, perhatikan pula apakah tulang-tulang daunnya masih terlihat jelas. Bila ya, berarti sayuran tersebut masih segar dan baik untuk diolah.

4. Untuk sayur umbi-umbian, pilihlah yang tidak berlubang
Bila untuk jenis sayuran daun-daunan kita disarankan untuk memilih sayuran yang ada lubang pada daunnya, nah, untuk sayur jenis umbi-umbian, sebaiknya pilihlah yang tidak berlubang. Selain itu, perhatikan pula strukturnya. Pilihlah yang strukturnya tidak lunak dan berair. Perhatikan juga bagian kulitnya. Pada umbi yang baik, tidak terdapat memar atau goresan.

Selain harus cermat saat memilih, kita juga harus pandai dan cermat dalam menyimpannya. Sedikit tips yang perlu diperhatikan untuk menyimpan sayuran agar lebih tahan lama adalah bungkuslah sayur-sayuran dengan kertas atau koran sebelum dimasukkan ke dalam plastik, selanjutnya simpanlah dalam kulkas.

Baca juga: Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Tetap Segar

Agar nutrisi dan manfaat baik dari sayuran dapat benar-benar kita rasakan, sebelum diolah pastikan pula bahwa sayuran tersebut sudah dicuci bersih dengan sabun khusus pencuci sayuran agar tersebas dari kuman dan pestisida yang mungkin ada pada sayuran tersebut. Bila tidak memiliki sabun khusus pencuci sayuran, Anda juga dapat mencuci sayuran dengan air yang sudah dicampur dengan beberapa tetes cuka.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: