Informasi dan Tips – informasitips.com

Warna Cat Dinding dan Kesan yang Ditimbulkannya

informasitips.com – Keindahan sebuah hunian dipengaruhi oleh beberapa aspek penting diantaranya luas ruangan, tata letak perabot atau furniture, pencahayaan, dan pemilihan warna. Semua aspek tersebut saling bersinergi satu sama lain sehingga masing-masing aspek harus dapat mendukung terciptanya suasana atau nuansa yang dikehendaki. Hal ini merupakan bagian dari keseluruhan konsep yang ingin diciptakan dalam dekorasi rumah.

Pemilihan warna cat yang sesuai dengan konsep dekorasi sebuah hunian tentu saja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, pemilihan warna yang baik dapat didasarkan pada ketertarikan personal sang pemilik, fungsi dari sebuah ruangan, dan kesan yang ditimbulkan oleh warna tersebut. Oleh karena itu, mengetahui karakteristik dari warna-warna yang tersedia untuk diaplikasikan pada sebuah hunian menjadi hal yang wajib. Setiap warna memiliki atau mampu menciptakan kesan tertentu sehingga pilihan yang tepat akan menjadikan dekorasi rumah menjadi sempurna.

Kesan Warna Cat Dinding

Berikut beberapa warna yang dapat anda pilih dengan kesan berbeda yang ditimbulkan oleh masing-masing.

  • Putih

    Warna putih bisa jadi merupakan warna yang paling banyak digunakan. Kesan yang ditimbulkan oleh warna putih adalah kesan luas dan lega sehingga warna ini dapat dipilih untuk diaplikasikan pada ruangan yang sempit. Selain itu, warna putih merupakan warna yang netral sehingga dapat di gunakan di seluruh bagian rumah.

  • Merah

    Warna merah menciptakan kesan hangat pada sebuah ruangan. Akan tetapi, pilihan tingkat kemerahan juga berpengaruh terhadap kesan tersebut. Misalnya, merah cerah akan terasa lebih ceria dibandingkan merah tua. Selain itu, warna merah dapat memberikan kesan romantic.

  • Kuning

    Warna kuning mampu menciptakan kesan ceria. Warna ini sangat sesui untuk dipakai pada ruangan dimana anak-anak dapat bermain di dalamnya. Oranye merupakan warna dengan karakteristik yang mirip dengan warna kuning.

  • Biru

    Secara umum, warna biru dapat menimbulkan kesan dingin. Warna ini sesuai untuk diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan kesan dingin seperti dapur. Selain biru, warna ungu juga memiliki karakter yang mirip sehingga dapat dijadikan alternatif.

  • Hijau

    Hampir sama dengan warna biru, warna hijau dapat menimbulkan kesan dingin. Akn tetapi, warna hijau lebih bersifat segar dibandingkan warna biru.

  • Merah Muda atau Pink

    Warna ini memiliki kesan feminin. Bagi anda yang menghendaki sebuah ruangan dengan kesan feminin, warna ini merupakan pilihan terbaik bagi anda.

  • Krem dan abu-abu

    Warna krem dan abu-abu merupakan warna netral dengan kesan menentramkan. Warna ini sangat sesuai untuk diaplikasikan pada ruang tamu karena hampir semua orang nyaman dengan warna-warna tersebut. Warna coklat (terutama coklat muda) memiliki karakteristik yang mirip dengan kedua warna di atas sehingga dapat dijadikan alternatif.

Dengan memperhatikan karakteristik dari warna-warna di atas, kita akan lebih mudah dalam memilih warna yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, sifat-sifat warna tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengkombinasikan warna yang berbeda pada ruangan yang sama. Oleh karena itu, kita tidak perlu ragu lagi dalam mengkombinasikan beberapa warna berbeda di dalam rumah kita. Jika diperlukan, memperoleh referensi dari berbagai media merupakan pilihan yang cukup bijaksana agar kita dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai perpaduan warna-warna tersebut.

Nah, kita telah sama-sama tahu perbedaan-perbedaan dari masing-masing warna tersebut. Jika kita ingin mengkombinasikan beberapa warna dalam ruang yang sama, yang perlu diperhatikan adalah produk cat yang kita beli sebaiknya berasal dari merk yang sama agar hasil yang didapat sempurna.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: