Informasi dan Tips – informasitips.com

Makanan Pengusir Stress atau Bad Mood

informasitips.com – Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami stress ataupun bad mood, dan seringkali keadaan tersebut membawa kerugian bagi mereka yang mengalaminya, tidak hanya dari sisi kesehatan tetapi juga dari sisi produktivitas kerja. Bayangkan jika Kamu berada pada situasi mendekati tenggat waktu dan di saat yang sama Kamu baru tahu kalau kekasihmu memutuskan Kamu. Apapun alasannya, atasan Kamu tidak mau tahu, dia hanya mau tahu kalau kerjaan Kamu harus ada di mejanya 1 jam lagi. Siapapun pasti tidak ingin mengalami situasi seperti itu. Salah satu cara mudah yang bisa Kamu lakukan untuk mengusir stress ataupun bad mood adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bisa menenangkan perasaan tidak enak yang Kamu rasakan. Berikut beberapa makanan yang bisa menghilangkan stress ataupun bad mood:

  • Pisang

    Pisang merupakan buah yang murah dan dapat diperoleh kapan pun Kamu mau, karena pisang adalah buah yang tidak kenal musim. Selain rasanya yang enak, pisang juga dapat membuat mereka yang mengkonsumsinya merasa tenang dan akan lebih bersemangat. Pisang mengandung Triptofan yang di dalam tubuh diubah menjadi serotonin, yaitu jenis hormon yang dapat menenangkan dan juga membuat Kita menjadi lebih bersemangat.

  • Susu Coklat (coklat)
    Makanan Pengusir Stress Bad Mood

    sumber gambar: vogue.com.au

    Seperti pisang, susu coklat juga mengandung Triptofan yang dapat membuat Kamu menjadi lebih tenang dan bahagia. Selain itu, menurut penelitian, coklat juga dapat meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut akan membuat Kamu menjadi lebih bersemangat, terutama saat Kamu dilanda Bad Mood. Coklat juga diketahui dapat meningkatkan pelepasan Endorphin di otak, hormon ini akan membuat Kamu menjadi lebih tenang.

  • Kopi

    Kopi dapat meningkatkan mood Kamu dan dapat mengurangi perasaan tidak enak yang tengah Kamu alami. Dengan meminum Kopi, maka energi Kamu akan meningkat, begitu juga dengan kemampuan memori otak Kamu. Minum Kopi secangkir dapat membawa perubahan berarti pada mood Kamu, tapi konsumsi Kopi yang berlebihan justru malah akan menimbulkan stress.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti Omega-3, mineral (selenium), vitamin E dan antioksidan. Kandungan omega-3 dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang berarti bahwa otak Kamu akan mendapat suplai oksigen, hal itu akan membuat Kamu menjadi lebih tenang. Konsumsi kacang-kacangan setiap hari dapat membuat Kamu lebih sehat dan dapat menjernihkan pikiran serta terbebas dari stress.

  • Buah-buahan segar

    Kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin dalam buah-buahan dapat membantu Kamu dalam mengusir stress ataupun bad mood yang Kamu alami. Buah-buahan seperti jeruk dan bluberry merupakan contoh buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat menghilangkan stress.

  • Teh hitam

    Dengan mengkonsumsi teh hitam hangat atau dingin, maka kadar kortisol (hormon stress) di dalam tubuh akan berkurang. Selain itu, teh hitam juga dapat memningkatkan fungsi memori otak dan dapat menyembuhkan sakit kepala yang Kamu rasakan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: