Informasi dan Tips – informasitips.com

Perawatan Alami Kulit Wajah Agar Bersih, Halus, dan Sehat

informasitips.com – Sudah menjadi keinginan kaum wanita untuk memiliki kulit yang cantik dan sehat. Yaitu, kondisi kulit yang halus, mulus, bersih tanpa noda hitam (flek hitam), tanpa noda (luka) bekas jerawat, tidak kering, tidak kusam, terlihat putih dan cerah. Tetapi, untuk mendapatkan kondisi kulit yang seperti itu tentu butuh aneka perawatan, mulai dari perawatan kulit di salon yang cukup mahal, perawatan dengan aneka produk krim wajah, sampai perawatan dengan bahan-bahan alami.

Perawatan di salon mungkin memang bisa menghasilkan kulit yang bersih, halus, dan sehat. Namun, belum tentu semua orang bisa melakukannya. Masalah utama yang sering menjadi kendala adalah soal biaya perawatan yang cukup mahal. Untuk perawatan di salon biasanya tak cukup dilakukan hanya 1 atau 2 kali. Bisa sampai berkali-kali, dan ini tentu akan membuat biayanya semakin mahal, kan?

Sementara itu, untuk perawatan kulit dengan menggunakan aneka produk krim wajah, meski terkadang memang mampu memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan, namun belum tentu aman digunakan ke kulit kita. Terutama, produk krim wajah yang menjanjikan bisa memberikan hasil luar biasa dalam waktu singkat. Sebagian besar produk-produk seperti itu biasanya mengandung bahan berbahaya yang bisa merusak kulit lho.

(Baca juga: Waspadai Bahan dan Zat Kimia Berbahaya Dalam Produk Pemutih Kulit)

Lalu, bagaimana cara yang sebaiknya kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang bersih, halus, dan sehat? Tenang ladies, ada kok cara yang bisa kita lakukan, yaitu melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara alami tersebut selain tidak terlalu menguras kantong kita, juga tergolong lebih aman untuk digunakan pada kulit wajah. Mungkin, memang tidak terlalu praktis dan biasanya juga butuh waktu yang agak lama untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Namun, risiko bahayanya jauh lebih rendah, sehingga aman untuk digunakan secara rutin pada kulit wajah.

Nah, ladies, jika kamu mau mencoba melakukan perawatan wajah secara alami, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Merawat kulit wajah dengan Cuka Apel
    Cuka apel terbuat dari sari apel yang telah melalui proses fermentasi. Selama proses fermentasi tersebut, terbentuklah enzim dan senyawa lainnya yang mampu bekerja secara sinergi untuk memberikan efek terapeutik (penyembuhan).

    manfaat-cuka-apel-untuk-kulit

    Cuka apel mampu membuka dan mengecilkan pori-pori kulit, menyamarkan noda hitam, menghilangkan komedo, dan mengatasi masalah jerawat. Cuka apel banyak mengandung zat aktif, yaitu asam malat yang bersifat sebagai antibakteri dan antikuman sehingga bisa melawan bakteri penyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. Cuka apel juga memiliki sifat antiperadangan, sehingga bisa mencegah infeksi kulit dan mempercepat penyembuhkan luka-luka atau noda bekas jerawat, kemerahan, dan lain sebagainya pada kulit.

    Kandungan vitamin dalam cuka apel juga cukup banyak, yaitu Vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E. Selain itu, cuka apel juga banyak mengandung mineral, enzim, asam amino, antioksidan, dan beberapa senyawa lainnya yang bisa membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.
    Masih ada lagi nih Ladies manfaat cuka apel, yaitu mampu melembutkan kulit, membuang sel-sel kulit yang mati, menjaga keseimbangan PH alami kulit, dan mencegah kulit agar tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak dengan cara menjaga produksi sebum (minyak alami kulit).

    Cara menggunakan cuka apel untuk merawat kulit wajah adalah:
    Campurkan sari cuka apel dengan air putih yang bersih dengan perbandingan 1:1 (untuk kulit sensitif dapat menggunakan cuka apel dan air dengan rasio perbandingan 1:3).

    Gunakan cuka apel sebagai facial tonik pada wajah, usapkan merata pada seluruh permukaan wajah, dan kemudian diamkan sebentar sekitar 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan dengan cuka apel tersebut sebanyak dua kali sehari. Hasilnya, kulit akan terlihat bersih, mulus, cerah, dan lebih sehat.
    Cuka apel dapat juga dimanfaatkan sebagai perawatan kulit dari dalam dengan cara diminum langsung. Caranya adalah, larutkan 2 sendok makan cuka apel dalam segelas air putih, dapat juga menambahkan 1 sendok teh madu, lalu minum sekali sehari.

    Peringatan:
    Untuk menggunakan cuka apel, sebaiknya selalu larutkan (campurkan) dengan air putih. Melarutkan cuka apel dengan air sangat penting karena cuka apel mengandung asam asetat yang bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa perih. Hindari penggunaan langsung cuka apel (tanpa pelarutan) pada daerah kulit yang luka dan daerah yang terlalu dekat dengan mata.

  2. Merawat kulit wajah dengan madu
    Madu memiliki banyak manfaat dan khasiat, salah satunya mampu membantu merawat kecantikan kulit wajah. Madu mengandung antibakteri sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi jerawt.

    Cara-alami-merawat-kulit-agar-bersih-halus-sehat-cerah

    Madu juga mengandung senyawa yang bisa melembutkan dan melembabkan kulit. Karena karakteristiknya tersebut, madu sangat baik untuk digunakan sebagai masker alami wajah, terutama untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Selain itu, madu juga mampu membersihkan dan mencerahkan kulit, serta menyamarkan belang pada kulit (bagian kulit yang lebih gelap dan berwarna kehitaman)

    Cara menggunakan madu untuk merawat kulit:
    Campurkan 1 sendok makan madu dengan 1-2 sendok makan air jeruk lemon. Selanjutnya, gunakan campuran tersebut pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas bersih.

  3. Merawat kulit wajah dengan menggunakan minyak zaitun
    Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang luar biasa. Salah satunya adalah membantu merawat kecantikan kulit. Dalam hal ini, minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah kulit kering, iritasi, dan membantu mencerahkan kulit wajah.

    minyak-zaitun-untuk-merawat-kulit-wajah

    (Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun (Lengkap) Sungguh Luar Biasa)

    Minyak zaitun mengandung 3 antioksidan utama, yaitu Vitamin E, polifenol, dan fitosterol yang dapat membantu melindungi kulit dari gejala-gejala penuaan, seperti bintik-bintik hitam (flek hitam). Vitamin E dalam minyak zaitun juga berguna untuk menjaga kelembutan alami kulit (elastisitas kulit) dan melindungi kulit dari paparan buruk radiasi matahari. Sifat dan karakteristik dari minyak zaitun yang mampu menyerap masuk ke dalam lapisan kulit mampu meregenari sel-sel kulit, memberikan efek mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah.

    Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk merawat kulit adalah:
    Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan sekitar 20 tetes air jeruk lemon, aduk rat, kemudian oleskan pada wajah. Setelah setengah jam, bilas dengan air bersih, dan keringkan. Pemakaian yang rutin dan teratur dapat membantu menghaluskan kulit, melembabkan kulit, membuat kulit terlihat bersih dan lebih cerah.

    Untuk memanfaatkan minyak zaitun sebagai media untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan garam. Usapkan pada kulit wajah terutama bagian kulit yang kering dan, kemudian gosok-gosok sedikit. Campuran kedua bahan tersebut (minyak zaitun dan garam) akan membantu melepaskan sel-sel kulit yang kering dan mati.

  4. Merawat kulit wajah dengan spirulina
    Spirulina juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit. Spirulina atau cyanobacter merupakan mikroalga hijau biru yang tinggi akan kandungan protein, vitamin B kompleks, vitamin A, C, E, K, Zinc, zat besi, mangan, fosfor, kalium, selenium, kalsium, beta karoten, dan lain-lain yang berkhasiat untuk mengobati jerawat, membersihkan, menghaluskan, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Spirulina juga dikenal ampuh untuk menangkal radikal bebas dan menghilangkan racun dari kulit, meningkatkan metabolisme kulit, menyembuhkan peradangan, dan membantu mencegah timbulnya bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan jerawat.

    manfaat-spirulina-untuk-merawat-kulit-wajah

    Cara memanfaatkan spirulina untuk merawat kulit wajah:

    Spirulina banyak dijual dalam bentuk bubuk (serbuk), dengan warna biru kehijauan. Cara menggunakannya sebagai masker alami wajah adalah: campurkan 1 sdt spirulina dengan sedikit air, lalu oleskan ke permukaan kulit wajah. Dapat digunakan langsung pada daerah yang berjerawat, dan dapat juga diminum/dimakan (dikonsumsi) untuk membantu perawatan kulit dari dalam. Bila ingin mengonsumsinya, dapat dicampurkan ke dalam minuman, atau spirulina yang dikemas dalam bentuk kapsul dapat langsung diminum layaknya suplemen.

    Untuk penggunaan sebagai masker wajah, selain mencampurkan dengan air, dapat juga menambahkan campuran pisang dan jeruk lemon. Cara membuatnya adalah, 1/2 sdt bubuk spirulina dicampur dengan 1 buah pisang ambon matang, kemudian tambahkan 1 sdt air jeruk lemon. Aduk-aduk sampai rata, setelah itu oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah. Pisang membantu melembabkan kulit, sementara lemon juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas bersih. Lakukan perawatan kulit wajah dengan spirulina secara rutin, perlahan-lahan kulit wajah akan terlihat semakin bersih, halus, dan sehat.

    Peringatan:
    Selalu perhatikan bagaimana reaksi bahan ketika digunakan sebagai masker untuk wajah. Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi setelah menggunakan spirulina. Jika kamu mendapati reaksi-reaksi alergi pada kulit, seperti muncul bintik-bintik merah, gatal, dan lain sebagainya, segera hentikan penggunaannya.

Tips Perawatan Alami Kulit:
Ladies, selain menggunakan beberapa bahan alami seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan lupakan juga untuk selalu melakukan perawatan wajah sehari-hari, seperti:

  • Mencuci dan membersihkan wajah dengan rutin dan teratur.
    Membersihkan wajah sangatlah penting untuk menjaga kelembaban alami kulit dan menyingkirkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada wajah, seperti sisa kotoran dari polutan, make up, aneka produk perawatan kulit.

    Saat mencuci wajah, sebaiknya hindari penggunaan air hangat ya Ladies, karena bisa menghilangkan kelembaban alami kulit sehingga kulit terlihat kering dan keriput. Jangan gunakan juga sabun yang keras, seperti sabun untuk badan untuk membersihkan wajah. Sebaiknya, gunakan saja sabun khusus pembersih wajah yang memang lebih lembut dan cocok untuk kulit wajah.

  • Menggunakan pelembab dan tabir surya yang mengandung SPF.
    Jangan lupakan juga untuk selalu menggunakan pelembab wajah dan tabir surya yang mengandung SPF (Sun Protecting Factor) untuk melindungi wajah dari paparan buruk sinar matahari (ultraviolet). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peranan SPF bagi kulit wajah, silakan membaca artikel: Sun Protecting Factor (SPF) Pada Tabir Surya (Sunscreen) Untuk Melindungi Kulit

  • Banyak minum air putih.
    Air putih sangat penting untuk menjaga kelembaban alami kulit dan membuang racun-racun keluar dari tubuh. Hindari/kurangi junk food atau makanan yang tidak sehat karena juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan kulit. Terapkanlah gaya hidup yang sehat, seperti konsumsi air putih dan makanan-makanan yang sehat lainnya. Upayakan juga untuk menghindari stress dan menjaga kecukupan tidur (waktu istirahat) mu, ya..

Nah, Ladies, itulah beberapa perawatan alami yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang bersih, halus, dan sehat. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *