Fungsi Enzim Katalase Dalam Tubuh Manusia


informasitips.comEnzim katalase di dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting. Enzim katalase berfungsi mengkatalisis reaksi perubahan hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Lebih tepatnya, perubahan 2 molekul hidrogen peroksida dikatalisis oleh enzim Katalase menjadi 2 molekul air dan 1 molekul oksigen.

Reaksi Kimia antara enzim katalase dengan H2O2 adalah sebagai berikut:

Reaksi Kimia Katalase Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida atau H2O2 yang ada di dalam tubuh manusia merupakan produk antara yang dihasilkan dari proses metabolisme yang terjadi di dalam sel. Hidrogen peroksida juga dihasilkan oleh sistem imun dengan tujuan untuk memerangi terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun oleh mikroorganisme lain. Tidak heran jika H2O2 kerap digunakan sebagai disinfektan untuk membersihkan luka guna mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.

Untuk keperluan mengatasi infeksi tersebut, tubuh menghasilkan H2O2 dalam jumlah yang cukup banyak. Di sisi lain, tubuh juga memiliki mekanisme tersendiri untuk mengurai H2O2 apabila ada dalam jumlah yang tinggi, karena jumlah H2O2 yang terlalu banyak di dalam tubuh malah akan berdampak negatif bagi tubuh. Di situlah peran enzim katalase akan dirasakan, yaitu mengurai H2O2 menjadi air dan oksigen sekaligus menyeimbangkan kadarnya di dalam tubuh sehingga tidak bersifat toksik bagi tubuh manusia.

Loading...

Dalam mengurai hidrogen peroksida, kerja enzim katalase sangat efektif dan efisien, yaitu 1 unit enzim katalase dapat mengurai 40 juta molekul H2O2 menjadi air dan oksigen dalam waktu 1 detik.

Peran Enzim Katalase Lainnya di Dalam Tubuh

Menjaga agar tubuh awet muda dan terhindar dari efek degeneratif. Katalase tengah diteliti sebagai senyawa yang dapat memperpanjang masa hidup seseorang serta sebagai penambah vitalitas. Percobaan pada tikus menunjukkan bahwa katalase dapat meningkatkan masa hidup tikus sebesar 20%. Untuk skala umur manusia, hal itu hampir setara dengan peningkatan masa hidup sebanyak 25 tahun. Dalam penelitian yang berbeda diketahui bahwa enzim katalase dapat mencegah seseorang untuk terhindar dari berbagai penyakit degeneratif.

Mengurangi Kadar Lemak Tubuh. Sebuah penelitian dari Jepang menyatakan bahwa ada hubungan antara enzim katalase dengan terjadinya penurunan jumlah lemak di dalam organ tubuh tikus. Tidak hanya itu, penelitian yang sama juga mendapatkan hubungan antara katalase dengan peningkatan kekuatan otot tubuh.

Mencegah terjadinya Kerusakan DNA. Katalase merupakan enzim antioksidan yang berperan dalam mengurangi terjadinya kerusakan pada DNA dan protein. Hal itu terungkap dalam suatu studi yang dilakukan oleh Institute of Cytology and Genetics di tahun 2006. Studi yang sama juga menemukan bahwa suplemen makanan yang dapat meningkatkan aktivitas enzim katalase yang ada di liver (hati) mampu untuk mengurangi terjadinya disfungsi mitokondria dan dapat memperlambat terjadinya proses penuaan, salah satunya adalah mencegah munculnya rambut putih.

Suplemen makanan yang berupa enzim katalase sudah ada yang dijual dan diperoleh dari mikroorganisme Aspergillus niger.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: