Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Hal Utama yang Dibutuhkan Kulit Setiap Hari

informasitips.com – Kulit manusia membutuhkan perawatan agar selalu sehat dan terlihat cerah. Bagi wanita, kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit merupakan salah satu cara yang paling jitu untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan segar. Penggunaan berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit pada wajah diyakini oleh para kaum hawa dapat menjaga kecantikan kulit mereka. Bahkan banyak diantara mereka yang sampai menggunakan lebih dari dua atau tiga macam produk perawatan sekaligus karena beranggapan dengan cara seperti itu maka hasil yang diperoleh akan jauh lebih maksimal.

Kebisaan tersebut tentu tidaklah benar. Kulit bukannya menjadi sehat, justru malah bisa rusak. Ada hal-hal lain yang sebenarnya lebih dibutuhkan kulit agar tetap sehat. Dengan mengetahui apa saja yang sebenarnya lebih dibutuhkan kulit setiap harinya, maka kita bisa menghindari penggunaan berlebih berbagai produk perawatan yang bisa membayakan kulit.

5 hal utama yang dibutuhkan kulit setiap harinya

Berikut 5 hal utama yang dibutuhkan kulit setiap harinya agar tetap sehat:

1. Pembersih
Pembersih adalah hal utama yang paling dibutuhkan untuk perawatan kulit setiap harinya. Pembersih dapat membersihkan kotoran, polutan dan minyak-minyak pada wajah. Pemakaian pembersih juga diperlukan sebelum kita memakai berbagai produk perawatan pada wajah seperti vitamin dan tabir surya sehingga bisa meresap kedalam kulit dan hasilnya lebih efektif.

Meski berguna, tentunya kita juga harus pandai memilih jenis pembersih yang aman untuk digunakan setiap hari pada kulit kita. Pembersih yang aman tentunya harus yang tidak mengandung sabun (soap-free) karena sabun sifatnya agak keras bila terlalu sering digunakan pada wajah. Selain itu, kita juga harus bisa memilih jenis pembersih yang pas dan sesuai untuk jenis kulit kita. Untuk jenis kulit kering misalnya bisa menggunakan pembersih yang mengandung susu. Kulit kering atau pun kulit sensitif sebaiknya memilih tipe pembersih yang tidak mengandung alkohol, baik untuk pembersih yang mengandung susu ataupun tidak.

Setelah menemukan pembersih yang pas dan bahannya cukup aman bagi kulit, kita dapat menggunakannya pada wajah dengan cara mengoleskan pembersih sambil memberikan pijatan lembut pada kulit kira-kira selama 20 detik agar bisa meresap dan bekerja pada kulit.


2. Air
Hampir sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Air sangat diperlukan bagi berbagai proses penting dalam tubuh manusia, diantaranya membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar dan sehat dan membantu sel menyerap nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Jadi, agar sel-sel tubuh bisa tetap berfungsi dengan baik, manusia perlu mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup, kurang lebih sekitar 2 liter air per hari.

Dalam hal hubungannya dengan kulit, air diperlukan untuk melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, air juga membantu menghilangkan kotoran pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat.


3. Asam lemak esensial
Asam lemak esensial atau Essential fatty acids (EFA) merupakan komponen yang sangat penting bagi tubuh. EFA bisa membangun membran sel berbasis lipid yang dapat membentuk pelindung untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan berbagai macam polutan. Tanpa EFA, membran sel kulit dan pelindung tidak dapat bekerja efektif.

EFA yang diperlukan kulit agar tetap sehat utamanya adalah asam lemak omega-3 dan omega-6. Sumber-sumber makanan yang mengandung omega-3 diantaranya adalah ikan salmon, sardin, kacang merah, kenari, bayam. Sementara omega-6 terkandung dalam makanan seperti unggas, minyak sayur, biji-bijian.

Selain Omega-3 dan Omega-6, jenis EFA lainnya yang juga baik untuk kulit adalah gamma linolenic acid (GLA) karena memiliki kemampuan sebagai anti peradangan. GLA dapat diperoleh dari hampir semua minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Selain dari sumber alami, beberapa suplemen yang mengandung omega-3 atau GLA dapat dimanfaatkan untuk membantu agar kulit tetap sehat dan terlihat cantik.

4. Tabir surya
Penggunaan tabir surya tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker kulit, namun juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari timbulnya tanda-tanda kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Kulit yang tidak dilindungi oleh sunscreen dan langsung terpapar sinar matahari akan mengalami berbagai masalah seperti timbulnya noda hitam (flek), kerutan, kulit hitam, kusam, dan masalah-masalah lainnya.

Untuk melindungi kulit dari efek merugikan dari sinar matahari, gunakan produk tabir surya (sunscreen) seperti avobenzone atau oksibenzone, Zinc Oxide atau titanium dioxide. Pilih tabir surya dengan SPF lebih dari 15 dan gunakan pada kulit setidaknya 20 menit sebelum beraktivitas, terutama untuk aktivitas yang banyak dilakukan di luar ruangan.


5. Antioksidan
Antioksidan diketahui memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan manusia, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, sampai menjaga kecantikan kulit. Antioksidan bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, dan makanan laut. Antioksidan dapat melawan dan menghancurkan molekul yang bisa merusak sel sehat manusia, termasuk diantaranya adalah sel kulit manusia. Ada dua jenis antioksidan penting yang bermanfaat untuk kulit, yaitu Vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen yang penting bagi kulit dan Vitamin E yang dapat melindungi membran sel kulit dan merupakan nutrisi penting bagi kulit untuk melawan kerusakan akibar sinar UV.

Kebutuhan kulit akan vitamin C per hari adalah 75 mg, bisa diperoleh dari aneka buah-buahan seperti jeruk, apel, kiwi, dan lainnya. Sementara kebutuhan kulit akan Vitamin E per hari adalah 15 mg, yang bisa diperoleh dari gandum, kacang, dan buah-buahan. Sumber antioksidan penting lainnya yang juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit adalah selenium, tiamin, beta karoten dan zinc.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *