Apa Itu Kolagen?

Apa itu Kolagen


informasitips.com – Kolagen berasal dari kata “kolla” (Yunani) yang berarti lem dan “gene” (Perancis) yang berarti sesuatu yang memroduksi. Dengan kata lain, Kolagen berarti protein yang memroduksi lem atau protein perekat.

Kolagen adalah jenis protein yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, seperti di otot, tulang, kulit, tendon ataupun di pembuluh darah. Kolagen merupakan protein yang ada pada ruang ekstraselular pada berbagai jaringan penghubung tubuh manusia ataupun tubuh hewan. Kolagen lah yang menyokong sel-sel pada setiap jaringan yang ada pada tubuh Anda. Hampir sepertiga protein yang ada di dalam tubuh tersusun atas kolagen. Asam-asam amino yang utamanya menyusun kolagen adalah glisin, prolin dan hidroksiprolin, ada juga asam-asam amino minor penyusun kollagen, yaitu arginin, asam glutamat, alanin dan lisin.

Peran Kolagen di Dalam Tubuh

Kolagen adalah substansi yang memberikan kelenturan dan kekuatan pada kulit Kamu, sehingga kulit tampak kencang sekaligus elastis. Kolagen mengisi lapisan dermis kulit (lapisan tengah) membentuk jaringan fibrous yang disebut fibroblast dimana sel-sel kulit yang baru akan tumbuh dan akan menggantikan sel-sel lama yang telah mati. 70% dari kolagen yang ada di dalam tubuh berada pada jaringan kulit, sehingga kehadiran kolagen sangat penting bagi keberlangsungan fungsi kulit. Penurunan produksi kolagen akan langsung terlihat pada kulit, seperti tingkat kekenyalan kulit berkurang ataupun munculnya keriput.

Loading...

Kalau pada sendi dan tendon, kolagen adalah perekat yang menyatukan tulang-belulang penyusun tubuh sekaligus bertindak dalam menyediakan kelenturan saat tubuh bergerak. Kolagen juga berperan sebagai lapisan pelindung bagi organ yang lebih rentan, seperti ginjal.

Secara alami, tubuh memroduksi kolagen, namun seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen semakin melambat. Hal itu ditandai dengan munculnya keriput pada kulit, sakit-sakit pada persendian (encok) dan tanda-tanda penuaan lainnya yang berhubungan dengan otot, tulang, kulit maupun persendian serta jaringan lainnya. Pada wanita yang memasuki masa menopause, penurunan produksi kolagen akan terjadi secara dramatis. Secara umum, penurunan produksi kolagen yang terjadi di usia 60 tahun adalah sesuatu yang normal.

Hingga saat ini, 28 tipe kolagen yang ada di dalam tubuh telah diketahui, 90 persen di antaranya termasuk ke dalam golongan kolagen tipe 1. Setiap tipe kolagen memiliki struktur dan fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Kolagen tipe 1 memiliki struktur yang lebih kuat bila dibandingkan dengan baja.

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Kolagen sangat diperlukan bagi tubuh untuk menjaga agar kulit senantiasa sehat, kuku tetap kuat, mencegah rambut rontok, menstimulasi pertumbuhan otot dan proses regenerasinya, menguatkan tulang, mendukung persendian, perbaikan jaringan tubuh, membuat mata tetap sehat, mendukung kesehatan pencernaan, kesehatan jantung dan juga otak.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: