Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips dan Trik Jitu Menjual Rumah

informasitips.com – Ada yang bilang, menjual rumah itu susah-susah gampang. Terkadang, rumah bisa cepat laku terjual. Namun, terkadang juga butuh waktu lama agar rumah yang kita jual dilirik dan akhirnya dibeli orang.

Jika saat ini Anda sedang menjual rumah dan menginginkan rumah Anda cepat laku terjual, terapkanlah beberapa tips dan trik jitu berikut ini agar pembeli tertarik pada rumah Anda.

  1. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi
    Hindari memasang harga yang terlalu tinggi pada rumah yang akan Anda jual. Meskipun Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjual rumah, bukan berarti Anda bisa memasang harga seenaknya dengan tujuan untuk meraup untung yang sebesar-besarnya. Jangan memasang harga jual yang terlalu tinggi, apalagi sampai jauh di atas pasaran. Calon pembeli tentu saja sudah mengecek dan mencari tahu harga pasaran di sekitar wilayah rumah Anda. Ia juga akan mencocokkan harga pasaran tersebut dengan ukuran dan kondisi rumah Anda.

    Cobalah realistis dengan harga yang Anda tawarkan. Lakukan perbandingan dengan mengecek harga yang ada di pasaran, sehingga Anda bisa memberi harga jual yang sesuai. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi bila rumah Anda memiliki kondisi yang masih sangat bagus, atau Anda juga ikut menjual perabotan di dalamnya. Ini tentunya akan menjadi nilai lebih di mata calon pembeli.

  2. Jangan memasang harga terlalu rendah
    Saking ingin cepat laku, Anda lantas memasang harga jual yang terlalu rendah, jauh di bawah harga pasaran. Bukannya tertarik, calon pembeli justru ragu dan tak tertarik dengan rumah Anda. Ia mungkin saja akan berpikir macam-macam soal rumah Anda dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli rumah Anda. Untuk itu, pasanglah harga yang sesuai dan wajar.

  3. Promosikan keuntungan lainnya
    Saat mempromosikan rumah yang akan dijual, biasanya penjual hanya memberikan informasi harga, ukuran rumah, ukuran tanah, kondisi rumah yang dilengkapi dengan gambar rumah. Namun, bila ingin rumah cepat laku terjual, promosikanlah pula keuntungan-keuntungan lainnya ke calon pembeli. Misal, keuntungan lainnya adalah rumah Anda dekat dengan pasar, rumah sakit, sekolah, memiliki akses jalan yang banyak dan mudah, memiliki lingkungan yang bersih, lingkungan warga sekitar yang baik, tingkat keamanan yang bagus, dan lain sebagainya. Selain melihat kecocokan harga dan kondisi rumah, calon pembeli juga akan melihat lingkungan sekitar rumah tersebut. Karena, bagi sebagian orang, membeli rumah berarti juga membeli lingkungannya.

    cara menjual rumah agar cepat laku

  4. Perbaiki kondisi rumah Anda
    Setiap pembeli pastinya akan melihat-lihat dahulu seperti apa kondisi rumah yang dijual. Oleh karena itu, sebelum menjual, perbaikilah terlebih dahulu kondisi rumah Anda. Mana bagian yang rusak, bocor, atau sudah tidak layak, sebaiknya segera diperbaiki. Pastikan rumah yang akan Anda jual memiliki kondisi yang bagus, baik, terawat, dan tidak bau.

    Pembeli pastinya akan berpikir ulang bila membeli rumah yang kondisinya jelek dan tak terawat. Selain tidak tertarik, mereka pastinya tidak mau bila harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki rumah yang baru saja dibelinya nanti. Bila kerusakannya sedikit, mungkin tak akan terlalu memberatkan calon pembeli. Tapi, bila kondisinya benar-benar parah, tentu mereka tidak akan mau. Oleh karena itu, sebaiknya perbaiki dahulu kondisi rumah Anda. Tak ada salahnya melakukan pengecatan ulang, mendekorasi dan sedikit merenovasi rumah Anda.

  5. Perhatikan dapur dan kamar mandi
    Saat akan menjual rumah, berilah perhatian ekstra pada bagian dapur dan kamar mandi. Saat melihat-lihat kondisi rumah, para calon pembeli biasanya akan memberi perhatian khusus pada bagian dapur dan kamar mandi. Pembeli melihat tolak ukur kebersihan rumah dari kebersihan dapur dan kamar mandi. Untuk itu, pastikan rumah yang akan Anda jual memilki dapur dan kamar mandi yang bersih, terawat, dan tidak bau. Tak ada salahnya melakukan sedikit renovasi pada kamar mandi dan dapur, bila memang itu diperlukan. Bagian-bagian yang rusak pun, sebaiknya diperbaiki.

  6. Buatlah pembeda dengan rumah lainnya
    Agar lebih menarik minat pembeli, Anda bisa merenovasi sedikit rumah Anda dengan memberikan pembeda atau keunikan pada rumah Anda, agar berbeda dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitarnya. Misalnya, bentuk pagar yang lebih tinggi, kokoh, kuat, dengan aksen tertentu, ada taman yang cantik di depannya, atau pembeda dan keunikan lainnya. Sebagian pembeli tidak menyukai bentuk tipe rumah yang seragam antara rumah satu dengan rumah lain di sekitarnya. Oleh karena itu, memberikan keunikan atau pembeda pada rumah Anda bisa menjadi nilai plus tersendiri di mata pembeli.

  7. Jika lewat perantara, pilihlah perantara yang kompeten
    Ada banyak cara untuk menjual dan mempromosikan rumah Anda. Anda bisa menjualnya sendiri atau menggunakan jasa perantara. Untuk perantara, Anda bisa menggunakan perantara yang memang profesional mengurusi soal jual beli rumah (agen properti), atau bisa juga menggunakan perantara orang lain yang Anda percayai untuk mengurusi soal jual beli rumah Anda.

    Apapun pilihan Anda, tentunya perantara itu haruslah pihak yang teruji, terpercaya, dan berkompeten. Maksud kompeten di sini adalah, si perantara juga harus bisa mempromosikan rumah Anda beserta kelebihan-kelebihannya. Ia juga harus paham kondisi, ukuran rumah, dan segala informasi pendukung lainnya yang diperlukan. Akan lebih baik, bila perantara tersebut adalah orang yang memang pandai dan komunikatif dalam “menjual” barang.

    Satu hal yang perlu juga diingat adalah calon pembeli juga melihat perantara yang Anda gunakan. Jika perantaranya terkesan meragukan dan tidak meyakinkan, biasanya pembeli tidak akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang rumah Anda. Untuk itu, Anda juga harus cermat dalam memilih perantara.

  8. Anda juga harus bisa dipercaya
    Selain perantara, Anda selaku penjual juga harus bisa dipercaya. Tunjukkanlah kesan itu kepada calon pembeli Anda. Karena, calon pembeli bisa mundur bila melihat si penjualnya kurang meyakinkan dan tak bisa dipercaya. Beritahu pembeli bahwa segala surat-surat rumah sudah lengkap dan segera bisa dibalik nama. Pastikan juga bahwa rumah yang Anda jual bukanlah rumah miliki orang lain, atau rumah sengketa.

  9. Promosikan secara online
    Anda juga bisa menjual dan mempromosikan rumah Anda secara online. Selain biayanya rendah, peluang untuk terjual juga lebih besar, karena kemungkinan untuk dilihat dan diketahui orang juga lebih besar. Anda bisa memanfaatkan forum-forum jual beli, media perantara jual beli rumah, media sosial seperti Facebook, Twitter, atau mungkin memasang iklan.

    Cara lain yang lebih kreatif dan bisa menarik minat pembeli adalah membuat video kondisi rumah Anda dan lingkungan sekitar, lalu mengunggahnya ke media online, misalnya Youtube. Anda terlebih dahulu harus memiliki akun Youtube khusus, baru bisa menampilkan video-video rumah Anda di sana. Tak hanya bagian depan rumah, Anda juga bisa menampilkan bagian dalam rumah.

    Penting sekali diingat, cara apapun yang Anda gunakan untuk mempromosikan rumah Anda, baik itu hanya lewat foto maupun video, sebaiknya juga menampilkan berbagai sudut dan sisi rumah agar pembeli lebih tertarik.

    Meski praktis dan jangkauannya cukup luas, namun, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada terhadap para calon pembeli, bila menjual rumah secara online.

  10. Promosikan lewat teman atau kerabat
    Strategi menjual dan mempromosikan rumah lewat teman atau kerabat terbilang cukup efektif. Banyak penjual yang berhasil menjual rumahnya dengan menggunakan strategi ini. Cara ini biasanya juga lebih disukai pembeli karena mereka merasa lebih yakin dan aman. Untuk itu, bila Anda ingin rumah Anda cepat laku, pastikan bahwa Anda juga memberitahu teman dan kerabat Anda. Tak ada salahnya juga untuk menjanjikan sedikit komisi pada teman atau kerabat yang ikut membantu mempromosikan rumah Anda.

Itulah beberap tips dan trik menjual rumah yang bisa Anda terapkan. Semoga berguna dan rumah Anda bisa cepat laku terjual.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: