Informasi dan Tips – informasitips.com

Kenali Jenis Kulit Kamu dan Cara Perawatannya

informasitips.com – Banyak orang baru menyadari arti penting kecantikan kulit saat telah timbul masalah pada kulit mereka. Munculnya noda, keriput, jerawat atau bahkan kulit yang terlalu kering terkadang baru bisa menyadarkan orang untuk kemudian mencari jenis perawatan yang cocok. Sebenarnya menyadari pentingnya perawatan kulit setelah timbulnya masalah adalah wajar dan manusiawi, tetapi alangkah bijaknya memberikan perawatan kulit sedini mungkin mengingat kulit adalah bagian terluar paling penting bagi tubuh kita. Dari kulit, orang bisa menilai bagaimana kita menghargai kesehatan tubuh kita yang lainnya.

Untuk bisa memberi perawatan terbaik bagi kulit sangatlah diperlukan pengetahuan dasar tentang berbagai jenis kulit yang ada guna mengetahui perawatan apa yang cocok dari masing-masing jenis kulit. Penting halnya juga untuk tahu jenis kulit apa yang anda punya. Secara umum, kulit sebenarnya hanya dibagi menjadi tiga jenis yaitu; berminyak, normal, dan kering. Tetapi penelitian juga membuktikan adanya jenis kulit kombinasi yang merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak, juga kulit yang sangat peka yang sering disebut dengan kulit sensitif. Jadi, cari tahu jenis kulit anda lewat deskripsi beberapa jenis kulit berikut ini agar anda bisa memberikan perawatan yang tepat untuk kulit anda.

jenis kulit dan cara merawatnya

1. Kulit Berminyak
Kulit berminyak adalah jenis kulit yang membutuhkan perawatan lebih. Kulit jenis ini mengeluarkan minyak dalam jumlah yang banyak sehingga paling rentan terhadap masalah jerawat atau pun noda. Untuk mengetahui apakah jenis kulit anda termasuk yang berminyak, gunakan tisu untuk mengelapnya pada pagi hari ketika bangun tidur. Jika kulit anda termasuk yang berminyak, maka akan ada noda minyak pada tisu anda. Dan ini artinya anda harus lebih rajin membersihkannya karena minyak yang keluar akan menyebabkan kulit lebih cepat kotor. Mengkonsumsi buah mentimun atau menjadikannya sebagai masker juga sangat membantu mengurangi minyak yang ada.

2. Kulit Normal
Kulit ini tidak memerlukan banyak perawatan karena jarang mengalami masalah serius. Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri tidak berminyak tetapi juga tidak terlihat kering. Jika dipegang, jenis kulit ini akan terasa sangat halus dan lembut. Untuk perawatan jenis kulit normal bisa digunakan buah alpukat. Buah ini berfungsi mempertahankan kelembaban kulit.

3. Kulit Kering
Kulit kering disebabkan karena sangat sedikitnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada tubuh. Kulit kering juga membutuhkan perawatan khusus yaitu menggunakan pelembab sesering mungkin dan memperbanyak minum air putih. Wortel juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering karena wortel telah terbukti mampu meningkatkan kelembaban kulit. Ciri-ciri dari kulit kering ini adalah terlihatnya keluhan seperti sisik-sisik pada kulit. Kulit kering akan lebih mudah keriput, tetapi keuntungannya, kulit kering biasanya merupakan jenis kulit yang bebas dari masalah jerawat.

4. Kulit Sensitif
Jenis kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah sekali pecah. Penyebabnya bisa karena faktor lingkungan, seperti kotoran atau sinar matahari. Kulit ini biasanya tidak selalu bisa menerima bahan-bahan kimia yang terkandung pada produk-produk kosmetik pada umumnya. Karena mudahnya terkena iritasi, maka jenis kulit sesitif memerlukan perawatan ekstra bahkan terkadang harus sampai membutuhkan penanganan ahli kulit. Untuk anda pemilik jenis kulit sensitif ini harus benar-benar mengenali apa saja hal yang tidak disukai oleh kulit anda.

5. Kulit Kombinasi
Jenis kulit ini adalah gabungan dari beberapa jenis kulit yang telah dijelaskan sebelumnya. Banyak sekali orang yang memiliki kulit jenis ini. Karena perbedaan jenis kulit pada area-area yang berbeda, maka perawatannya pun harus dibedakan untuk masing-masing bagian.

Selain masing-masing jenis kulit dan sekilas perawatannya di atas, sebenarnya perawatan umum yang dilakukan sehari-hari sangat penting dilakukan guna mendapatkan kulit yang cantik dan bebas dari masalah. Perawatan umum sehari-hari yang dimaksud antara lain:

1. Mandi secara teratur minimal dua kali sehari untuk membersihkan kulit dari segala kotoran yang menempel. Dengan begitu akan mengurangi masalah yang sering muncul pada masing-masing jenis kulit. Lakukan rutinitas mandi ini bukan hanya sekedar sebagai kebiasaan, tetapi benar-benar harus memperhatikan kebersihan terutama untuk bagian-bagian yang sulit dibersihkan.

2. Pemakaian tabir surya ketika sedang beraktivitas di luar atau di bawah sengatan matahari langsung ternyata juga sangat penting. Sunblock akan melindungi kulit anda dari efek terbakar yang menyebabkan kulit menjadi hitam.

3. Pemakaian lotion atau pelembab ketika berada di ruang ber-AC juga perlu untuk menghindari kulit dari kekeringan karena udara dalam ruangan AC cenderung membawa dampak kering pada kulit.

4. Yang paling penting dari semuanya di atas adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang bagus untuk kulit serta banyak minum air putih. Makanan-makanan wajib bagi kulit adalah yang banyak mengandung vitamin C dan E. Vitamin-vitamin itu bisa di dapat dari sayuran seperti brokoli dan buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan juga jambu biji.

Semoga tips di atas bermanfaat ya untuk anda yang sedang bingung mencari perawatan untuk kulit. Selamat melakukan perawatan



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: