Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

informasitips.com – Bagi kebanyakan orang, mengetahui cara menghilangkan komedo adalah suatu keharusan, karena komedo sering kali dianggap sebagai hal yang sangat mengganggu di bagian wajah seseorang. Komedo dapat disebabkan oleh sel-sel kulit yang telah mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Komedo itu sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah komedo yang muncul di kulit akibat terjadinya penyumbatan pada folikel rambut sehingga muncullah tonjolan yang berwarna hitam pada permukaan kulit, disebut juga komedo hitam (blackhead). Yang kedua ialah komedo putih (whitehead) yang terbentuk akibat terperangkapnya sel kulit mati, minyak ataupun bakteri pada pori-pori kulit di wajah Kamu. Tidak seperti komedo hitam, komedo putih terbentuk di bawah permukaan dari pori-pori yang tertutup.

Nah, sebenarnya Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo?

Ada berebagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komedo di wajah Kamu. Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan komedo yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Berilah wajah Kamu uap seminggu sekali. Ini akan mengurangi terbentuknya komedo di wajah Kamu. Caranya yaitu, tempatkan wajah Kamu di atas wadah yang berisi air mendidih. Untuk hasil yang maksimal, tutuplah kepala Kamu menggunakan handuk. Gunakan madu dan gula untuk melakukan scrubbing. Ini akan menghilangkan komedo sekaligus melembutkan kulit Kamu.
  • Jika kulit Kamu berminyak, gunakanlah masker dengan bahan tanah liat untuk mengurangi minyak pada kulit. Pilihlah masker yang tidak mengandung mint atau bahan penyebab iritasi. Gunakanlah bahan yang tak mengandung tambahan aroma.
  • Cara menghilangkan komedo

  • Buat masker penghilang komedo dengan cara mencampur air jeruk nipis, minyak almond, dan garam. Oles pada wajah selama beberapa menit. Ini akan menghilangkan komedo dan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
  • Saat malam hari, tempelkan kain basah yang hangat pada bagian wajah kurang lebih 15 menit. Hal ini akan mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran yang menempel, dan partikel lainnya. Setelah selesai digunakan, rebuslah kain tersebut ke dalam air yang mendidih untuk membunuh kuman pada kain. Cara ini adalah salah satu cara tradisional menghilangkan komedo dengan mudah.
  • Hangatkan sedikit madu, oleslah pada wajah yang tumbuh komedo. Tunggu selama 10 menit, setelah itu, cuci wajah Kamu. Madu berperan sebagai pelembab alami dan penghilang komedo.
  • Gunakan scrub sayur dan masker kacang. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan beberapa bahan, yaitu selembar daun kalian, selembar daun seledri, sedikit buah apel, perasan jeruk lemon. Lalu blender semua bahan tersebut. Oleskan pada wajah hasil blender tersebut, lalu bilas dengan air bersih. Kedua, campur sari kacang kedelai dengan kacang polong. Gunakanlah campuran tersebut sebagai masker. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Gunakanlah putih telur untuk menghilangkan komedo. Caranya, ambil sebagian dari putih telur, lalu letakkan di wadah. Kocok putih telur tersebut hingga berbusa. Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Tutup lapisan tersebut dengan tisu hingga kering. Jika sudah kering, lepas tisu secara perlahan. Pada bagian dalam, akan tampak bintik-bintik komedo yang telah terangkat.
  • Gunakan kulit jeruk. Caranya, campurkan kulit jeruk dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian, letakkan kulit itu pada wajah Kamu dan biarkan semalaman. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Cara lain menghilangkan komedo, yaitu:

  1. Usahakan untuk tidak menggunakan kosmetik yang berbentuk krim dan minyak. Ini dikarenakan akan menyumbat pori-pori dan meningkatkan peluang terjadi komedo.
  2. Jaga kondisi tubuh dengan hidup sehat dan cukup gizi. Hindarilah stress atau hal yang lainnya yang dapat membuat kondisi tubuh menurun. Jika kondisi tubuh menurun, maka dengan mudahnya kuman akan masuk ke dalam tubuh.
  3. Batasilah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol. Sebagai contoh, coklat, susu, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga, krim bubuk, gorengan, santan, dan yang lainnya.
  4. Gunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo. Oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang terdapat komedo. Biarkan hingga mongering, lalu bilas dengan air.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Komedo putih sering dianggap sebagai jerawat ringan, oleh karena itu cara mengatasinya relative lebih mudah ketimbang jerawat yang kerap dianggap mengganggu. Untuk menghilangkan komedo putih Kamu bisa menggunakan obat yang mengandung zaat aktif benzoil peroksida atau benzoyl peroxide yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak yang dapat menyumbat pori. Sementara itu produk yang mengandung asam salisilat berkhasiat dalam menghancurkan komedo putih yang bersarang di wajah. Proses penyembuhan dapat berlangsung hingga 8 minggu. Nah, jika dengan cara tersebut tidak kunjung memperlihatkan hasil, maka selanjutnya Kamu busa menghubungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan metode penanganan yang lain.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

  • Menggunakan obat-obat yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat dan resorsinol untuk mengurangi produksi minyak berlebih, mengelupas sel kulit mati dan membunuh bakteri, secara berturut-turut. Kombinasi perlakukan tersebut dapat menghilangkan komedo hitam.
  • Dengan obat yang diresepkan. Obat untuk menghilangkan komedo hitam yang diresepkan biasanya mengandung vitamin A, seperti tretinoin, tazarotene dan adapalene, dengan tujuan mencegah terbentuknya sumbatan pada folikel rambut.
  • Penanganan manual. Dermatolog atau dokter spesialis perawatan kulit biasanya menggunakan alat yang disebut round loop extractor yang berfungsi untuk memnghilangkan sumbatan.
  • Microdermabrasion. Proses ini untk menghilangkan komedo hitam ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan kasar yang berfungsi untuk memindahkan lapisan kulit teratas yang bisa menjadi sumbatan hingga menyebabkan terbentuknya komedo hitam.
  • Peeling. Peeling berfungsi untuk menghilangkan sumbatan dan membersihkan kulit dari sel-sel yang mati yang berperan dalam menyebabkan munculnya komedo hitam. Bahan-bahan untuk melakukan peeling sendiri dapat diperoleh di apotek terdekat, namun jika ingin peeling dengan bahan yang lebih kuat, Kamu bisa pergi ke dermatology langganan Kamu.
  • Terapi laser dan sinar. Laser dan sinar berfungsi untuk mengurangi produksi miyak berlebih serta membunuh bakteri. Dengan terapi ini, sinar dan laser dapat mencapai bagian bawah permukaan kulit dimana sumber sumbatan berasal, tanpa menghancurkan lapisan teratas dari kulit. Penanganan dengan cara ini lebih menyasar ke target secara langsung, sehingga lebih efektif.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo di hidung maupun di waja. Cara ini bisa Kamu coba jika Kamu ingin komedo yang terdapat pada wajah Kamu hilang dengan cepat. Jangan biarkan komedo di wajah Kamu bertahan lama, karena semakin lama komedo itu bersarang di wajah Kamu, maka Kamu akan semakin sulit untuk membuangnya.

Copyright secured by Digiprove © 2012

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER:

Ingin berlangganan artikel dari informasitips.com? Masukkan Email Anda pada form di bawah ini, kemudian klik Langganan