Pengertian Enzim Tripsin

Enzim Tripsin


informasitips.com – Enzim tripsin merupakan jenis enzim protease, yaitu enzim yang berperan dalam mempercepat reaksi pemecahan protein menjadi asam-asam amino. Artinya, tripsin merupakan enzim yang berperan penting dalam proses pencernaan protein yang berasal dari makanan menjadi asam amino penyusunnya untuk kemudian dimanfaatkan oleh tubuh. Berdasarkan hal tersebut, maka enzim tripsin termasuk ke dalam enzim proteolitik, bersama dengan pepsin dan kimotripsin.

Tripsin Dihasilkan Oleh Pankreas

Saat seseorang mengonsumsi protein, maka untuk mencernanya berbagai macam enzim pemecah protein dihasilkan, salah satunya adalah enzim tripsin. Pankreas adalah organ yang berperan sentral dalam menghasilkan cairan yang mengandung berbagai macam proenzim dan enzim pencernaan.

Oleh pankreas, tripsin dikeluarkan dalam bentuk proenzim-nya yang disebut tripsinogen. Jadi, tripsinogen tersebut merupakan bentuk tidak aktif dari tripsin, tripsinogen tidak bisa memecah protein layaknya tripsin. Baru nanti setelah tripsinogen tiba di usus halus, tripsinogen akan diubah menjadi bentuk aktif-nya, yaitu tripsin, oleh enzim enteropeptidase yang disekresikan oleh sel-sel usus halus. Bentuk tripsin itulah yang secara aktif akan memecah protein menjadi asam-asam amion bersama 2 enzim protease lainnya, yaitu pepsin dan kimotripsin.

Loading...

Tripsin ternyata juga berperan dalam mengubah molekul tripsinogen yang lain menjadi tripsin, serta berperan dalam mengubah proenzim (bentuk tidak aktif) lainnya menjadi bentuk aktif dari enzim tersebut. Oleh karena itu, kehadiran tripsin sangat penting untuk menjalankan fungsi normal system pencernaan untuk mengubah protein dalam makanan menjadi asam-asam amino sehingga bisa diserap ke dalam pembuluh darah dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Perbedaan Enzim Tripsin dan Kimotripsin

Secara struktur, kedua enzim memiliki kemiripan, namun mekanisme kerja keduanya dalam memotong protein sangat berbeda. Perbedaan antara enzim tripsin dan kimotripsin terutama terletak pada dimana keduanya bekerja dalam memotong-motong protein. Enzim tripsin bekerja memotong protein pada ujung karbon dari asam amino lisin dan arginine, sementara kimotripsin bekerja memotong protein pada ujung karbon asam amino aromatik (contohnya: tirosin, fenilalanin dan triptofan). Untuk lebih jelasnya Kamu bisa lihat pada gambar berikut ini:

Perbedaan Tripsin dan Kimotripsin

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: