Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Sinar Matahari Bagi Kesehatan Manusia

informasitips.com – Mungkin banyak di antara Kita sekarang yang tidak suka terkena sinar matahari, dengan berbagai macam alasan, panas atau bikin kulit menjadi gelap merupakan 2 alasan utama mengapa banyak orang menghindar untuk terkena sinar matahari. Padahal, sinar matahari sangat penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Kita tahu bahwa tumbuhan tidak bisa menyediakan sayuran atau buah-buahan untuk manusia tanpa adanya sinar matahari. Sinar matahari memberikan energi bagi Bumi dan bagi kehidupan yang ada di atasnya. Bagi manusia, sinar matahari memberikan vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Sinar ultraviolet B dari sinar matahari adalah sinar yang berperan dalam mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Untuk kita orang Asia, waktu paparan matahari yang dibutuhkan untuk mendapatkan vitamin D lebih lama ketimbang mereka orang bule.

Nah, berikut ini beberapa peranan sinar matahari bagi kesehatan manusia:

Membunuh bakteri/kuman jahat

Sejak tahun 1870 telah diketahui bahwa sinar ultraviolet dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit. Pemikiran tersebut kemudian diaplikasikan oleh Niels Finsen, peraih nobel, untuk mengobati Lupus vulgaris dengan menggunakan sinar UV yang dikonsentrasikan. Apa yang dilakukan Niels cukup sukses untuk mengobati Lupus vulgaris yang disebabkan oleh bakteri penyebab TBC.

Menurunkan Kolesterol

Paparan sinar matahari dapat mengubah kadar kolersterol yang tinggi di dalam darah menjadi hormon-hormon steroid dan hormon reproduksi. Absennya sinar matahari, hal yang sebaliknya dapat terjadi, yaitu hormone steroid dan reproduksi dapat berubah menjadi kolesterol, sehingga kadarnya di dalam menjadi lebih tinggi lagi.

Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah studi yang bertujuan untuk mencari tahu mekanisme sinar matahari dalam menurunkan tekanan darah diketahui bahwa senyawa oksida nitrat yang disimpan di lapisan atas kulit manusia dapat bereaksi dengan sinar matahari sedemikian rupa sehingga senyawa tersebut akan berpindah ke dalam aliran darah dan akan menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran. Hal itu akan membuat tekanan darah menjadi turun. Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Inggris yang dipimpin oleh Prof. Martin Feelisch.

Meningkatkan fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Sinar matahari bermanfaat dalam meningkatkan produksi sel-sel darah putih, terutama limfosit, yang berperan dalam mempertahankan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Mengatasi TBC

Sinar Matahari Mengobati TBC

Dahulu, sekitar 100 tahun yang lalu, sinar matahari digunakan sebagai pengobatan standar bagi penyakit tuberculosis. Namun, sejak ditemukannya antibiotik, kini sinar matahari telah tergantikan perannya dalam pengobatan TBC.

Mencegah Diabetes

Vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh sebagai akibat dari paparan sinar matahari bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit diabetes Tipe 1. Berdasarkan penelitian, defisiensi vitamin D juga diketahui merupakan penyebab dari munculnya diabetes tipe 2.

Meningkatkan Kandungan Oksigen dalam Darah

Sinar matahari juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyalurkan oksigen ke berbagai jaringan tubuh, mirip dengan menafaat yang ditimbulkan dari berolahraga. Pengaruh sinar matahari ini pada akhirnya dapat meningkatkan stamina, fitness, dan perkembangan otot.

Mengatasi Masalah Kulit

Beberapa masalah pada kulit, seperti psoriasis, vitiligo, atopic dermatitis, dan scleroderma, dapat terobati oleh pancaran sinar matahari.

Membuat Kamu lebih ceria

Sinar matahari bisa meningkatkan level serotonin dalam tubuh Kamu. Serotonin merupakan hormon alami dalam tubuh yang memberikan rasa bahagia manakala kadarnya dalam tubuh meningkat. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan sungkan-sungkan untuk membawa tubuh Kamu keluar rumah dan terpapar sinar matahari.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *