Bagaimana Rambut Bisa Menjadi Putih?


informasitips.com – Kalimat seseorang yang sering berkata, “Wah, sudah tumbuh rambut putih…“, sebenarnya tidaklah tepat, karena rambut putih yang terlihat di kepala bukan karena dia tumbuh, tetapi karena produksi pigmen warna hitamnya terganggu. Apa yang menyebabkan produksi pigmen hitam (melanin) pada rambut bisa terganggu? Mari cari tahu jawabnya pada tulisan Kami di bawah ini, karena hal itulah penyebab utama seseorang bisa mengalami ubanan, sehingga banyak yang menganggapnya bahwa yang bersangkutan lebih cepat tua.

Penyebab Munculnya Rambut Putih

Defisiensi Enzim Katalase

Rambut putih yang tetiba muncul di antara rambut hitam merupakan pertanda bahwa boleh jadi di dalam tubuh mengalami defisiensi enzim katalase. Enzim katalase adalah enzim yang berperan dalam melawan efek negatif dari radikal bebas pada tubuh.

Salah satu radikal bebas yang rutin diproduksi oleh tubuh adalah Hidrogen Peroksida. Pada rambut, normalnya, hidrogen peroksida ada dalam jumlah sedikit yang kadarnya dikontrol oleh enzim katalase. Defisiensi enzim katalase akan menyebabkan penumpukan hidrogen peroksida di dalam tubuh, termasuk di rambut.

Hidrogen peroksida sendiri dapat mengganggu proses produksi melanin yang terjadi di dalam melanosit (folikel rambut). Penurunan produksi melanin pada folikel rambut akan membuat rambut tidak lagi berwarna hitam, melainkan putih.

Umumnya, defisiensi enzim katalase dikaitkan dengan penuaan yang terjadi. Namun, tidak jarang juga Kita menjumpai orang-orang yang rambutnya sudah menjadi putih, padahal usianya masih terbilang muda.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya gangguan pada tiroid, stress ataupun defisiensi vitamin B12. Para ahli belum mengetahui dengan pasti penyebab mengapa seseorang yang masih muda bisa sampai berambut putih.

Loading...

Kelainan Kelenjar Tiroid (Hipotiroidism)

Kelainan tiroid diduga merupakan penyebab utama seseorang bisa sampai berambut putih di usia muda. Pada kondisi kelenjar tiroid yang disebut hipotiroidisme, kadar Hidrogen Peroksida di dalam tubuh meningkat akibat produksinya berlebih.

Dalam keadaan normal, Hidrogen Peroksida dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk membangun sistem imun tubuh. Namun, saat terjadi kelainan pada tiroid (hipotiroidisme), Hidrogen Peroksida tidak seluruhnya dimetabolisme, sehingga kadarnya dalam tubuh meningkat. Peningkatan tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya produksi pigmen hitam rambut (melanin), sehingga muncul lah rambut putih, meski usia seseorang masih di kasaran 20.

Apakah kelainan tiroid yang menyebabkan rambut menjadi putih hanya terjadi pada usia muda saja? Tentu tidak, kalau pada usia muda, rambut putih bisa menjadi pertanda bahwa pada yang bersangkutan bisa jadi terdapat kelainan pada kelenjar tiroid (hipotiroidisme), meski masih berusia muda. Kalau pada usia senja, rambut putih itu juga merupakan pertanda bahwa ada penurunan fungsi pada kelenjar tiroid pada orang tersebut.

Jika memang kelenjar tiroid masalahnya, maka langkah yang paling tepat adalah mengatasi kelainan pada kelenjar tiroid. Untuk lebih memastikan kebenarannya, uji laboratorium bisa dilakukan untuk memeriksa parameter-parameter kesehatan kelenjar tiroid, seperti TSH, T3 dan juga T4.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>