Informasi dan Tips – informasitips.com

Begini Caranya Agar Sayuran tetap Segar

informasitips.com – Jika Kamu peduli akan kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran maka Kamu harus tahu bagaimana caranya agar sayuran tetap segar sebelum diolah menjadi masakan. Menyimpan sayuran agar tetap segar adalah suatu keharusan karena kandungan vitamin dan mineral yang kaya di dalam sayuran bisa hilang jika kesegarannya tidak terjaga. Semakin segar sayuran, maka semakin baik untuk dikonsumsi, karena kesegaran sayuran berbanding lurus dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Tidak hanya soal nutrisi, semakin segar sayuran maka semakin enak rasanya saat dikonsumsi. Nah, ikuti 3 langkah berikut ini agar sayuran yang Kamu miliki tetap terjaga kesegarannya:

  • Kelompokkan sayuran berdasarkan karakteristiknya

    Tidak semua sayuran punya sifat yang sama, oleh karena itu tidak semua sayuran dapat diperlakukan dengan sama pula. Oleh karena itu, pengelompokkan sayuran berdasarkan karakteristiknya setelah Kamu membeli sayuran menjadi penting, terutama untuk proses penyimpanannya. Sebagai contoh Kita ambil sifat karakteristik kelembaban dari sayuran, setiap sayuran memiliki karakteristik kelembaban yang berbeda-beda. Contohnya bawang merah dan bawang putih yang sebaiknya disimpan pada ruang dengan kelembaban yang rendah. Berbeda dengan brokoli yang harus disimpan pada ruang dengan kelembaban tinggi. Jadi, kelompokanlah sayuran berdasarkan karakteristiknya setelah Kamu membeli sayuran tersebut.

  • Cara Agar Sayuran Tetap Segar

    sumber gambar: www.care2.com

  • Periksa Sayuran sebelum disimpan

    Langkah ini penting untuk menjaga agar sayuran yang disimpan senantiasa segar. Bayangkan jika ada jamur di salah satu sayuran yang disimpan, maka sangat mungkin jamur tersebut juga tumbuh di sayuran yang lain yang sebelumnya tidak ditumbuhi jamur. Kalau sudah begitu, maka waktu simpan sayur pun akan berkurang dan tidak segar lagi. Bukan hanya jamur, jika ada serangga pada sayuran yang disimpan maka kesegaran sayuran pun akan terpengaruh. Serangga bisa menggerogoti sayuran-sayuran yang disimpan. So, sangat penting untuk menyortir sayuran terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika memungkinkan untuk memotong bagian sayuran yang tidak baik, maka potonglah, namun jika jamur atau serangga sudah terdapat di seluruh bagian sayuran, maka dengan berat hati Kamu harus membuangnya sebelum menyimpannya.

  • Simpan sayuran dengan benar

    Untuk menyimpan sayuran agar tetap segar dan tahan lama, Kamu bisa membacanya di artikel yang telah Kami tulis, Tips Menyimpan Sayuran.

  • Lakukan Kontrol Kualitas secara berkala

    Maksudnya adalah secara berkala periksalah sayuran-sayuran yang Kamu simpan. Jika Kamu menemukan ada sayuran yang mulai membusuk, maka segera keluarkan dari tempat penyimpanan agar tidak menular ke sayuran lain yang masih segar.

Tidak sulit ‘kan untuk menjaga agar sayuran senantiasa segar? Biar bagaimanapun sayuran yang segar akan menjamin bahwa yang mengonsumsinya akan mendapatkan kandungan nutrisi yang maksimal. Tidak hanya itu, sayuran yang segar akan lebih terasa enak di lidah Kamu.

Semoga bermanfaat..



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *