Informasi dan Tips – informasitips.com

Padu Padan Warna Interior Dapur

informasitips.com – Memilih warna yang sesuai dengan konsep dekorasi interior rumah merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan jika Anda menginginkan sebuah hunian dengan nuansa yang indah sesuai dengan impian Anda. Pada masa yang lalu, sebagian besar rumah didominasi oleh warna putih baik untuk interior maupun eksteriornya. Seiring berjalannya waktu, warna-warna lain pun telah digunakan oleh para pemilik rumah, bahkan dengan memadukan warna yang berbeda untuk satu ruangan atau bidang. Hal ini tentu menarik untuk dicoba di rumah Anda. Akan tetapi, memadu-padankan beberapa warna dalam satu ruangan yang sama bisa saja beresiko terhadap ketidakselarasan warna yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memperhatikan dan mempelajari warna-warna yang sesuai untuk dipadupadankan dalam suatu ruangan, termasuk dapur.

Nah, kali ini mari kita bahas warna-warna apa saja yang pas untuk dipadupadankan di dalam dapur rumah Anda. Yang perlu Anda ingat mengenai dapur adalah fungsi dari ruangan ini yang tergolong spesifik dibandingkan ruangan lain, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Pilihan warna untuk dapur tentu saja berbeda sesuai dengan fungsi tersebut. Berikut warna-warna yang dapat Anda aplikasikan untuk dapur Anda.

Kombinasi Warna Interior Dapur

Sifat – sifat warna

  • Warna merah, oranye dan kuning cenderung terkesan hangat. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari penggunaan warna-warna tersebut secara dominan di dalam dapur Anda karena dapat menimbilkan kesan panas terhadap ruangan dapur Anda.
  • Warna biru dan hijau cenderung memberikan kesan segar terhadap sebuah ruangan. Warna-warna ini sangat sesuai dengan dapur Anda. Akan tetapi, aplikasi warna-warna tersebut secara monoton di seluruh ruangan bisa jadi cukup membosankan sehingga kegiatan memasak Anda terasa kurang bersemangat.
  • Warna netral seperti putih, krem dan abu-abu adalah pilihan yang “aman” untuk dapur Anda. Dalam aplikasinya, warna-warna netral ini sebaiknya digunakan sebagai paduan dari warna-warna lain yang lebih dominan di dalam dapur Anda. Artinya, jika Anda menghendaki dapur dengan nuansa yang dinamis, sebaiknya jangan jadikan warna netral sebagai warna utama dapur Anda.

Padu padan warna

Sangat disarankan untuk memadu padankan beberapa warna dalam dapur Anda untuk memberikan kesan unik dan dinamis. Yang perlu diperhatikan adalah warna lantai dan arah datangnya cahaya ke dalam ruang dapur Anda. Jika warna lantai Anda adalah warna netral, maka Anda dapat mengkombinasikan warna “segar” dan “hangat” pada sisi bidang yang berbeda. Misalnya, warna biru muda di satu sisi dan warna merah tua di sini yang lain.
Dalam hal penyesuaian dengan cahaya, usahakan mengaplikasikan warna segar untuk sisi yang mendapatkan cahaya secara langsung misalnya sisi ruangan yang berhadapan dengan jendela. Sementara warna yang hangat dapat diaplikasikan pada sisi yang tidak menerima pencahayaan secara langsung. Hal ini penting untuk dilakukan agar ruangan dapur tidak menjadi silau.

Penggunaan keramik pada dinding

Anda mungkin perlu mengaplikasikan keramik pada sebagian dinding dapur Anda untuk memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran seperti minyak dari dinding dapur Anda. Padu padan warna dinding dengan warna dasar keramik perlu juga untuk diperhatikan. Sama seperti sebelumnya, Anda dapat berkreasi dengan warna-warna yang berbeda untuk ruang dapur yang indah, unik dan dinamis. Jika Anda merasa kurang yakin dengan pilihan warna yang Anda kehendaki, ada baiknya Anda mencari referensi mengenai warna interior dapur yang dapat dengan mudah Anda peroleh di internet atau Anda dapat bertanya pada orang yang kompeten di bidang dekorasi interior rumah.

Untuk lebih bisa bereksperimen lagi dalam memadupadankan warna intrior rumah Anda, maka Anda bisa menggunakan Color Wheel layaknya ketika Anda mengombinasikan warna pakaian seperti yang bisa dibaca di sini

Selamat Mencoba…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *