Informasi dan Tips – informasitips.com

Zat Gizi dan Mineral Penting untuk Menjaga Kesehatan Tulang

informasitips.com – Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sangatlah penting. Dengan tulang yang sehat dan kuat, tubuh kita mampu melakukan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas yang ringan sampai ke aktivitas yang cukup berat sekalipun.

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, tubuh memerlukan zat gizi dan mineral tertentu yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Pikiran Anda mungkin akan langsung tertuju pada kalsium bila berbicara tentang menjaga kesehatan tulang. Ya, Anda benar. Kalsium memang merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, bukan hanya kalsium yang diperlukan tulang agar tetap sehat dan kuat. Tulang juga memerlukan zat-zat gizi dan mineral lainnya yang tak kalah pentingnya dengan kalsium. Bahkan, tanpa zat-zat gizi dan mineral lain tersebut, aktivitas kalsium dalam menjaga kesehatan tulang tidaklah optimal. Zat gizi dan mineral lainnya tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Tanpa zat dan mineral lain tersebut, tubuh tidak akan mampu menyerap kalsium dengan baik.

Apa saja zat gizi dan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk membangun tulang yang sehat dan kuat?

  1. Kalsium
    Kalsium merupakan mineral utama yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kalsium, dalam bentuk kalsium fosfat, merupakan mineral penting yang diperlukan untuk membangun masa tulang dan menjaga kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang), tulang menjadi rapuh, dan mudah patah. Kelebihan kalisum juga tidak baik karena dapat menimbulkan masalah batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya. Untuk itu, pastikan Anda banyak mengonsumsi air putih bila mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi.

    Susu kaya kalsium bagus untuk tulang

    Tubuh kita tidak mampu memproduksi kalsium sendiri. Tubuh hanya dapat menyerap kalsium dari makanan-makanan yang kita makan. Sumber-sumber makanan yang kaya akan kalsium diantaranya adalah susu dan produk olahannya, seperti yogurt, keju. Selain itu, kalsium juga banyak terkandung dalam ikan sardin, ikan teri, salmon, sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, dan seledri.

  2. Fosfor
    Sudah disebutkan di atas bahwa kalsium memerlukan mineral lainnya agar bisa diserap dengan optimal oleh tubuh. Mineral lainnya itu salah satunya adalah fosfor. Mengapa fosfor penting untuk kesehatan tulang? Fosfor adalah mineral kedua yang paling banyak dalam tubuh. Komponen utama dari tulang adalah dalam bentuk garam kalsium fosfat. Kekurangan fosfor akan menghambat produksi garam kalsium dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Namun, kondisi kekurangan fosfor biasanya jarang terjadi, karena fosfor mudah ditemukan dan banyak terkandung dalam makanan sehari-hari, seperti keju, hati sapi, kacang, ayam, dan ikan salmon.

  3. Vitamin D
    Zat gizi lainnya yang juga amat penting untuk kesehatan tulang adalah Vitamin D. Mengapa vitamin D penting untuk kesehatan tulang? Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Vitamin D juga berperan penting dalam menjaga kadar kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang. Vitamin D sendiri berguna dalam membantu membangun dan memperbaiki tulang dan juga menjaga kekuatan otot.

    Vitamin D dapat diperoleh lewat paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan-makanan yang kaya sumber vitamin D seperti ikan lele, makarel, salmon, tuna, sarden, telur, hati sapi dan jamur shiitake.

  4. Magnesium
    Selanjutnya, ada magnesium yang juga tak kalah pentingnya bagi tulang. Sebelumnya, sudah disinggung di atas bahwa vitamin D diperlukan untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium. Agar fungsi dan aktivitas Vitamin D bisa optimal, maka terlebih dahulu harus diubah ke dalam bentuk aktifnya dengan bantuan magnesium. Jadi, peran magnesium adalah membantu mengoptimalkan fungsi vitamin D dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

    Magnesium sendiri juga memiliki peranan penting dalam membantu penyerapan kalsium oleh tubuh, yaitu dengan merangsang hormon kalsitonin, yang menarik kalsium dari darah dan jaringan lunak kembali ke tulang.
    Seperti fosfor, magnesium juga mudah ditemukan dalam makanan. Beberapa contoh makanan yang kaya magnesium adalah bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian (oat dan beras merah).

  5. Vitamin K
    Vitamin K dikenal memiliki peranan penting dalam pembekuan darah. Ternyata tak hanya itu, vitamin K juga berperan penting dalam produksi protein yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang, mencegah penumpukan kalsium di tempat yang salah, dan mengatur pertumbuhan sel.

    Makanan yang kaya akan vitamin K misalnya sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kubis, kuning telur, hati ayam, dan daging.

Nah, bila Anda ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda, pastikan Anda tak hanya mengasup kalsium, namun juga mengasup zat-zat dan mineral-mineral lainnya yang telah disebutkan di atas. Pastikan pula bahwa pasokan zat-zat dan mineral tersebut tidak sampai kurang. Selain dengan menjaga asupan zat gizi dan nutrisi, Anda juga perlu rutin berolahraga agar tulang Anda tetap sehat dan kuat.



loading...
Bagikan artikel:

One thought on “Zat Gizi dan Mineral Penting untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *