Informasi dan Tips – informasitips.com

Ukuran Ideal Jendela Rumah

informasitips.com – Jendela merupakan sebuah tempat (lubang) di dalam rumah yang digunakan sebagai tempat masuk dan keluarnya udara. Namun demikian, tidak banyak orang yang menjadikan jendela sebagai faktor kesehatan dan penunjang kebugaran di dalam rumah, akibatnya sebagian dari mereka memasang jendela secara asal-asalan tanpa melihat sisi ukuran dengan ruangan yang akan dipasang jendela. Mereka hanya menjadikan jendela sebagai elemen pelengkap. Tak jarang dari mereka menderita sesak nafas ataupun gerah, sebagai akibat dari minimnya perhatian ketika memasang dan meletakkan jendela yang sesuai dengan faktor kesehatan.

Ukuran Jendela Rumah

Standar ukuran jendela di setiap rumah pun bervariasi, karena hal tersebut biasanya disesuaikan dengan kenyamanan para penghuninya. Berikut ini beberapa tips ukuran ideal jendela rumah:

  • Jendela depan merupakan elemen utama di setiap rumah. Jendela depan berfungsi sebagai tempat utama pergantian sirkulasi udara. Di samping sebagai tempat pergantian sirkulasi udara, jendela depan merupakan elemen penting untuk memperindah ruangan rumah. Standar ideal ukuran jendela depan bervariasi (bebas) sesuai dengan luas ruangan rumah tersebut dan keinginan sang pemilik rumah. Sebagai contoh, jika pemilik rumah adalah pencinta minimalis, dapat memasangkan jendela depan berukuran 80cm x 80cm; tak luput pula untuk memberikan tirai pada jendela depan tersebut agar kesan minimalis dapat semakin ditonjolkan.
  • Jendela boven merupakan jendela berukuran kecil yang biasanya diletakkan di dapur atau kamar mandi. Jendela boven ini juga unsur terpenting ketika akan membangun sebuah rumah karena jendela ini berfungsi sebagai tempat pertukaran udara. Dapur dan kamar mandi merupakan bagian terpenting dalam pemasangan jendela boven karena dapur merupakan tempat dimana aktifitas memasak berlangsung dan biasanya ketika memasak banyak asap yang dikeluarkan; sedangkan kamar mandi tak luput pula dengan pemasangan jendela boven karena selain berfungsi sebagai keluar masuk cahaya (pencahayaan), jendela ini juga dapat berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara, sehingga kesan pengap dapat terhindarkan. Jendela ini biasanya dipasang dengan ukuran 30cm x 30 cm, 40cm x 60cm, dan lainnya.
  • Jendela variasi merupakan jendela yang penggunaannya tidak diwajibkan seperti pemasangan jendela lainnya. Jendela ini biasanya dipasang sang pemilik rumah sebagai dekorasi ataupun pemanis di dalam rumah. Dalam pemasangannya jendela ini, tidak ada patokan ukuran tertentu karena ukuran serta bentuk jendela ini didasarkan kepada kebutuhan dan keinginan akan keindahan sebuah rumah.

Selain ukuran tips jendela rumah, ada pula jenis jenis jendela yang biasanya digunakan seseorang ketika ingin memasangkan jendela. Jenis jenis tersebut adalah jendela polos, jendela bertulang rangka, dan jendela kaca bertulang banyak.

Jendela polos merupakan jendela yang terdiri dari beberapa daun pintu. Jendela ini terbuat dari bahan aluminium, kaca, maupun logam. Lebar jendela polos ini memanjang dari atas ke bawah, sedangkan untuk ukuran kaca jendela polos ini dapat disesuaikan dengan keinginan sang pemilik rumah.

Jendela bertulang rangka biasanya memiliki motif yang bervariasi dan dekoratif, seperti motif pemandangan, bunga, pohon, ataupun hewan. Jendela ini terbuat dari bahan kayu, aluminium maupun logam. Jendela kaca bertulang banyak merupakan jendela yang berbentuk persegi. Jenis jendela ini sangat klasik dan biasanya berdiameter 10cm x 10cm. Jendela ini sangat populer di masa silam, namun kini jendela kaca bertulang banyak mengalami banyak perubahan terutama dari segi bahan jendela tersebut yang sebagian besar terbuat dari kayu kayu berkualitas dengan rangka tulang jendela yang bercat putih.

Selain jenis jenis tersebut di atas, ada pula jendela moon gate. Jendela moon gate atau jendela bulan ini biasanya banyak sekali dipasang pada rumah rumah yang bergaya China. Jendela ini biasanya berfungsi sebagai pemisah halaman utama dan halaman samping. Jendela ini dapat pula dijadikan sebagai pintu pembuka, terutama di samping rumah yang bersebelahan langsung dengan sebuah kolam ataupun taman bunga.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: