Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips dalam Membeli Smartphone

informasitips.com – Selalu menyenangkan bagi setiap orang untuk membeli handphone pertama mereka, apalagi membeli Smartphone pertama. Siapapun pasti sudah membayangkan akan banyak hal yang bisa dilakukan ketika Smartphone sudah berada di genggaman tangan. Tetapi, nanti jangan kaget ketika sampai di toko, Kamu malah bingung mau membeli Smartphone yang seperti apa, karena di zaman sekarang ini produk-produk Smartphone sudah sangat banyak diproduksi. Tiap-tiap smartphone itu memiliki bentuk, kelebihan, dan spesifikasi tersendiri. Para perusahaan ponsel umumnya sekarang sudah memroduksi Smartphone sebagai produk andalan mereka, sekaligus juga agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan ponsel lainnya.

Seberapa besar kebutuhan Kamu akan Smartphone? Apakah Kamu benar-benar membutuhkannya?

Bijaklah sebelum membeli. Ungkapan itu juga berlaku ketika Kamu memutuskan untuk membeli smartphone, karena harganya yang tidak murah membuat Kamu harus berpikir lagi apakah Kamu benar-benar membutuhkannya? Jika Kamu termasuk orang yang memilki aktivitas online tinggi, baik itu di situs jejaring social ataupun memang pekerjaan Kamu berkaitan dengan dunia online, maka Smartphone adalah benda yang sangat Kamu butuhkan. Dengan smartphone, Kamu tidak hanya mendapatkan fungsi telepon, tetapi juga dapat berselancar di internet ataupun menonton TV online. Untuk menjalankan fungsi itu, maka Smartphone yang Kamu miliki haruslah yang mempunyai Operating System yang bagus, processor yang mumpuni, dan didukung juga oleh internet service provider. Semua hal tersebut, tentu saja, membutuhkan uang.

Tips Membeli Smartphone

Hampir setiap orang pasti akan menyukai Smartphone, bagaimana tidak? Dengan Smartphone, Kamu layaknya membawa versi miniature dari laptop ataupun PC yang bisa disimpan di kantong baju ataupun celana Kamu, dengan smartphone Kamu juga bisa membaca ataupun membalas email, bermain game sembari menunggu waktu, menonton film atau video dan itu semua dapat dilakukan dimanapun Kamu berada.

Berikut Kami berikan tips untuk Kamu yang ingin membeli smartphone pertama Kamu, disimak ya:

  1. Perhatikan Spesifikasi Hardware

    • Memory

      Ukuran memory bagi sebuah Smartphone sangatlah penting. Semua Smartphone memiliki memory onboard yang ukurannya berkisar antara 1 GB hingga 64 GB atau mungkin bisa lebih dari itu. Tidak hanya itu, biasanya terdapat slot yang disediakan untuk menambah memory sehingga Kamu tidak perlu menghapus aplikasi lama untuk mendownload aplikasi yang baru. Lain halnya dengan Smartphone milik produsen Apple, yaitu iPhone, yang tidak memiliki slot tambahan untuk mengupgrade memory bawaan pabrik, jadi sekalinya memory Kamu habis maka Kamu tidak bisa menambahkan data lagi, mau tidak mau Kamu harus menghapus terlebih dahulu data yang lama. So, pastikan Kamu mengetahui tujuan Kamu membeli Smartphone sehingga nantinya Kamu tidak akan mengalami masalah kekurangan memory dan tidak bisa menyimpan data yang baru.

    • Keyboard

      Hampir semua Smartphone didukung oleh keyboard Qwerty. Ada dua tipe keyboard Qwerty, yaitu keyboard Qwerty yang secara fisik bisa disentuh dan keyboard virtual yang digunakan dengan cara menyentuh layar atau touch screen. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Kamu. Bagi mereka yang memiliki jari yang besar mungkin akan mengalami kesulitan mengetik menggunakan keyboard Qwerty, oleh karena itu sebaiknya Kamu memilih keyboard yang jarak antar key-nya tidak terlalu dekat.

    • Layar Smartphone atau display

      Ada berbagai macam tipe tampilan pada Smartphone dan biasanya hal itu didasarkan atas banyaknya warna yang tampil di layar (contoh: 65k, 256k dan 16M). Semakin tinggi angkanya, semakin baik kualitas gambar yang akan didapat dengan menggunakan Smartphone. Jenis-jenis layar bisa kita kenal mulai dari TFT, TFT touch screen, AMOLED, Super AMOLED, Capacitive, Gorilla Glass dan masih banyak lagi. Untuk dimensi layar Smartphone biasanya adalah 400 x 800 pixel dan berukuran 4.0 inci. Untuk performancenya di luar ruangan, pastikan layar Smartphone Kamu tidak terlalu memantulkan cahaya, karena jika berada di luar ruangan, maka pantulan sinar matahari akan sangat mengganggu pandangan Kamu ke layar Smartphone.

    • Processor

      Untuk processor, pilihlah Smartphone dengan processor tidak kurang dari 1 GHz, karena jika kurang dari 1 GHz maka operasi Smartphone Kamu akan lambat. Semakin besar semakin baik.

    • GPU atau Graphics Processing Unit

      Komponen ini menentukan apakah suatu grafik dengan spesifikasi tertentu dapat dijalankan oleh Smartphone Kamu atau tidak. So, komponen ini sangat bermanfaat jika Kamu adalah penggila Game ataupun sering menyaksikan video HD. Tentunya hal tersebut didukung oleh space yang tersedia serta memori yang ada.

    • Network

      Kamu bisa memilh apakah mau yang 2G, 3G atau bahkan yang 4G. Hal tersebut berkaitan dengan koneksi nirkabel pada Smartphone Kamu. Sebagai gambaran, teknologi 3G tentunya memiliki kemampuan mengirim data secara nirkabel lebih cepat dibandingkan 2G.

    • Kamera

      Kamera dalam sebuah Smartphone merupakan komponen yang penting. Pilihlah Smartphone yang setidaknya dilengkapi dengan kamera 5 megapixel, sehingga ketika diupload ke komputer Kamu dapat melihatnya tanpa kehilangan kualitas gambar yang diambil. Tetapi berapapun megapixel yang dimiliki kamera Smartphone Kamu, pastikan sebelum membeli Kamu mencobanya terlebih dahulu dan lihat hasilnya. Fitur lain yang juga perlu dipertimbangkan pada kamera sebuah Smartphone adalah fitur geo-tagging, auot focus, dan flash light LED, HD video dan lain sebagainya.

    • Baterai

      Komponen yang satu ini merupakan komponen yang paling penting dalam performa suatu Smartphone. Pengalaman rekan Anda dalam menggunakan suatu Smartphone bisa dijadikan referensi untuk mengetahui berapa lama sebuah baterai dapat bertahan dalam penggunaan yang nyata. Jangan percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan produsen tentang ketahanan suatu baterai, karena dalam pengujiannya dilakukan di laboratorium yang tentu saja kondisinya berbeda dengan ketika Kamu menggunakannya. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah apapun jenis Smartphone Kamu pastinya membutuhkan daya yang besar dalam penggunaannya, baik itu untuk browsing internet, mendengarkan music, melihat video ataupun aktivitas lainnya. Saat ini Smartphone banyak menggunakan bateri ion-Lithium atau Li-ion yang berkisar antara 780 hingga 1200 mAh (miliAmpereHour) dan bertahan selama 300-500 jam pada keadaan stand-by menyala. Waktu tersebut akan berkurang seiring penggunaannya untuk menelepon, menonton video, browsing internet, mendengarkan music, bermain game dsb.

    • Body atau Desain Smartphone

      Parameter yang satu ini juga patut diperhatikan karena menyangkut berat Smartphone pilihan Kamu. Sebagai benda portable, suatu Smartphone jika terlalu berat tentunya tidak nyaman bukan? Pilihlah Smartphone dengan body atau desain yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan dan juga gaya hidup Kamu.

  2. Operating System (OS)

    Saat ini setidaknya ada lima Operating System utama yang menjalankan suatu Smartphone, yaitu Android (Google), iOS (dari Apple), RIM (Blackberry), Windows Mobile (Microsoft) dan Symbian (Nokia). Jenis OS yang terdapat dalam Smartphone yang Kamu miliki merefleksikan gaya hidup Kamu karena hal itu menentukan pilihan aplikasi yang bisa Kamu gunakan serta fungsi yang dapat dijalankan oleh Smartphone Kamu. Saat ini OS Open Source, Android, buatan Google telah memiliki lebih dari 500000 aplikasi yang bisa diunduh. Saat ini, banyak produsen gadget Smartphone ternama yang sudah menggunakan Android pada produk buatannya, sebut saja Samsung, HTC, ASUS, Motorola dan masih banyak lagi. Melihat kenyataan itu, maka wajar rasanya jika Android memimpin sebagai OS dengan jumlah aplikasi terbanyak saat ini. Itu semua dimungkinkan karena lisensi Android yang sifatnya Open Soure. Tempat kedua diduduki oleh iOS dengan jumlah aplikasi lebih dari 400000.

  3. Apps atau Aplikasi

    Jenis Apps yang bisa digunakan oleh Smartphone yang Kamu miliki tergantung dari OS yang terinstall pada Smartphone Kamu itu. Saat ini jumlah aplikasi Android dan iOS adalah yang paling banyak. So, belilah Smartphone yang dapat menjalankan aplikasi yang Kamu butuhkan.

Semoga Bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Tips dalam Membeli Smartphone

  1. Seno

    Hehehe,,,
    Lumayan sih info nya,,

    Tp kalau di perhatikan,,
    Di awal di lihat membeli dengan bijak sesuai kebutuhan..
    Tp mengapa kamera di anjurkan sedikitnya 5mp dan procesor min 1 ghz,,

    Pasti orang baca gak bakal jd bijak lagi deh,,
    Hehehe

    Ya mungkin itu kriteria anda saja agar smartphone nya tidak mudah tertinggal zaman dan gak cepet pengen beli klo ada yg lebih bagus,,

    Sip deh,
    Kalau begitu saran ajah, alangkah baik nya ada kata” di anjurkan dan berikan alasannya bgtuh,,

    Thx

  2. admin Post author

    @Seno: Well, sekali lagi Kami bilang semuanya sesuai kebutuhan. Kalau Anda tidak butuh kamera dengan 5 MP, belilah Smartphone dengan spesifikasi kamera di bawah itu, kecuali Anda seseorang yang gemar taking pictures and upload those to your social account or computer, etc.

    Soal processor, Kami bilang min 1 GHz agar tidak lambat dalam mengoperasikannya, tetapi jika Anda tidak butuh performa cepat maka beli saja yang di bawah itu. Semua alasannya sudah dicantumkan di sana, pembaca bisa memutuskan sendiri mau beli smartphone yg spt apa.

    Anyway, thanks yah atas sarannya…..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: