Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Aman dan Alami Mengatasi Rambut Rontok

informasitips.com – Rambut rontok memang menjengkelkan. Bayangkan, kita sudah susah-susah memanjangkan rambut, tiba-tiba tanpa kita sadari rambut kita mulai menipis gara-gara setiap hari banyak yang jatuh, entah itu karena sisir atau pun cuma sedikit tarikan tangan. Pastinya sangat membuat frustasi, kan?

Walaupun kebanyakan kerontokan rambut ini dialami oleh usia tua, anak-anak muda yang masih produktif pun bisa mengalaminya. Jika dibiarkan lama-kelamaan kerontokan yang tidak segera diatasai akan mengakibatkan kebotakan. Akan sangat sulit diatasi kalau kebotakan sudah sampai pada tingkat yang permanen. Oleh karena itu, sebelum kebotakan menghampiri kita, ada baiknya kita melakukan hal-hal untuk mencegahnya.

cara aman dan alami mengatasi kerontokan rambut

Kerontokan rambut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor hormonal, stres, gizi tidak seimbang, merokok, sampai berbagai macam penyakit sampai faktor keturunan. Lupus, diabetes, infeksi jamur pada kulit kepala, ataupun seringnya rambut di ikat juga bisa menjadi akar timbulnya masalah kerontokan rambut ini. Untuk yang terakhir disebutkan tadi adalah yang paling mudah diatasi. Sering-seringlah untuk menggeraikan rambut anda. Biarkan rambut dalam kondisi nyamannya bergerak bebas kesana kemari ditiup angin karena mengikat rambut terlalu kuat akan membuat rambut mudah putus.

Penyebab lainnya dari kerontokan rambut adalah efek dari obat-obatan. Di saat seseorang sedang menjalani program KB dengan Pil, kemoterapi, atau mengonsumsi vitamin A yang berlebih, hal ini bisa memicu timbulnya kerontokan rambut. Kondisi pada pasien yang menjalani operasi besar juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

Bagi anda yang menyukai cara alami dalam mengatasi kerontokan rambut, resep di bawah mungkin bisa anda jadikan alternatif pilihan dalam memberantas momok kerontokan rambut anda. Berikut cara mengatasi rambut rontok yang bisa anda coba:

  1. Ambillah air secukupnya dan buah asam jawa. Campurlah keduanya kemudian jadikan sebagai tonik pada kulit kepala anda. Urut kulit kepala beberapa menit, kemudian bilaslah kepala anda dengan air bersih. Jika hal ini dilakukan dengan rutin, maka anda akan mendapatkan hasil di luar perkiraan anda.
  2. Anda juga bisa mengatasi kerontokan rambut dengan ginseng,cuka apel, jahe, atau juga teh hijau. Yang disebutkan terakhir ini mungkin jauh dari bayangan anda. Bahwa teh hijau merupakan hal yang juga berguna untuk kesehatan rambut memang belum banyak yang tahu. Tetapi kenyataanya di Jepang, banyak penelitian yang sudah membuktikan khasiat teh hijau ini yang diyakini selain sebagai antioksidan, juga mampu untuk meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh yang berfungsi untuk menghambat aktivitas hormon yang memicu kerontokan rambut.
  3. Banyak juga orang yang mempercayai lidah buaya sebagai satu-satunya cara aman dan alami dalam mengatasi kerontokan rambut. Cara ini memang sudah dilakukan lama sekali oleh pendahulu-pendahulu kita. Mencampurkan minyak aromaterapi dengan lidah buaya ini kemudian memijatkannya ke seluruh bagian kepala memiliki fungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.
  4. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bermanfaat untuk rambut sebenarnya adalah hal yang paling penting dari kesemuanya untuk mencegah kerontokan dan membuat rambut senantiasa sehat. Pada dasarnya semua makanan yang baik untuk kesehatan baik juga untuk rambut. Tetapi secara lebih khusus makanan yang baik untuk rambut itu adalah yang mengandung protein yang tinggi. Makanan-makanan lain yang berguna untuk kesehatan tubuh ini juga bisa di dapat dalam zat yang mengandung vitamin B12, zat besi, biotin, zinc, asam lemak omega 3, dan biotin.

    Kandungan zinc, zat besi dan asam lemak omega 3 yang merupakan nutrisi paling baik bagi rambut ini bisa kita peroleh dari makanan yang sederhana dengan bahan dasar gandum. Omega 3 lainnya juga bisa berasal dari Kenari. Sementara untuk kandungan vitamin B12 yang terbanyak ada dalam lemak ikan, telur dan juga daging-dagingan. Anda juga akan memperoleh nutrisi zat besi dalam minyak ikan. Protein yang paling bagus bisa kita peroleh dari amis-amisan berupa udang dan tiram, bisa juga dengan susu yang rendah lemak. Untuk biotin sendiri sebenarnya tidak hanya berguna bagi rambut, tetapi juga berkhasiat pada pertumbuhan kuku. Suplemen-suplemen yang mengandung biotin sudah banyak sekali dijual di apotik maupun toko-toko obat. Tetapi bagi anda yang menyukai biotin secara alami, anda bisa mendapatkannya dari makanan-makanan seperti kuning telur atau pun hati ayam.

Mencoba memahami dan menerapkan cara-cara di atas rasanya lebih baik daripada harus mengkonsumsi banyak bahan-bahan kimia untuk mengatasi rambut rontok. Yang perlu anda ketahui adalah jika anda mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia dengan dosis tinggi, efeknya justru malah akan merusak rambut, dan membuat kerontokan jadi lebih parah. Maka, berhati-hatilah dalam memilih produk kerontokan rambut. Cara perawatan alami tentunya tidak hanya sehat untuk anda tetapi juga “sehat” untuk kantong anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: