Informasi dan Tips – informasitips.com

Peluang Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran

informasitips.com – Bulan Ramadhan tak hanya dijadikan orang sebagai momen untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, melainkan juga jadi kesempatan untuk mengais rezeki yang sebanyak-banyaknya lewat aneka peluang bisnis dan usaha.

Bagi ibu rumah tangga, Anda berkesempatan meraih keuntungan dan penghasilan tambahan di bulan puasa ini dengan menciptakan berbagai peluang usaha baik secara perseorangan maupun secara kolektif atau berkelompok. Lewat peluang usaha tersebut, Anda bisa menambah isi tabungan yang bisa digunakan untuk bekal membeli segala keperluan di hari raya atau bekal ongkos mudik…

Nah, berikut ini beberapa jenis peluang usaha yang mudah dan bisa Anda lakukan di bulan puasa:

  1. Bisnis aneka makanan dan minuman pembuka puasa (takjil)
    Bisnis menu pembuka puasa bukan lagi sesuatu yang langka untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Hampir semua orang berkesempatan untuk melakukan kegiatan usaha yang satu ini. Tidak hanya umat muslim saja yang boleh menggelar dagangan menu makanan untuk pembuka puasa, melainkan orang-orang yan non muslim pun diberi kesempatan yang sama pula untuk melakukan kegiatan usaha seperti ini asalkan menu-menu tersebut dipastikan halal untuk dikonsumsi umat muslim.

    Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga di bulan Ramadhan

    Gambar : depoklik.com

    Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya lebih banyak berkutat di dapur, Anda bisa memanfaatkan resep-resep kuliner tradisional atau modern untuk Anda praktekkan, lalu hasilnya Anda jual.

    Bisnis aneka makanan dan minuman pembuka puasa atau yang popular disebut takjil adalah bisnis yang paling mudah dilakukan. Bisnis ini tidak harus diperuntukkan bagi pemilik modal besar saja. Pemilik modal kecil pun tetap bisa melakukan kegiatan usaha seperti ini. Tinggal Anda menyesuaikan antara modal yang Anda miliki dengan menu kuliner apa yang ingin Anda ciptakan.

    Beberapa contoh menu yang sering dilirik pembeli untuk berbuka puasa antara lain adalah minuman dingin seperti es campur, es sarang burung, es cendol, es cincau, es dawet, es buah, dan perasan sari buah. Sedangkan untuk makanan ringan yang direkomendasikan antara lain bubur candil, bubur sumsum, serabi, gado-gado, kolak pisang, martabak mini, hingga kue-kue basah tradisional. Menu-menu tersebut merupakan menu dengan modal yang terjangkau dan tentu saja semua orang bisa melakukannya.

  2. Bisnis makanan/kuliner dan katering
    Satu lagi ide bisnis bagi ibu-ibu yang jago dan punya hobi memasak. Selain menjual aneka takjil seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa membuka usaha jualan aneka makanan/kuliner berupa masakan-masakan untuk sahur dan berbuka. Banyak juga loh, orang yang tidak sempat untuk memasak sendiri makanan dan lauk untuk disantap saat sahur dan berbuka. Biasanya karena sudah terlalu capek habis pulang kantor, orang-orang menjadi enggan untuk memasak sendiri menu-menu hidangan berbuka dan cenderung lebih praktis bila membeli aneka masakan dan kuliner yang sudah jadi. Mereka yang tidak sempat memasak sendiri tersebut sering kali membeli aneka lauk dan makanan dalam jumlah yang cukup banyak agar bisa disantap saat berbuka dan juga saat sahur.

    Anda bisa menjual aneka masakan seperti ayam goreng, rendang, sambal goreng telur, sambal goreng ati, sop, soto, dan aneka menu makanan/lauk lainnya. Selain menjual kuliner untuk sahur dan berbuka, Anda juga bisa membuka jasa katering dengan menerima pesanan nasi kotak (nasi box) atau pesanan katering dalam skala cukup besar. Biasanya di bulan Ramadhan banyak pihak yang mengadakan kegiatan buka puasa bersama dan membutuhkan menu-menu praktis untuk berbuka puasa. Misalnya, kantor-kantor yang mengadakan acara buka puasa bersama, tentunya lebih memilih jasa katering untuk membantu mereka dalam menyediakan menu-menu berbuka puasa.

    Banyak juga pihak-pihak yang mengadakan acara berbagi dan berbuka bersama anak yatim atau orang kurang mampu. Mereka juga cenderung lebih memilih jasa katering makanan untuk membantu mereka dalam menyediakan makanan-makanan untuk berbuka puasa. Bila menu makan yang Anda sajikan cukup variatif dan rasanya enak, tentunya akan banyak pihak-pihak yang memakai jasa katering Anda.
    Namun, memang untuk usaha ini Anda mungkin tidak bisa mengerjakannya sendiri, terlebih bila pesanan katering cukup banyak. Anda bisa mengerjakannya secara berkelompok sebagai usaha bersama dengan ibu-ibu lainnya di sekitar rumah atau menjadi usaha bersama keluarga. Jika Anda merasa kesulitan membuat aneka macam menu dan hidangan, pilih satu atau dua menu yang menjadi spesialisasi Anda, misalnya hanya menjual “Soto” saja.

  3. Bisnis kue-kue lebaran
    Bisnis kue-kue untuk lebaran bukan saja menjanjikan keuntungan yang banyak, melainkan melatih kreativitas Anda sebagai ibu rumah tangga dalam menciptakan berbagai bentuk kue lebaran, aneka varian rasa, hingga kemasan fisik untuk kue-kue yang akan diperjualbelikan. Bisnis ini sangat menguntungkan mengingat pada banyak konsumen yang akan membeli aneka kue-kue kering atau kue basah untuk disuguhkan kepada tamu pada hari raya.

    Untuk orang-orang yang telah disibukkan dengan rutinitas pekerjaan di kantor atau orang-orang yang ingin cepat dan praktis, tentu membeli kue-kue siap konsumsi yang telah dikemas dalam toples menjadi pilihan yang pas untuk dibeli. Lihat saja, setiap supermarket akan menyediakan rak khusus untuk memamerkan kue-kue kering dan kue basah hasil karya tangan-tangan ibu rumah tangga. Pembeli akan semakin tertarik jika Anda bisa menciptakan aneka kue kering yang lezat, bentuk yang menarik dan kemasan yang cantik. Dengan begitu, Anda juga bisa menetapkan angka jual yang lumayan tinggi untuk tiap toples atau box kue-kue kreasi Anda.

  4. Bisnis Parsel lebaran
    Parsel atau bingkisan lebaran juga merupakan salah satu bisnis menjanjikan yang digemari oleh ibu-ibu rumah tangga. Meskipun sifatnya temporer, namun keuntungan yang didapatkan tidak main-main. Omsetnya bisa jutaan rupiah. Apalgi parsel lebaran yang Anda buat menjadi sasaran pembelian kantor-kantor tertentu, pasti mereka teidak akan terlalu mempermasalahkan soal harga. Yang terpenting konsumen suka dengan isi dan kemasan parsel yang Anda buat. Persaingan antara sesama pelaku bisnis parsel lebaran pun semakin ketat. Setiap pelaku bisnis ini berlomba-lomba melakukan inovasi dalam penyajian parsel-parsel cantiknya.

    Bisnis ini begitu mudah dilakukan. Yang terpenting Anda mempunya ide-ide dalam menyusun aneka barang dalam suatu wadah cantik, bisa berupa keranjang atau pilihan box-box unik. Lebih mudah lagi karena Anda bisa mengerjakan parsel sesuai pesanan konsumen saja sehingga Anda tidak perlu khawatir jika parsel-parsel yang Anda buat sia-sia dan tidak terbeli.

    Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang tidak ingin repot sendiri menjalani bisnis ini, maka tidak ada salahnya jika Anda juga melibatkan beberapa orang kerabat atau teman-teman Anda untuk terjun ke dunia bisnis parsel. Jangan takut, parsel selalu dicari konsumen setiap hari raya tiba.

  5. Bisnis kerajinan tangan
    Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang gemar menekuni dunia kerajinan tangan, sekarang adalah saat yang paling tepat bagi Anda untuk unjuk gigi memamerkan dan menjual hasil dari tangan-tangan kreatif Anda. Sebagai ibu rumah tangga, tentu Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk menekuni satu karya kerajinan tangan hasil kreasi tangan Anda.

    Banyak orang yang lebih memilih membeli perlengkapan rumah tangga atau aksesoris yang terbuat dari hasil kerajinan tangan. Ini disebabkan karena hasil kreasi kerajinan tangan memiliki model yang bisa di-request oleh calon pembeli dan biasanya model yang dihasilkan tidak pasaran (limited edition). Kerajinan tangan yang memang dibuat dari hasil tangan sendiri (bukan mesin) tentu lebih bernilai artistik dan daya jualnya lebih tinggi.

    Anda bisa menciptakan berbagai kerajinan tangan untuk dekorasi rumah seperti alas meja makan yang disulam dari tali pita, sarung bantal etnik, kotak tisu berbahan dasar satin, atau kerajinan tangan lainnya. Kerajinan tangan juga bisa Anda ciptakan dalam bentuk aksesoris yang bisa dipakai di tubuh konsumen seperti bros, pita rambut, dan bando penunjang penampilan. Oleh karena itu, tekuni dan hasilkan kreasi-kreasi kerajinan tangan Anda karena menjelang hari raya Idul Fitri akan banyak konsumen yang ingin memperbaharui tampilan dekorasi interior rumah maupun untuk penampilannya sendiri.

  6. Bisnis perlengkapan ibadah
    Bisnis perlengkapan ibadah sudah mulai banyak dilirik oleh kaum ibu rumah tangga. Meskipun tidak setiap kali konsumen membeli perlengkapan ibadah, namun setidaknya ketika menjelang bulan puasa dan menjelang hari raya akan banyak konsumen yang ingin memperbaharui perlengkapan ibadahnya.

    Bukan hanya sekedar dipakai untuk kegiatan ibadahnya saja melainkan juga bisa digunakan untuk bersedekah. Penjualan kopyah, mukena, kain sarung, kerudung, sajadah, tasbih, Al-quran, hingga buku-buku bertema islami menjadi target yang akan dicari-cari konsumen ketika memasuki bulan puasa dan hari raya. Anda bisa membuat aneka barang yang pas dan cocok dengan momentum Ramadhan dan Idul Fitri, seperti mukena dan sajadah cantik, kerudung, jilbab, dan lain-lain.

  7. Bisnis Pakaian
    Nah ini dia bisnis yang paling banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bukan hanya di bulan Ramadhan saja melainkan setiap waktu selalu saja bisnis ini dilirik oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Alasannya, bisnis pakaian selalu diminati konsumen sepanjang waktu karena sifatnya tidak temporer. Menjalankannya pun tidak membosankan.

    Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang baru-baru terjun di dunia bisnis pakaian ini, Anda bisa lebih dulu menyediakan stock pakaian yang akan dijual dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Pelajari dulu minat konsumen dengan pakian dan model yang sedang trend. Bekerjasamalah secara baik dengan supplier atau penyedia barang agar memudahkan Anda untuk menyediakan pakaian-pakaian yang akan Anda jual. Supllier akan memberi masukan atau informasi mengenai pakaian apa yang sedang diminati konsumen saat ini. Supplier juga akan memberikan Anda harga khusus untuk di jual kembali. Jika sudah mempelajari minat pasar, maka bisnis ini akan sangat mudah untuk dilakukan.

    Terlebih lagi di bulan puasa karena setiap konsumen menginginkan berpakaian yang serba baru dalam menyambut hari raya. Sudah bisa dipastikan omset penjualan Anda akan lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Anda bisa membuat atau menjual aneka baju dan busana muslim untuk pria, wanita, maupun anak-anak karena di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri biasanya banyak konsumen yang mencari dan ingin membeli baju-baju muslim tersebut.

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa Anda lakuakan di momen Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Selain gampang pengerjaannya, produk yang Anda hasilkan juga banyak dicari dan diminati konsumen. Semakin banyak konsumen yang membutuhkan produk yang Anda hasilkan, maka semakin besar pula omset mengalir ke rekening tabungan Anda. Inti dari keberhasilan semua bisnis adalah kemauan yang kuat, gigih, inovatif, dan kreatif. Semoga bisa menginspirasi ibu-ibu rumah tangga untuk lebih produktif dalam kegiatan ekonomi rumah tangganya.

Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND