Informasi dan Tips – informasitips.com

Bolehkah Buah Nangka Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil?

informasitips.com – Bolehkah buah dan sayur nangka dikonsumsi oleh ibu hamil? Berbahayakah nangka bagi bayi yang dikandung maupun bagi kesehatan ibu selama hamil? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sudah cukup sering kita dengar. Bahkan, mungkin saja Anda saat ini juga sedang bertanya-tanya akan hal tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa buah nangka boleh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa buah nangka termasuk buah yang harus dihindari selama kehamilan, karena dapat menyebabkan keguguran. Untuk menjawab hal tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana kandungan gizi (nutrisi), manfaat, dan efek samping dari buah nangka.

Kandungan gizi (nutrisi) buah nangka
Buah nangka atau dalam nama latin disebut Artocarpus heterophyllus merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah yang dikenal sebagai buah tropis ini banyak dijumpai dalam berbagai jenis hidangan di Asia, terutama di Indonesia, seperti sayur gulai nangka, minuman es buah, atau bisa dimakan langsung tanpa diolah.

  • Buah nangka kaya akan vitamin A dan C, riboflavin, niasin, tiamin, dan asam folat.
  • Buah nangka rendah sodium, kolesterol, dan lemak jenuh.
  • Buah nangka banyak mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, tembaga, seng, mangan, dan selenium.
  • Buah nangka termasuk buah yang kaya serat dan menyediakan hampir 11% dari kebutuhan serat harian.
  • Mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa.
  • Diperkaya dengan fitonutrien, seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang bersifat anti-kanker dan anti-penuaan, dan anti-ulterasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan gizi dan nutrisi buah nangka dapat melihat daftar berikut ini:

(Kandungan gizi (nutrisi) yang terkandung dalam 165 gram buah nangka)

– Kalori: 155 kalori
– Protein: 2,8 gram
– Air: 121 gram
– Total lemak: 1.1 gram
– Omega-3: 130 mg
– Omega-6: 25 mg
– Vitamin A: 182 IU
– Vitamin C: 23 mg
– Tiamin: 173 mcg
– Riboflavin: 91 mcg
– Niacin: 1,5 mg
– Vitamin B6: 543 mcg
– Asam Folat: 40 mcg
– Kalsium: 40 mg
– Zat besi: 380 mcg
– Magnesium: 48 mg
– Fosfor: 35 mg
– Kalium: 739 mg
– Sodium: 3.3 mg
– Zinc: 215 mcg
– Tembaga: 125 mcg
– Mangan: 71 mcg
– Selenium: 0.99 mcg

Manfaat Buah Nangka
Melihat begitu banyak kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam buah nangka, tentunya buah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

  • Magnesium yang ditemukan dalam jumlah besar dalam buah nangka membantu penyerapan kalsium tubuh. Kalsium yang tinggi dalam buah nangka bermanfat untuk memperkuat tulang. Kandungan zat besi dalam buah nangka dapat membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia. Sementara kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah nangka bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
  • Buah nangka kaya serat sehingga baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit (konstipasi) dan memperlancar buang air besar.

    Amankah buah nangka dimakan saat hamil

  • Karena kandungan gulanya sederhana (Fruktosa dan Sukrosa), maka buah nangka dapat membantu menambah energi tubuh tanpa menambah lemak atau kolesterol pada tubuh.
  • Kandungan anti-kanker dalam buah nangka bermanfaat dalam melawan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh dan menghambat degenerasi sel.
  • Kandungan anti-ulterasi dalam nangka dapat melindungi usus dari luka (menyehatkan usus), membantu penyembuhan borok, dan mencegah sejumlah gangguan sistem pencernaan.
  • Kandungan senyawa anti-penuaan dalam buah nangka dapat memperlambat degenerasi sel-sel kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda.
  • Buah ini juga baik dalam menjaga penglihatan (mata) karena kaya vitamin A.

Efek samping (kerugian) mengonsumsi buah nangka

  • Buah nangka dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, khususnya mereka yang memang alergi terhadap buah ini.
  • Buah ini dapat meningkatkan koagulasi pada orang yang menderita kelainan darah.
  • Buah nangka dapat mengubah tingkat toleransi glukosa pada pasien diabetes.
  • Buah nangka dapat memicu timbulnya diare, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Buah nangka untuk ibu hamil
Setelah mengetahui seperti apa nutrisi, manfaat, dan efek samping dari buah nangka, sekarang, mari kita lihat apakah buah ini aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi buah nangka selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. Faktanya, buah nangka sangat kaya akan nutrisi yang berguna bagi ibu hamil dan bayi. Kandungan vitamin A dalam buah nangka dapat bermanfaat bagi perkembangan janin, terutama membantu perkembangan dan pembentukan fungsi organ penglihatan (mata) janin. Kandungan vitamin B3 dalam buah nangka bisa membantu mengatur hormon, meningkatkan imunitas, dan mengontrol tingkat stres pada wanita hamil.

Sementara kandungan mineral magnesium dan kalsium dalam buah nangka baik untuk kesehatan tulang dan diperlukan oleh ibu hamil, karena selama hamil kebutuhan akan kalsium meningkat. Kalsium diperlukan oleh janin untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, membantu agar perkembangan sistem saraf janin berjalan normal, dan bermanfaat dalam perkembangan jantung bayi. Bila kebutuhan kalsium selama hamil tidak terpenuhi, maka bayi akan mengambil kalsium ibu dari tulang ibu yang pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan ibu hamil.

Selama kehamilan, kebutuhan zat besi juga meningkat. Oleh karena itu, kandungan zat besi yang tinggi dalam buah nangka juga baik untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi wanita selama hamil dan membantu mencegah anemia. Beberapa gejala anemia yang dapat mengganggu kenyamanan selama hamil diantaranya adalah sering pusing dan lelah. Kandungan kalium dalam buah nangka juga bermanfaat bagi ibu hamil dalam mencegah hipertensi, dimana kondisi hipertensi cukup sering terjadi saat hamil. Buah nangka juga kaya akan serat, sehingga juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan sembelit (susah air besar) yang sering terjadi pada wanita hamil.

Meskipun termasuk aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, bukan berarti buah nangka bisa dikonsumsi secara berlebihan (dalam jumlah yang terlalu banyak dan terlalu sering). Karena kandungan seratnya yang tinggi, bila dikonsumsi secara berlebihan buah ini dapat bersifat sebagai pencahar yang bisa menyebabkan diare pada wanita hamil. Selain itu, perhatikan juga efek samping dari mengonsumsi buah nangka seperti yang sudah disebutkan di atas. Bila ibu hamil memiliki riwayat alergi, menderita diabetes dan memiliki kelainan darah, sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini.

Baca juga:

Buah yang Harus Dipantang Oleh Ibu Hamil

Buah dan Sayuran Apa yang Boleh Dikonsumsi Saat Hamil

Hipertensi Saat Hamil



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: