Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Boy Band Terbaik Sepanjang Masa Versi RollingStone.com

informasitips.com – Demam boyband sepertinya benar-benar kembali lagi saat ini. Jika para remaja saat ini “heboh” dengan boyband-boyband baru idola mereka mulai dari Boyband Korea seperti Super Junior, Shinee, 2PM, Big Bang sampai Boyband Western baru seperti One Direction, Big Time Rush, The Wanted, dan lainnya, maka di era sebelumnya juga banyak bermunculan jenis musik bergenre boy band yang juga sempat mencuri perhatian pecinta musik dunia.

Menanggapi gaung musik dunia saat ini yang kembali “melek” dengan musik-musik ber-genre boyband, salah satu media online musik terkenal RollingStone.com membuat polling kepada para pembacanya untuk memilih siapa saja 10 Boy Band yang berhak menyandang predikat sebagai Boy Band Terbaik Sepanjang Masa. Dalam polling tersebut, muncul nama-nama boy band besar yang pernah eksis di sepanjang sejarah musik dunia seperti Backstreet Boys, Take That, Nsync, The Jackon, Jonas Brother sampai The Beatles.

10 Boy band terbaik sepanjang masa
Sebagian besar remaja saat ini mungkin tidak terlalu mengenal Boyband-boyband senior yang dulu sempat “booming” di era nya masing-masing. Namun, tak ada salahnya bagi kamu yang saat ini sedang menggandrungi musik-musik beraliran boy band untuk mengenal sekilas siapa saja boy band yang tercatat sebagai boy band terbaik, yang membuka jalan dan memberi inspirasi bagi kemunculan boyband-boyband baru saat ini. Bagi kamu yang sempat menjadi remaja-remaja “penggila” boyband berikut di eranya, silahkan bernostalgia, karena siapa tahu salah satu dari band idolamu masuk dalam daftar boyband terbaik berikut. Ingin tahu siapa saja 10 Boy Band Terbaik Sepanjang Masa Versi RollingStone.com? Check these out:

10. New Edition
Boyband New Edition Dimulai dari urutan ke-10 ditempati oleh “New Edition”. Grup musik asal Amerika beraliran R&B ini mungkin memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Namun, cukup bisa membuat para penikmat musik dunia terkesan dengan kemunculan lagu-lagunya. Grup yang berdiri tahun 1978 dan beranggotakan Bobby Brown (mantan suami Witney Houston), Ronnie DeVoe, Ricky Bell, Michael Bivins, dan Ralph Tresvant ini mencapai masa kejayaannya di tahun 80-an. Salah satu single andalannya yang sempat menjadi hits adalah “Cool It Now” yang resmi dirilis pada tahun 1985. Boyband ini disebut-sebut sebagai grup yang membuka jalan bagi kemunculan boyband lain seperti New Kids On The Block, Backstreet Boys, dan Ncync.


9. Take That
take that Naik ke posisi selanjutnya yaitu posisi 9 ditempati oleh boyband asal Inggris “Take That”. Grup musik yang beranggotakan Gary Barlow, Howard Donald, Jason Orange, Mark Owen dan Robbie Williams ini sempat booming di era 90-an tak hanya di Eropa melainkan juga di Indonesia dengan lagu andalannya seperti “Back For Good” yang juga sempat diparodikan oleh grup musik Indonesia P-Project. Meski sempat bubar pada tahun 1995, namun pada tahun 2006 Take That memutuskan untuk “reunited” lagi ke dunia musik, membuat album dan melakukan serangkaian tur yang mendapatkan respon positif dari para penggemar setianya. Selain masuk dalam daftar 10 Boy Band terbaik sepanjang masa, Take That juga disebut sebagai artis dengan penjualan musik terlaris di Amazon sepanjang masa.

8. The Beach Boys
The Beach BoysDi literatur lain seperti Wikipedia, The Beach Boys tidak dianggap sebagai boyband melainkan sebagai rock band. Namun, RollingStone.com memasukkan mereka kedalam daftar boyband karena pada awal kemunculannya The Beach Boys tampil sebagai grup yang beranggotakan remaja muda yang menyanyikan lagu dengan nada-nada yang ringan khas anak muda. Grup yang terbentuk di California tahun 1961 ini mencapai masa-masa kejayaannya di tahun 60-an dan salah satu albumnya yang paling terkenal adalah album “Pet Sounds” yang rilis tahun 1966.

Tak hanya memainkan alat musik sendiri, semua anggota The Beach Boys yang awalnya terdiri dari Dennis Wilson, Al Jardine, Mike Love, Bruce Johnston, Carl Wilson, dan Brian Wilson juga ikut mengisi vokal dalam setiap lagu-lagu mereka dalam bentuk harmonisasi vokal yang indah layaknya vokal grup. Inilah yang membedakannya dengan grup band saat ini yang memainkan alat musik sendiri namun hanya memiliki satu “lead vocal”. Dan mungkin hal ini pulalah yang membuat The Beach Boys dianggap sebagai boyband oleh RollingStone.com


7. Jonas Brother
Jonas Brother Di posisi ketujuh ada grup musik asal Amerika Jonas Brother. Jonas Brother dianggap sebagai salah satu boyband dengan sentuhan musik rock yang cukup sukses beberapa tahun belakangan ini. Meski juga memainkan alat musik, di beberapa literatur seperti Wikipedia dan RollingStone Jonas Brother dimasukkan ke dalam list boyband karena memulai karir mereka di usia yang masih sangat muda antara 13-18 tahunan. Terbentuk tahun 2005, beranggotakan tiga orang bersaudara yaitu Kevin Jonas, Adam Jonas, dan Nick Jonas. Jonas Brother meraih popularitasnya lewat jaringan televisi anak-anak yaitu Disney Channel. Pada tahun 2008, Jonas Brother membintangi film Disney Channel “Camp Rock” dan sekuelnya “Camp Rock 2″ bersama penyanyi Demi Lovato. Sejauh ini Jonas Brother telah merilis 4 album dengan angka penjualan lebih dari 8 juta kopi di seluruh dunia.



6. The Monkees
The monkees Naik satu tingkat ke posisi 6 ada grup musik asal Amerika The Monkees. Grup yang berdiri tahun 1966 ini sempat mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1966 – 1968, dan menjadi inspirasi bagi banyak artis di eranya. Grup ini aktif berkarir di dunia musik selama 10 tahun dengan beberapa kali bubar, dan terakhir merilis album pada tahun 2002. Beberapa hits andalan mereka adalah I’m a Believer, (I’m Not Your) Steppin’ Stone, Daydream Believer, Last Train to Clarksville, dan Pleasant Valley Sunday. Hingga saat ini The Monkees sudah mengeluarkan 11 Album dan mencatat angka penjualan sebesar 65 juta kopi di seluruh dunia.


5. NSYNC
NSYNC Boyband asal Orlando yang beranggotakan Justin Timberlake, Chris Kirkpatrick, Joey Fatone, Lance Bass dan JC Chasez ini berhasil menduduki posis ke-5 dalam deretan 10 Boy band terbaik sepanjang masa versi RollingStone.com. Terbentuk tahun 1995 dan mencapai masa-masa keemasan di akhir tahun 90-an. Boy band ini sering disebut-sebut sebagai rivalnya Backstreet Boys karena eksis di era yang sama, dimanajeri oleh manajer yang sama dan juga bernaung di label rekaman yang sama. Sama seperti rivalnya tersebut, NSYNC juga pandai menyanyikan lagu-lagu pop balad dengan harmoni vokal yang indah dan juga mampu menampilkan performa dance yang menarik. Salah satu album mereka yang sempat sangat “booming” adalah No Strings Attached yang berhasil terjual sebanyak 1 juta kopi di hari pertama rilisnya.

Di eranya, NSYNC termasuk salah satu boyband yang juga sangat terkenal dan banyak disukai, termasuk di Indonesia dengan lagu-lagu hits andalannya seperti “Bye Bye Bye”, “It’s Gonna Be Me”, dan This I Promise You. Grup ini bubar pada tahun 2007 setelah ditinggalkan oleh salah satu pentolannya Justin Timberlake yang sukses berkarir sebagai solo artis. Kesuksesan Justin berkarir sebagai solo artis tampaknya menutup kemungkinan bagi NSYNC untuk “reunited” lagi ke dunia musik. Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Justin dalam sebuah kesempatan wawancara yang menyebutkan bahwa ia tidak tertarik untuk bergabung kembali bersama grupnya NSYNC.


4. The Jackson 5
the jackson 5Posisi 4 ditempati oleh The Jackson 5. The Jackson 5 atau juga dikenal dengan The Jackson merupakan grup musik yang berasal dari Indiana, Amerika. Boyband yang beranggotakan Michael Jackson dan saudara-saudaranya dari keluarga Jackson (Jackson family) ini aktif berkarir di dunia musik selama 26 tahun dari tahun 1964 – 1990. Hingga saat ini The Jackson 5 telah mengeluarkan 16 album dan mencatat angka penjualan sebesar 100 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa lagu hits dari grup yang sangat populer pada tahun 1970 ini diantaranya adalah I’ll Be There, ABC, I Want You Back. Michael Jackson sebagai salah satu pentolan grup ini pada akhirnya mencatat prestasi gemilang dalam sejarah musik pop dunia sebagai “King of Pop” yang belum tergantikan.



3. New Kids On The Block (NKOTB)
New kids on the blockPerlahan-lahan kita sudah mulai mendekati posisi puncak. Boy band New Kids On The Block (NKOTB) berhasil masuk top 3 dalam deretan 10 Boyband Terbaik Sepanjang Masa versi RollingStone.com. Boy band asal Amerika ini juga sempat sangat populer di tanah air pada akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an dengan lagunya Step By Step, You Got It (The Right Stuff), Please Don’t Go Girl, dan Hangin’ Tough. Meski sempat bubar pada tahun 1994, namun kesemua anggotanya yang terdiri dari Jordan Knight, Jonathan Knight, Joey McIntyre, Donnie Wahlberg, dan Danny Wood memutuskan untuk bergabung kembali lagi ke dunia musik tahun 2007 dan mengeluarkan album tahun 2008. Di album tersebut NKOTB juga sempat berkolaborasi dengan penyanyi nyentrik Lady Gaga. Sampai saat ini, NKOTB masih sangat dicintai oleh para Block Head (sebutan untuk penggemar NKOTB) dan kedatangan mereka ke Indonesia pada bulan Juni 2012 nanti bersama Backstreet Boys dalam Tur NKOTBSB tampaknya akan menjadi hadiah yang paling spesial dan sudah lama dinanti oleh para penggemar setianya di tanah air.



2. The Beatles
The beatles Posisi runner up ternyata ditempati oleh The Beatles. Cukup mengejutkan karena The Beatles dianggap sebagai boyband oleh RollingStone terkait fakta bahwa mereka sangat banyak digila-gilai oleh para remaja cewek di era awal kemunculannya. Pro kontra status mereka sebagai boyband sampai saat ini masih sering terjadi. Namun, terlepas dari pro kontra tersebut, The Beatles telah mencatat prestasi gemilang dalam sejarah musik dunia. Terbentuk tahun 1960, beranggotakan empat orang yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Awal karir grup ini membawakan lagu-lagu yang berakar pada genre musik rock n roll ala tahun 50-an, namun pada akhirnya The Beatles mengubah aliran musiknya dari pop ballads ke psychedelic rock.

The Beatles meraih popularitasnya di Inggris dan meroket lewat single pertama mereka yang berjudul “Love Me Do” yang menjadi hits tahun 1962. Pada tahun 1970 The Beatles bubar dan salah satu personilnya Jhon Lenon sukses berkarir sebagai solo artis. The beatles merupakan band terlaris sepanjang sejarah musik dunia dan diperkirakan sampai saat ini berhasil mencatat angka penjualan album sebanyak lebih dari 1 milliar kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2008, The Beatles masuk dalam Hot 100 artis tersukses sepanjang sejarah versi majalah Billboard. The Beatles juga dianggap banyak orang sebagai band (mungkin lebih pas bila tidak dianggap boyband) terlegendaris di dunia.



1. Backstreet Boys
Backstreet boysNah, ini dia sang jawaranya boyband, Backstreet Boys. Selamat untuk Backstreet Boys. Boy band yang terbentuk tahun 1993 di Orlando, Florida, Amerika ini berhasil menduduki posisi pertama dalam deretan 10 Boy Band Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone.com. Tak berlebihan memang mengingat sejumlah prestasi, popularitas dan juga kualitas yang diberikan oleh grup beranggotakan 5 orang ini, yaitu Kevin Richardson, Howie Dorough, Brian Littrell, AJ Mc.Lean, dan Nick Carter. Meski sempat ditinggal oleh salah satu personilnya Kevin Richardson, Backstreet Boys tetap aktif berkarir di dunia musik sampai saat ini.

Backstreet Boys termasuk salah satu boy band yang juga sempat sangat “booming” dan banyak digila-gilai oleh remaja-remaja di seluruh dunia termasuk di tanah air. Tercatat sebagai boyband dengan penjualan album terlaris sepanjang masa merupakan salah satu boyband yang cukup “kuat” berkarir di dunia musik dari tahun 1993 – sekarang. Ini merupakan salah satu prestasi yang cukup luar biasa bagi sebuah boy band.

Sejauh ini, Backstreet Boys telah mengeluarkan sebanyak 8 Album dan sangat populer dengan lagu-lagu hitsnya yang hampir selalu bertengger di chart-chart teratas dunia seperti I Want It That Way, Larger Than Life, Everybody, As Long As You Love Me, Shape of My Heart dan masih banyak lagi. Salah satu album tersukses Backstreet Boys adalah “Millennium” yang mampu menembus angka penjualan 40 juta kopi di seluruh dunia dan tercatat sebagai album nomor 8 dalam TOP 70 album terlaris di dunia sepanjang masa. Tak hanya pandai beraksi dengan harmonisasi vokal yang indah, Backstreet Boys juga piawai menampilkan aksi dance yang atraktif. Genre musik yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari pop, R & B, pop rock, dan adult contemporary. Nama Backstreet Boys hampir selalu muncul dalam setiap daftar deretan boyband terpopuler, tersukses, dan legendaris sepanjang masa. Saat ini, Backstreet Boys sedang melakukan tur keliling dunia bersama NKOTB dalam Tur NKOTBSB dengan total pendapatan lebih dari 40 juta dolar Amerika. Sekali lagi, Selamat untuk Backstreet Boys!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih