Informasi dan Tips – informasitips.com

Daftar Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

informasitips.com – Pengobatan dengan menggunakan obat medis yang diresepkan terkadang tidak selalu diperlukan, terutama untuk kasus-kasus tertentu dimana kondisi pasien tidak terlalu memerlukan obat medis tetapi tetap harus ditangani, termasuk dalam menurunkan kolesterol. Pada kasus pasien dengan kadar kolesterol tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk menerima pengobatan dengan obat yang diresepkan oleh dokter, maka penanganannya dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi pangan fungsional. Pangan fungsional adalah pangan yang tidak hanya mengenyangkan dan dapat diterima oleh lidah manusia, tetapi juga memiliki fungsi farmakologis dalam mendukung kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Berbagai mekanisme kinerja pangan fungsional dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam plasma darah menyerupai cara kerja obat penurun kolesterol. Berikut ini bisa Kamu lihat beberapa mekanisme kerja pangan fungsional yang berfungsi sebagai makanan penurun kolesteroll di dalam darah:

  • Kompetitor Intestinal Niemann-Pick C1 like 1 (NPC1L1)

    Makanan penurun kolesterol mengandung fitosterol

    sumber gambar: www.corowise.com

    Salah satu faktor penting penyerapan kolesterol di saluran pencernaan adalah melalui intestinal NPC1L1. Ketika kolesterol yang berasal dari makanan yang kita konsumsi masuk ke dalam tubuh, maka selanjutnya penyerapan kolesterol di intestine akan terjadi sehingga kadar kolesterol di dalam darah akan meningkat. Terdapat pangan fungsional yang mampu menghambat NPC1L1 dalam proses penyerapan kolesterol dari lumen (saluran pencernaan) ke dalam sel epitel, sehingga pada akhirnya kolesterol tidak masuk ke dalam peredaran darah. Makanan penurun kolesterol yang termasuk ke dalam golongan ini adalah pangan fungsional yang mengandung fitosterol dan fitostanol. Bahan makanan yang mengandung fitosterol dan fitostanol yang dapat menurunkan kolesterol diantaranya adalah biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur, dan lain-lain.

  • Inhibitor (Penghambat) Enzim Acyltransferase (ACAT)

    Lada dapat menurunkan kolesterolEnzim ACAT yang terdapat pada manusia berfungsi untuk esterifikasi kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Esterifikasi tersebut terjadi di usus halus dan di hati dimana kolesterol diubah menjadi Cholesteryl Ester, selanjutnya kolesterol secara berturut-urut diubah menjadi kilomikron dan Very-Low Density Lipoprotein (VLDL) yang akan diedarkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Dalam hal ini, enzim ACAT berperan penting dalam ketersediaan kolesterol di dalam pembuluh darah. Oleh karena itu, guna menurunkan kadar kolesterol darah, penghambatan enzim ACAT menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Contoh makanan penurun kolesterol yang berfungsi sebagai penghambat ACAT atau ACAT inhibitor di antaranya adalah buah Hawthorn, kacang kedelai, dan berbagai zat yang terkandung dalam makanan yaitu fitoestrogen, genistin, daizein, bioflavonoid pada buah jeruk, naringenin, conjugated linoleic acid, dan guineensine yang diisolasi dari lada (Piper nigrum).

  • Inhibitor (Penghambat) Enzim HMG-CoA Reduktase
    Beras Merah Fermentasi Monascus merupakan salah satu makanan penurun kolesterol

    sumber gambar: www.bridgat.com

    Tahukah Kamu kalau ternyata tubuh kita juga memroduksi kolesterol? Hal itu wajar saja karena memang tubuh kita membutuhkan kolesterol dalam metabolismenya. Setiap harinya 1500 mg kolesterol disintesis oleh tubuh dan hanya 300-600 mg saja yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Dengan angka seperti itu, proses penghambatan sintesis kolesterol di dalam tubuh menjadi salah satu cara jitu dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Salah satu mekanisme penghambatan sintesis kolesterol di dalam tubuh adalah dengan menghambat aktivitas enzim HMG-CoA Reduktase. Contoh jenis pangan yang memiliki khasiat dalam penghambatan enzim HMG-CoA Reduktase, yaitu Red Yeast Rice (atau beras merah yang difermentasi oleh yeast Monascus purpureus). Red yeast rice mengandung monacolin K (lovastatin) yang efektif dalam menghambat enzim HMG-CoA Reduktase. Tidak hanya red yeast rice, tetapi kacang kedelai dan bawang putih juga diketahui sebagai makanan penurun kolesterol darah lewat aksinya dalam menghambat enzim HMG-CoA Reduktase. Golongan obat yang juga memiliki fungsi yang sama adalah obat antikolesterol golongan Statin, seperti Simvastatin.

  • Aktivator Reseptor LDL (Low Density Lipoprotein)

    Goji berry termasuk buah penurun KolesterolSeperti kita ketahui bahwa LDL selama ini dikenal dengan sebutan “Kolesterol Jahat”, artinya LDL membawa kolesterol dalam bentuk lipoprotein menuju jaringan hepatik dan ekstra-hepatik atau ke seluruh tubuh, sehingga karena LDL lah kadar kolesterol dalam darah dan jaringan menjadi meningkat. Berbeda dengan HDL (High Density Lipoprotein) yang membawa kolesterol dari dalam tubuh menuju hati untuk dimetabolisme dan dibuang dari dalam tubuh. Meskipun begitu, mekanisme LDL yang menuju ke hati dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol di dalam darah dan jaringan. Atas dasar itulah maka peningkatan aktivitas reseptor LDL di hati dapat digunakan sebagai mekanisme dalam menurunkan kolesterol. Aktivator reseptor LDL di hati ternyata terkandung dalam makanan yang sering kita makan sehari-hari. Kacang kedelai, Gojiberi, katekin yang terkandung dalam teh adalah beberapa makanan penurun kolesterol yang memiliki khasiat dalam meningkatkan up-regulasi LDL di jaringan hepatik.

  • Asam Empedu Sequestrants

    Salah satu jalur pembuangan kolesterol dari dalam tubuh adalah melalui pembentukan asam empedu yang kemudian diikuti dengan ekskresi ke empedu. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat mekanisme reabsorpsi asam empedu yang membuat kolesterol diserap lagi dan kembali ke hati. Hal tersebut selain menghambat pembuangan kolesterol lewat asam empedu, juga menghambat terjadinya pembentukan asam empedu sehingga kolesterol yang diekskresikan tentu saja menjadi berkurang. Oleh karena itu, jika reabsorpsi asam empedu dapat dihambat maka proses pembuangan kolesterol lewat pembentukan asam empedu dapat meningkat sehingga pada akhirnya kadar koelsetrol di dalam darah akan berkurang. Zat yang dapat menghambat reabsorpsi asam empedu disebut dengan Asam Empedu Sequestrants. Contoh obat yang memiliki aktivitas sebagai inhibitor reabsorpsi asam empedu atau asam empedu sequestrants adalah kelompok kolestiramin dan kolestipol. Salah satu makanan penurun kolesterol yang dapat bertindak sebagai asam empedu sequestrants adalah oat. Kandungan zat aktif dalam Oat yang mampu menghambat reabsorpsi asam empedu adalah beta-glukan. Selain oat, suplemen Kalsium juga memiliki aktivitas sebagai asam empedu sequestrants. Contoh lain pangan fungsional yang juga memiliki aktivitas asam empedu sequestrants adalah produk fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus, Bifidobacterium, Enterococcus dan Streptococcus; serta bawang putih dan bawang merah.

  • Aktivator Sitokrom P450 7A1 (CYP7A1)

    Soba sebagai makanan untuk menurunkan KolesterolJalur utama pembuangan kolesterol dari dalam tubuh adalah melalui pembentukan asam empedu. Dalam proses sintesis asam empedu di hati, enzim CYP7A1 atau enzim cholesterol 7 alfa-hidroksilase memiliki peranan yang penting. Peningkatan aktivasi enzim CYP7A1 akan meningkatkan pembentukan asam empedu yang berarti terjadi peningkatan dalam pengurangan kolesterol dari dalam tubuh. Beberapa pangan fungsional penurun kolesterol yang dapat bertindak sebagai activator enzim CYP7A1 adalah soba, kandungan katekin di dalam teh hijau, kalsium yang terkandung dalam makanan, biji anggur yang mengandung polifenol, dan kurkumin.

  • Inhibitor Cholesteryl Ester Transporting Protein (CETP)

    Berry merupakan buah penurun kolesterol

    sumber gambar: www.alldietsreview.com

    Seperti kita ketahui bahwa dalam metabolismenya di dalam tubuh, kolesterol dibagi-bagi ke dalam LDL dan HDL. Pembagian kolesterol ke dalam LDL dan HDL sebagian bergantung pada protein transport yang disebut CETP (Protein transport Cholesteryl Ester). Fungsi CETP adalah untuk memindahkan cholesteryl ester dari HDL menuju LDL. Idealnya, kolesterol yang berada di dalam HDL harus lebih banyak dibandingkan dengan yang berada dalam LDL, tetapi jika sebagian kolesterol yang berada di HDL dipindahkan ke LDL oleh CETP maka tidak dapat dipungkiri bahwa peningkatan kolesterol di dalam darah akan terjadi. Oleh karena itu, zat yang memiliki kemampuan dalam menghambat aktivitas protein CETP dapat digunakan sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Ada beberapa pangan fungsional yang diketahui dapat menurunkan kolesterol sekaligus memiliki aktivitas dalam menghambat CETP, yaitu kandungan polifenol yang terdapat dalam buah Apel, susu skim yang diperkaya oleh minyak zaitun, antosianin seperti yang terdapat dalam buah berry – strawberry, blueberry, raspberry, dll -, red pepper (paprika merah), dan, tidak ketinggalan, bawang putih.

Ternyata makanan yang kita makan sehari-hari memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam menurunkan kadar kolesterol darah, pangan fungsional tersebut tidak hanya melalui satu mekanisme saja tetapi lewat beberapa mekanisme sehingga dengan kombinasi mekanisme itu diharapkan penurunan kolesterol yang terjadi lebih signifikan.

Berikut daftar pangan fungsional yang diklaim mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

  • Serat makanan
  • Fitosterol
  • Kacang kedelai
  • Buah Hawthorn
  • Teh
  • Produk fermentasi susu, seperti yoghurt.
  • Policosanol
  • Soba
  • Oat
  • Rice bran oil
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Red yeast rice (Monascus)
  • Almond
  • Minyak ikan
  • Licorice
  • Flaxseed (Biji Rami)
  • Black Rice
  • Ginseng oil

Mengonsumsi berbagai pangan fungsional yang ada di atas merupakan cara menurunkan kolesterol yang menyenangkan, tidak hanya mengenyangkan namun juga menyehatkan tubuh Anda.

Semoga Anda berhasil menurunkan kadar kolesterol Anda ke level normal……



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *