Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Arti Warna Orange?

informasitips.com – Warna orange merupakan perpaduan dari warna merah (yang memancarkan energi besar) dan warna kuning (yang berhubungan dengan kebahagiaan). Warna orange sendiri memiliki arti yang sering dikaitkan dengan kegembiraan, kebahagiaan, kehangatan, panas, sinar matahari, antusias, kreativitas, sukses, penyemangat, kesehatan, stimulasi, lucu, menyenangkan, keseimbangan, ekspresi dan kekaguman.

Orange merupakan perlambang warna gembira dan kreativitas. Warna orange menularkan kondisi prima dan energi positif ke sekitarnya, sehingga seseorang dapat cepat pulih dari kekecewaan dan hati yang terluka. Adanya unsur agresif dari warna merah yang ditahan dengan kelembutan yang berasal dari warna kuning, itulah mengapa warna orange menyiratkan nilai keseimbangan. Ada yang berkata bahwa orang-orang yang menyukai warna orange adalah mereka yang kaya akan ide-ide baru, serta mereka yang berhati tulus.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa warna orange dapat menciptakan pengaruh pada faktor fisik seseorang, seperti meningkatkan rasa lapar. Tidak heran, karena warna orange dapat menstimulasi munculnya selera makan pada diri seseorang. Warna orange yang sering diasosiasikan dengan buah jeruk yang kaya akan vitamin C, serta makanan yang sehat. Atas dasar hal tersebut, warna orange sering digunakan sebagai warna cat pada restoran-restoran, dan tidak jarang juga digunakan untuk warna dekorasi dapur. Namun, jika Kamu adalah seorang yang sangat menjaga bobot badan, maka sebaiknya hindari warna orange pada dekorasi ruangan dapur Kamu, karena hal itu bisa menggagalkan program diet yang Kamu jalani.

Berikut ini aplikasi warna orange sebagai warna dominan pada desain interior restoran-restoran:

Restoran Orange

Restoran Warna Orange

Dan, berikut ini contoh penerapan warna orange pada desain interior dapur:

Dapur warna orange

Dapur orange

Selain memberikan efek peningkatan selera makan dan rasa lapar, warna orange juga diketahui memberikan efek agar seseorang dapat dengan mudah memeroleh inspirasi, meningkatkan aktivitas mental, aktivitas bersosialisasi, peningkatan suplai oksigen ke otak, kepuasan, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan, meningkatkan kebahagiaan, percaya diri dan pengertian.

Meski warna orange banyak memberikan kesan positif, namun jika Kamu terlalu banyak menggunakan warna ini maka akan menyebabkan munculnya kesan egoistis, rasa kebanggaan, arogan dan kurangnya rasa peduli kepada orang lain. Di sisi lain, terlalu sedikit warna orange akan menimbulkan kesan kurangnya motivasi, rendahnya kepercayaan diri serta kesan kesepian. So, proporsional lah dalam menggunakan warna orange agar kesan positif yang diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pula.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: