Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mudah Memulai Bisnis dan Usaha

informasitips.com – Sebagian besar orang merasa ragu dan takut untuk memulai suatu bisnis karena beranggapan bahwa bisnis itu memerlukan modal yang besar, ruang yang luas, dan harus menyediakan lokasi khusus untuk tempat usaha. Padahal bisnis bisa dilakukan dari mana saja, bahkan bisa dilakukan sambil tetap bekerja sebagai karyawan atau mengurus anak dan keluarga.

Membuat bisnis itu artinya kita harus benar-benar siap terjun bebas. Siap gagal, dan ketika bisnis itu gagal telan semua pahitnya kemudian mulai lagi. Keuntungan membuat bisnis antara lain memperkaya pengalaman, membuat lebih kreatif, ulet, tahan banting, dan bertanggung jawab. Selain itu, kita juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi orang lain dan memperoleh tambahan penghasilan yang bisa saja jauh lebih besar daripada gaji ketika kita bekerja sebagai karyawan. Lalu bagaimana langkah awal untuk mewujudkan bisnis?

Beberapa langkah berikut bisa Anda jadikan referensi untuk memulai suatu bisnis:

  1. Lakukan hal yang dicintai
    Keberhasilan tergantung dari seberapa besar Anda mencurahkan hati terhadap bisnis tersebut. Hasrat yang besar karena Anda mencintai apa yang Anda lakukan akan menjadikan Anda seorang yang ahli dan gigih. Bila Anda memulai bisnis Anda dengan rasa cinta, maka setidaknya Anda sudah punya modal kuat untuk bisa menjadikan bisnis Anda menjadi bisnis yang sukses.
  2. Dari kehidupan sehari-hari

    Bisnis Makanan

    Banyak pengusaha mendulang keuntungan dengan menjual hal-hal yang sepele yang kita temukan sehari-hari. Hal-hal yang sebenarnya penting namun orang malas untuk melakukannya. Buatlah bisnis dimana pelanggan/pembeli malas atau tidak punya waktu untuk melakukannya. Misalnya, bisnis menyewakan tanaman untuk pertemuan atau acara-acara kawinan, bisnis menyewakan peralatan kamping dan berkemah, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa memulai dengan bisnis kecil yang mampu menutupo kebutuhan dasar para konsumen, misalnya bisnis pesan antar makanan sehari-hari di lingkungan rumah Anda. Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi jika Anda belum memiliki banyak saingan.

  3. Hobi
    Jadikan hobi sebagai suatu bisnis. Akan semakin menyenangkan jika kita tidak hanya sekedar melakukan hobi, tetapi juga bisa menuai keuntungan dari hobi yang kita lakukan tersebut.
  4. Ahli dalam suatu bidang
    Jika pintar dalam suatu bidang tertentu, misalnya ahli dalam berbahasa Inggris atau merangkai bunga, Anda dapat membagi ilmu tersebut sekaligus memperoleh keuntungan dari sana. Anda bisa membuka tempat kursus atau sebagainya meski hanya di rumah Anda.
  5. Membeli hak jual
    Anda dapat membeli hak jual produk dari suatu perusahaan, apabila Anda tidak tahu apa yang harus dijual. Produk itu bisa berupa makanan atau barang. Pemberi hak jual biasanya memberikan keleluasaan untuk mengatur jumlah modal Anda sendiri.
  6. Segera mulai
    Jangan menunggu waktu lama untuk berbisnis. Menunda-nunda bisa membuat semuanya urung terealisasi akibat faktor mood. Segera bergerak ketika Anda sudah tahu akan menjual suatu produk dan beri nama yang khas agar konsumen mudah mengingatnya.
  7. Tes market
    Anda dapat melakukan tes market dengan cara mengamati perubahan gaya hidup, daya beli konsumen, dan selera konsumen. Siapa tahu Anda justru bisa menjadi pencipta trend. Ketika pasar sudah menerima produk kita, pertahankan kualitasnya. Hasil yang akan dipasarkan pertama kali menjadi poin penting yang akan dinilai oleh pasar. Selanjutnya, tetap pertahankan dan tingkatkan kualitas produk Anda di kemudian hari. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi mencari-cari konsumen karena konsumenlah yang akan mencari-cari Anda.

Anda tidak akan pernah tahu jika Anda tidak pernah mencoba. Jadi, jangan takut untuk memulai dan mencoba. Saya yakin jika Anda memiliki keteguhan dalam menjalankan usaha, maka Anda akan mendapatkan hasil yang setimpal dengan apa yang telah Anda upayakan. Jangan terhambat karena alasan modal. Cari tahu lebih banyak cara mengatasinya atau cari tahu jenis usaha apa yang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Bisnis tanpa modal atau bisnis bermodal kecil sebenarnya juga bisa dijalankan dan tetap berpeluang mendulang kesuksesan. Semangat dan jangan menyerah! 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

9 thoughts on “Cara Mudah Memulai Bisnis dan Usaha

  1. restu

    assalamualaikum…perkenalkan nama saya restu,,,saat in saya ingin sekali membuka usaha perlengkapan tuk ukhti muslimah,tp saya binggung,bagaimana cara awal membuka usaha tersebut?dan apakah bgus jk saya bkerjasama dgan produk busana yg sudah mempunyai nama?enaknya tempat membuka usaha it menyewa counter2 di dalam mol?mohon solusix.thanks,ma’asalama.

  2. delis

    satu orang indonesia yg berbagi ilmu kepada rakyat yg tidk mengenyam pendidikan,anda ikut mencerdaskan bangsa dan anda tidk sia sia ilmunya amin

  3. tanti

    Assalamualaikum, saya seorang karyawati, tapi saya ingin sekali memulai bisnis dengan menjual makanan “soto ayam buatan saya sendiri yang kata teman2 saya rasanya enak. saya belum memiliki modal yang cukup dan belum berani memulai. Bagaimana supaya impian saya ini cepat dapat terealisasi, apakah kemungkinan saya bisa berhasil? Terima kasih banyak informasinya…..
    Salam, Tanti

  4. admin Post author

    Saran saya agar impian Anda cepat dapat terealisasi adalah segera memulai dan berani mencoba. Kendala utama yang menghambat seseorang dalam berwiraswasta adalah ketidakberanian mecoba. Masalah modal dapat disiasati dengan cara mencari pinjaman dulu ke pihak lain. Dan saya rasa, meskipun modal yang ada tidak terlalu besar, Anda tetap dapat memulainya. Mulailah usaha Anda kecil-kecilan dulu, disesuaikan dengan modal dana yang ada. Dengan doa, semangat, ketekunan, kegigihan, dan kerja keras usaha Anda tentunya akan membuahkan hasil. Namun, ingat di dalam dunia usaha ada resiko berhasil dan ada juga resiko gagal. Andaikan pun di usaha pertama ini sepertinya belum membuahkan hasil, teruslah mencoba. Jangan patah semangat.

  5. deni

    mantap juga tuh,kini saya telah memulai usah,membuat bahan setenah jadi untuk pembuatan dorokdok kulit khas garut.
    memeng belum terlihat hasilnya,karna sebagai pemula
    bnyak peljaran dan tips yang saya dapatkan… dan kini
    saya termotifasi….agar mendapat hasil yang maximal…
    dalam sebuah usaha yang saya tekuni sekarang….

  6. Ade-Jogja Pro

    saya juga terus belajar bagaimana membuat percetakkan saya ada order, biarpun saya garap di rumah saja dan promosi sebatas dari mulut kemulut saja…..Terus bagaimana cara agar kita bisa mengembangkan usaha kita lebih besar, apakah dengan meminjam Bank hal yang tepat…?

  7. Kelly

    Assalamu’alaikum,,,
    Saya kelly dari ciledug, saya seorang musisi / pekerja seni.
    Keinginan saya dari dulu memang musisi itu sebagai pekerjaan sampingan saja.
    Kebetulan ada temen yang mempunyai usaha dibidang konfeksi, dia menawarkan saya untuk mengadakan benang jahitnya.
    Saya pun senang dan menerima tawaran itu,tapi yang jadi masalah dia biasanya beli benang yang bekas limbah garmen.
    Jadi harganya murah sekali di banding harga benang dari pabrik. yg saya tanyakan, bagaimana mensiasati usaha ini? Bagaimana langkah-langkah supaya usaha benang jahit ini berjalan dan sukses? Mohon petunjuknya Admin,
    Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: