Informasi dan Tips – informasitips.com

Buah yang Dipantang untuk Ibu Hamil

Posted on by in , with 2 Comments

informasitips.com – Buah-buahan yang rasanya manis dan segar tentu saja menggoda selera, siapa yang tidak suka? Semua orang pasti suka, tidak terkecuali ibu hamil. Namun, tidak semua buah dapat dikonsumsi secara sembarangan oleh para calon ibu loh. Hal itu ada kaitannya dengan kandungan buah yang dikonsumsi dengan dampak yang dapat ditimbulkan. Kira-kira buah apa saja ya yang dipantang untuk ibu hamil? Lalu, mengapa mengonsumsi buah durian & nanas tidak boleh banyak-banyak?

Berikut ini, beberapa macam buah yang harus mendapat label “warning” bagi para calon ibu, diantaranya adalah buah yang masih muda, buah yang mengandung alkohol, dan buah yang bersifat panas di perut, buah-buah tersebut antara lain:

Buah Nanas Muda

Nanas Muda dipantang Ibu HamilMemang ada beberapa ibu hamil yang tidak mengalami dampak dari memakan buah nanas muda ini, namun akan lebih baik bila kita tetap berhati-hati dalam mengonsumsi buah nanas. Mengapa? Karena di dalam buah nanas muda mengandung zat yang berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid, jadi lebih baik dihindari. Mitos yang berkembang selama ini mengenai buah nanas, ternyata bukan sembarang mitos melainkan peringatan agar ibu hamil menjauhi buah ini.

Buah Pepaya Muda

Buah Pepaya Pantangan Ibu HamilBeberapa dari ibu hamil, memiliki pengalaman tentang patologi kerapuhan ari-ari janin, yang diakibatkan dari kebanyakan makan daun pepaya. Hal itu harus dihindari, jadi buat ibu hamil yang ngidam makan daun pepaya, lebih baik tidak memakannya. Dan, perlu diketahui bahwa daun pepaya merupakan stimulan atau perangsang otot-otot rahim, sehingga ibu hamil harus menghindarinya.

Sedangkan untuk buahnya yang masih muda, memang berguna untuk melancarkan air susu ibu, tetapi Pepaya Muda untuk ibu hamil masuk dalam kategori membahayakan, karena pepaya yang masih setengah matang atau mentah bisa menggugurkan kandungan pada ibu yang hamil muda. Karena efek itulah, maka pepaya mentah kerap digunakan dengan tujuan sebagai alat kontrasepsi. Ibu hamil dianjurkan untuk memakan pepaya matang, atau yang manis sebagai pelancar buang air besar.

Buah Durian

Durian dipantang untuk Ibu HamilTerkait dengan ibu hamil, di dalam buah durian terdapat dua zat yang perlu kita perhatikan, yaitu alkohol dan asam arachidonat yang apabila dikonsumsi pada kadar yang terlalu tinggi oleh ibu hamil, maka dapat memberi efek buruk terhadap kehamilan. Seperti diketahui, alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang untuk janin. Salah satunya adalah berat badan lahir rendah.

Sedangkan asam arachidonat adalah suatu senyawa yang merupakan prekursor alias pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah suatu senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat berakibat pada keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran prematur (pada kehamilan di bawah 36 minggu).

Buah Durian juga bahaya pada ibu hamil yang memiliki gangguan penyakit maag, hal ini karena buah durian dapat memproduksi gas di dalam lambung manusia. Pada ibu hamil yang memiliki penyakit maag, hal ini terkadang bisa menimbulkan rasa kembung dan mual. Sebab sakit maag yang diderita jadi kambuh.

Buah Nangka dan Cempedak

Nangka-dipantang-untuk-ibu-hamilKedua buah ini serupa efeknya seperti buah durian setelah dikonsumsi, buah nangka maupun cempedak akan bereaksi kearah alkohol, akibatnya perut kita akan terasa panas sekali dan akhirnya muntah-muntah dan diare.

Bagi beberapa ibu hamil yang sangat menginginkan sayur nangka muda menjadi teman santapan cobalah untuk tidak memakannya setiap hari, untuk menghindari kambuhnya penyakit maag bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit maag sebelum hamil. Nah, agar maagnya tidak kumat sehabis makan menu ini ada baiknya minum air hangat atau susu coklat hangat untuk menetralisir asam lambung.

Buah Yang Bersifat Sangat Asam

Biasanya ibu hamil akan menganggap makanan yang segar adalah makanan yang rasanya asam, tapi tunggu dulu, tidak semua buah yang rasanya asam baik bagi lambung, contohnya, jeruk yang sangat asam, buah macam ini berdampak negatif bagi ibu hamil yang memiliki penyakit maag, khususnya ibu hamil dalam trimester pertama, karena asam lambung yang meninggi dapat mengakibatkan ibu mual hingga muntah. Sehingga, para calon ibu dianjurkan untuk mengurangi makan makanan yang asam, agar kenyamanan saat hamil, terutama dalam pemenuhan gizi janin, tetap terlaksana.

Semoga bermanfaat Bunda….

Copyright secured by Digiprove © 2012

Artikel Terkait

2 thoughts on “Buah yang Dipantang untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih