Informasi dan Tips – informasitips.com

Pengaruh Fase Bulan Terhadap Waktu Memancing (di Alam Terbuka)

informasitips.com – Bagi mereka yang gemar melakukan kegiatan memancing tentunya selalu mengidamkan untuk bisa mendapatkan tangkapan yang besar lagi banyak. Agar hal itu bisa terwujud, maka pemancing harus memahami dengan benar mengenai perilaku targetnya, yaitu ikan. Umpan apa yang disuka? Kapan biasanya ikan berkumpul mencari makan di area target?

Bagi penggila pancing pasti tau bahwa waktu terbaik untuk memancing adalah saat tiba waktu bagi ikan untuk makan. Nah, pada umumnya Kita berpikir bahwa waktu yang tepat itu adalah saat fajar dan senja. Padahal, menurut beberapa orang, waktu yang paling tepat untuk mengetahui waktu makan bagi ikan adalah saat bulan terbit dan terbenam.

Hal itu karena bulan memiliki pengaruh pada berbagai faktor yang ada di sekitar kehidupan ikan di dalam air, terutama makanan ikan itu sendiri. Pada umumnya ikan memakan plankton, nah hidup plankton ini banyak dipengaruhi oleh siklus bulan (dan matahari), sehingga keberadaannya akan tergantung dari siklus bulan (dan matahari) yang terjadi.

Siklus matahari dan bulan merupakan hal utama yan banyak memberikan pengaruh bagi alam, termasuk kehidupan manusia, flora dan juga fauna, tak terkecuali ikan. Berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan antara waktu terbaik untuk memancing dengan siklus bulan (dan matahari):

  • Dengan mengetahui siklus bulan dan matahari yang terbit dan tenggelam, maka Kita bisa mengira kapan waktu yang tepat untuk memancing di alam terbuka. Biasanya, 45 menit sebelum dan sesudah bulan terbit dan tenggelam adalah waktu yang tepat untuk memancing, begitu juga dengan 45 menit sebelum dan sesudah matahari terbit dan tenggelam. Jika Kita bisa menyesuaikan jadwal mancing dengan 4 siklus alam itu (yaitu bulan terbit, bulan tenggelam, matahari terbit, dan matahari tenggelam), maka akan semakin besar peluang Kita untuk mendapat tangkapan ikan yang besar dan banyak.
  • Pada tahun 1926, John Alden Knight lewat risetnya meyimpulkan bahwa ada 3 faktor yang menentukan keberhasilan memancing ikan di Alam terbuka, yaitu matahari, bulan, dan pasang surut-pasang naik air laut.
  • Alden mengumpulkan data dari 200 kegiatan memancing dengan melihat hasil tangkapan ikannya. Hasilnya ternyata menunjukkan bahwa 90% dari total ikan yang ditangkap (dari 200 kegiatan memancing) berasal dari waktu memancing saat bulan berada pada fase bulan baru.
  • Menurut mereka yang hobi memancing, fase bulan memang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tangkapan ikannya. Pengaruh bulan akan semakin terasa pada ikan yang ukurannya semakin besar. Semakin besar ukuran ikan, semakin besar pula dia terpengaruh oleh bulan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pemancing agar bisa mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan.
  • Beberapa orang beranggapan bahwa waktu terbaik untuk memancing adalah 4 hari di sekitar bulan baru (new moon), yaitu 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah bulan baru, atau 2 hari terakhir di bulan Hijriah hingga 2 hari pertama pada bulan Hijiriah selanjutnya.
  • Sebagian pemancing lainnya, beranggapan bahwa waktu terbaik untuk memancing di alam terbuka adalah saat malam hari ketika bulan berada pada fase bulan purnama atau bulan penuh, atau tepatnya pada pertengahan bulan Hijriah. Karena pada saat itu, bulan bersinar terang, sehingga ikan keluar untuk mencari makan. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk memancing saat siang hari di waktu fase bulan mencapai purnama, karena ikan-ikan telah kenyang di malam harinya.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: