Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Itu Penyerbukan Bastar?

informasitips.com – Bunga merupakan organ tumbuhan yang nantinya akan menjadi buah dan di dalam buah nanti akan terbentuk biji, dan di dalam biji itulah terdapat calon tumbuhan baru, yaitu lembaga. Buah, biji, dan lembaga hanya akan terjadi setelah terlebih dahulu terjadi peristiwa penyerbukan pada bunga.

Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari pada kepala putik (untuk golongan angiospermae / tumbuhan berbiji tertutup) atau jatuhnya serbuk sari langsung pada bakal biji (untuk golongan gymnospermae / tumbuhan berbiji terbuka).

Bunga yang telah siap mengalami penyerbukan, kepala sarinya pecah atau membuka dan keluarlah serbuk sarinya. Oleh karena suatu hal, akhirnya ada serbuk sari yang sampai pada kepala putik. Apabila serbuk sari jatuh pada kepala putik yang cocok, serbuk sari akan berkecambah, terjadilah buluh serbuk sari yang tumbuh menuju arah bakal biji. Penyerbukan tidak selalu diikuti dengan pembuahan, lazimnya penyerbukan hanya akan diikuti oleh pembuahan bila tumbuhan diserbuki oleh serbuk sari yang sama.

Penyerbukan Bastar

Hybridogamy atau yang lebih dikenal dengan Penyerbukan Bastar terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga pada bunga lain yang berbeda jenisnya (sekurang-kurangnya memiliki satu sifat beda).

Penyerbukan Bastar dapat terjadi dengan sendirinya di alam, tetapi sering kali dilakukan oleh manusia dengan sengaja yang bertujuan mendapatkan keturunan baru dengan sifat-sifat tertentu. Pekerjaan yang dilakukan seperti ini dinamakan Pembastaran (Hybridisatio).

Pembastaran dilakukan dengan menggunakan dua jenis individu tumbuhan yang mempunyai sifat berlainan. Dari individu satu diambil serbuk sarinya, sedang yang kedua menerima serbuk sari itu (yang diserbuki). Individu yang memberikan serbuk sari dinamakan “ayah”, sedang yang diserbuki disebut “induk”. Hal yang sebaliknya juga bisa dilakukan, artinya tumbuhan yang pada penyerbukan pertama kita beri nama “induk”, sekarang tinggal mengambil serbuk sarinya (dijadikan ayah), sedang tumbuhan yang semula memberikan serbuk sari justru yang sekarang diserbuki (dijadikan induk), hal yang dilakukan tersebut dinamakan pembastaran balik.

Jenis- jenis Penyerbukan Bastar

A. Pembastaran antar varietas

Pembastaran antara dua tumbuhan yang berdeda varietas, contoh : pembastaran antara manga golek dan manga gadung.

B. Pembastaran antar jenis

Pembastaran antara dua jenis tumbuhan, contoh : pembastaran antara pohon Mangga (Mangifea indica L) dengan pohon kuweni (Mangifera odorata Giff) .

C. Pembastaran antar marga (genus)

Pembastaran antara dua jenis tumbuhan yang berbeda marga contoh: pembastaran antara lombok (Capsicum sp) dengan terong (Solanum sp).

Tingkat Keberhasilan Pembastaran

Pembastaran seperti yang diterangkan di atas belum tentu berhasil menghasilkan keturunan baru, oleh sebab itu dapat berhasil atau tidaknya suatu pembastaran seringkali digunakan sebagai ukuran jauh dekatnya hubungan kekerabatan antara kedua tumbuhan yang dibastarkan.

Tumbuhan yang berasal dari pembastaran disebut bastar hybrid. Jika bastar tidak dapat menghasilkan buah dan biji, bastar ini adalah bastar yang mandul (steril), sebaliknya bastar yang dapat menghasilkan biji dan buah disebut bastar subur (fertil).

Dari tiga contoh pembastaran yang telah disebutkan sebelumnya, yang paling dominan dapat berhasil ialah pembastaran antar varietas, dari pembastaran varitas pun bisa didapatkan pembastaran yang subur. Pembastaran antar jenis lazimnya pun berhasil pula, tetapi bastar yang diperoleh seringkali bastar yang mandul.

Pembastaran antar-marga jarang sekali bisa berhasil dan kebanyakan pembastaran dalam dunia pertanian banyak dilakukan pembastaran varietas dan jenis saja. Tujuan dari pembastaran pada dunia pertanian yaitu agar mewarisi sifat-sifat yang baik dan menghilangkan sifat-sifat buruk yang diwariskan kedua orangtuanya.

Pekerjaan untuk memperoleh keturunan baru yang mempunyai sifat-sifat yang lebih baik dari yang lama di dunia pertanian disebut pemuliaan tanaman.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: