Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Kopi Untuk Rambut

informasitips.com – Berdasarkan berbagai hasil penelitian, kopi telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, kopi diketahui dapat digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit serius. Kini, para peneliti juga telah meneliti pengaruh kopi terhadap rambut dan kesehatannya.

Jika selama ini Anda sudah menggunakan banyak bahan alami untuk merawat rambut, mungkin tak ada salahnya sekarang Anda mencoba kopi sebagai bahan untuk perawatan rambut Anda.

Namun, sebelum Anda menerapkannya pada rambut Anda, ketahui terlebih dahulu apa saja manfaatnya bagi rambut.

Berikut ini beberapa manfaat kopi bagi rambut:

Kopi Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Dermtology (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1365-4632.2007.03119.x/abstract) menyatakan bahwa kopi memiliki aktivitas dalam menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi bekerja dalam menghambat efek suatu senyawa kimia yang dikenal dengan nama DHT yang memiliki aktivitas dalam merusak folikel rambut yang diduga menjadi pemicu kebotakan pada pria. DHT diketahui sebagai hormone yang bertanggung jawab dalam terjadinya rambut rontok. Dalam hal ini, kafein berkhasiat dalam menstimulasi pertumbuhan rambut.

Manfaat Kopi Terhadap Usia Rambut

Masih dalam penelitian yang sama diketahui bahwa rambut yang diberi perlakuan dengan kafein memiliki umur yang lebih panjang ketimbang rambut yang tidak diberi kafein, yaitu 37 persen lebih lama.

Kopi Membuat Rambut Lebih Panjang

Selain itu, kafein juga bermanfaat dalam membuat rambut lebih panjang, yaitu antara 33 hingga 40 persen.

Shampo Kopi

Untuk mendapatkan manfaat kafein terhadap rambut, Kamu bisa menggunakannya sebagai shampo. Menurut penelitian, dalam penggunaannya sebagai shampoo, kafein dapat diserap oleh kulit kepala setelah 2 menit diaplikasikan. Kafein dalam kopi mampu memenetrasi (menembus) lapisan terluar dari kulit kepala melalui folikel rambut untuk selanjutnya dapatm menimbulkan manfaat bagi rambut.

Masker Kopi untuk Rambut

Cara lain menggunakan kopi dalam perawatan rambut adalah dengan membuatnya menjadi masker untuk rambut. Cara membuat masker kopi untuk rambut adalah sebagai berikut: campur 2 sendok teh bubuk kopi ke dalam campuran 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan campuran tersebut pada rambut Kamu dan diamkan selama 15 hingga 30 menit, dan setelahnya dibilas.

Seduhan Kopi untuk Mencuci Rambut

Selain menjadikannya sebagai masker kopi dan juga shampoo, pemanfaatan lain kopi untuk rambut adalah dengan cara menyeduh kopi menggunakan air mendidih, lalu tunggu beberapa saat hingga dingin, selanjutnya Kamu bisa mencucikannya ke rambut Kamu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan halus bagai sutera.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: