Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menurunkan Kadar LDL atau Kolesterol Jahat

informasitips.comLDL atau Low Density Lipoprotein dikenal sebagai kolesterol jahat, karena di dalam tubuh LDL membawa kolesterol ke pembuluh darah dan dapat menyebabkan terjadinya atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah yang bisa berujung pada stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya. Oleh karena itu, banyak ahli yang menyarankan agar kadar LDL yang tinggi dalam pembuluh darah harus diturunkan. Berikut ini beberapa tips dalam menurunkan kadar LDL dalam pembuluh darah:

  1. Kadar LDL di dalam tubuh akan meningkat kira-kira sebanyak 2% setiap kali kita mengkonsumsi makanan yang mengandung 1% lemak jenuh (saturated fat). Oleh karena itu, pengurangan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat mengurangi kadar LDL di dalam tubuh sebanyak 8%.
  2. Penurunan berat badan juga dapat mengurangi kadar LDL. Pada dasarnya penurunan berat badan di sini berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi dalam program diet yang dirancang, yaitu menghindari makanan yang tinggi lemak jenuhnya dan kolesterolnya. Hal itu tidak hanya menurunkan LDL tetapi juga menjaganya agar LDL tetap berada di kadar yang rendah. Banyak studi yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori selama menjalankan program diet.
  3. Tips menurunkan LDL Kolesterol Jahat

    sumber gambar: thecheckup.com

  4. Tingginya konsumsi asam lemak jenuh akan meningkatkan resiko kejadian penyakit koroner. Jadi, sekali lagi, hindarilah makanan yang tinggi asam lemak jenuhnya.
  5. Tidak hanya asam lemak jenuh, tetapi juga asam lemak trans yang dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah.
  6. Asupan kolesterol dari makanan harus dijaga agar tidak lebih dari 200 mg/hari.
  7. Bahan pangan yang mengandung Asam lemak tak jenuh tunggal atau Monounsaturated Fatty Acids (MUFA) dapat mengurangi kadar LDL kolesterol di dalam darah, namun tidak mengurangi kadar HDL kolesterol atau menigkatkan kadar trigliserida.
  8. Begitu juga dengan asam lemak tak jenuh ganda atau Polyunsaturated Fatty Acids (PUFA)yang terdiri atas asam 6-linoleat dapat mengurangi LDL. Pada kadar yang tinggi PUFA juga dapat mengurangi kadar HDL.
  9. Konsumsi Karbohidrat harus dijaga agar tidak lebih dari 60% dari total asupan dalam sehari, karena asupan karbohidrat yang tinggi dapat mengurangi kadar HDL dan meningkatkan kadar trigliserida serum.
  10. Asupan protein yang terkandung dalam makanan memiliki efek yang kecil terhadap kadar kolesterol dalam darah.
  11. Konsumsi serat, 5 sampai 10 gram per hari mampu mengurangi kadar LDL kolesterol hingga 5%.
  12. Asupan makanan yang mengandung stanol dari tanaman sebanyak 2-3 gram per hari dapat menurunkan kadar LDL darah sebanyak 6% hingga 15%.
  13. Asupan tinggi protein kedelai akan menurunkan kadar LDL darah.
  14. Pangan yang mengandung asam lemak Omega-3, seperti minyak kacang kedelai, minyak kanola, walnuts, minyak biji rami (flaxseed oil), dan minyak ikan, dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
  15. Asupan makanan rendah garam sangat dianjurkan
  16. Suplemen antioksidan tidak dianjurkan.
  17. Asupan makanan yang tinggi lemak dan tinggi protein tidak dianjurkan.

Tips-tips di atas dapat menurunkan kadar LDL dalam pembuluh darah hingga 20-30% sehingga resiko aterosklerosis atau penyakit jantung koroner akan semakin rendah. Baca juga Makanan Penurun Kolesterol.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *