6 Kesalahan Perawatan Kulit yang Justru Bisa Merusak Kulit


informasitips.com – Kita kadang menganggap “ sesuatu yang lebih itu pasti lebih baik“. Kita mengira dengan memberikan lebih, maka hasil yang kita dapatkan pasti akan jauh lebih baik. Dalam hal perawatan kecantikan, banyak juga yang berpikir demikian. Tidak sedikit wanita yang mengira bahwa perawatan lebih itu pasti lebih baik. Misalnya, kita lebih sering melakukan scrubbing atau lebih sering mengoleskan produk kecantikan dalam jumlah yang berlebih dengan harapan lebih cepat memberikan hasil sesuai dengan yang kita inginkan. Padahal, bahan-bahan yang terkandung dalam produk-produk kecantikan itu merupakan bahan-bahan kimia yang bisa menimbulkan masalah atau dampak negatif bagi kulit bila digunakan secara berlebihan.

Sungguh sayang sekali bila perawatan kecantikan yang kita lakukan bukannya memberikan hasil yang baik dan memuaskan sebagaimana yang kita harapkan, namun malah menimbulkan efek-efek negatif yang justru tidak baik bagi kulit kita.

Agar perawatan kecantikan yang Anda lakukan tidak sampai menimbulkan dampak yang negatif bagi kulit Anda, hindari beberapa kesalahan berikut ini:

1. Berlebihan Dalam Membersihkan Wajah
Wanita sering merasa senang dan puas ketika melihat kapas pembersih yang digunakan untuk mengoleskan cleanser dan toner berwarna kecoklatan atau kehitaman. Ada anggapan bahwa warna kecoklatan atau kehitaman tersebut merupakan tanda kotoran pada kulit sudah terangkat.

Cleanser digunakan untuk membersihkan kulit. Sementara Toner atau penyegar digunakan untuk membantu menjadikan kulit lebih segar dan halus. Namun, bila dilakukan berlebihan, maka pemakaiam cleanser dan toner dapat menimbulkan efek samping, yaitu kulit menjadi lebih kering. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan berjerawat karena kelenjar-kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum atau minyak harus bekerja ekstra untuk mengimbangi kondisi permukaan kulit yang kering.

Untuk menghindari masalah ini, jangan terlalu berlebihan dalah membersihkan wajah terutama menggunakan clenaser dan toner. Lakukan pembersihan wajah saat kulit benar-benar memerlukannya. Misalnya, ketika selesai berolahraga, saat malam hari sebelum tidur, atau setelah beraktivitas di luar ruangan yang langsung bersentuhan dengan debu dan paparan sinar matahari. Gunakan pembersih wajah cleanser dan toner secukupnya saja. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Berlebihan Dalam Hal Scrubbing dan eksfoliasi
Saat melakukan scrubbing, banyak wanita yang melakukannya dengan cara menggosokannya terlalu keras ke kulit, dengan harapan dapat lebih mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Padahal, kebiasaan scrubbing seperti itu sangatlah tidak boleh dilakukan, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Tindakan yang berlebihan seperti itu justru akan menimbulkan goresan-goresan pada kulit wajah.

Loading...

Lalu, bagaimana cara melakukan scrubbing yang benar?

Gunakan jari-jari tangan saat melakukan scrub, lakukan dengan lembut dan hati-hati karena bila tidak hati-hati bisa menyebabkan pengelupasan dan pengikisan pada kulit, yang justru bisa merusak kulit.

Terlalu sering melakukan scrubbing dan eksfoliasi yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan wajah juga tidak baik, karena bisa membuat kulit menjadi kering, keriput, dan justru mengalami iritasi. Tak perlu dilakukan setiap hari, cukup lakukan 1 kali dalam seminggu.

3. Mengoleskan Obat Jerawat Berlebihan
Karena ingin jerawatnya cepat hilang, maka banyak juga orang yang mengoleskan obat jerawatnya secara berlebih atau melebihi dosis yang telah ditentukan. Hasilnya, jerawat malah semakin membesar dan merah.

Ada juga yang mengoleskan obat jerawat ke seluruh permukaan wajah. Padahal sebenarnya, tidak perlu. Oleskan saja pada bagian wajah yang berjerawat.

Bagaimanapun, obat jerawat termasuk obat yang cukup keras yang mengandung bahan kimia, yang bila digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh kita.

4. Terlalu cepat dan sering ganti produk perawatan

Karena tidak sabar dan ingin mendapatkan hasil yang instan, banyak orang yang sering sekali gonta ganti produk perawatan. Padahal seharusnya tidaklah demikian. Terlalu sering gonta ganti produk perawatan kulit, justru dapat merusak kulit.

Berikanlah kesempatan terhadap produk tersebut untuk bekerja pada kulit kita. Biasanya, suatu produk perawatan kulit baru dapat benar-benar memperlihatkan hasil dan perubahan pada kulit setelah dilakukan pemakaian selama 6-12 minggu.

Loading...

Hal ini tentu saja berbeda cerita bila Anda ternyata memakai produk perawatan kulit yang tidak cocok. Tak perlu menunggu hingga 6-12 minggu untuk segera mengganti produk perawatan kulit yang tidak cocok tersebut. Kenali seperti apa tanda bila Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Setelah itu, segera hentikan pemakaian, bila memang benar produk tersebut tidak cocok bagi kulit Anda.

Untuk mengetahui seperti apa tanda-tanda menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok, silakan membaca artikel:

Tanda-Tanda Anda Menggunakan Produk Perawatan Kulit Yang Salah (Tidak Cocok)

5. Memencet Jerawat
Saat menemukan adanya jerawat di kulit wajah biasanya kita akan langsung tergoda untuk memencetnya. Sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa dengan dipencet-pencet maka jerawat akan hilang.

Yang terjadi justru sebaliknya, kebiasaan memencet jerawat justru dapat membuat kondisi jerawat bertambah parah, timbul infeksi dan peradangan yang dapat menimbulkan luka bekas jerawat yang cukup besar nantinya. Selain itu, kebiasaan memencet jerawat justru dapat membuat bakteri semakin tersebar ke permukaan kulit wajah lainnya, sehingga menimbulkan jerawat dan masalah di tempat bagian kulit yang lain.

Daripada memencet-mencet, obati jerawat yang mengganggu dengan menggunakan obat kulit khusus untuk mengatasi jerawat, namun ingat, penggunaannya juga harus tepat dan sesuai anjuran ya..

Pada beberapa kasus, membiarkan saja jerawat tersebut tanpa sering dipencet-pencet atau dipegang justru lebih baik karena pada akhirnya jerawat tersebut dapat kempes dan hilang dengan sendirinya tanpa menimbulkan bekas luka yang parah.

Jika Anda memiliki jerawat yang membandel dan bingung bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut, ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini:

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat, Saatnya Merubah Mindset Kamu


6. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga merupakan kesalahan yang sering terjadi yang mengakibatkan timbulnya berbagai masalah pada kulit, seperti kulit menjadi tambah berminyak atau justru tambah kering dan pecah-pecah.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui apa jenis kulit Anda sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan suatu produk perawatan.

Bagaimana cara menentukan tipe dan jenis kulit? Cara menentukan jenis kulit kita termasuk jenis kulit kering, berminyak, ataukah kombinasi adalah dengan sedikit tips berikut ini:

Basuh kulit wajah Anda, biarkan kering diamkan 20 menit, lalu lakukan tes sederhana berikut, tempelkan tisu pada daerah T Zone Anda (area kening, hidung, dan dagu), dan pada beberapa area lain pada wajah Anda. Bila tisu menempel pada kulit wajah Anda, maka kulit Anda termasuk kulit berminyak. Bila tisu tidak menempel pada kulit wajah, berarti kulit Anda termasuk kulit kering. Sementara bila tisu hanya menempel pada area T zone, berarti kulit Anda termasuk kulit kombinasi.

—-

Beberapa kesalahan perawatan kulit di atas tentunya harus dihindari agar perawatan kulit yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: