Manfaat Menggendong Bayi

Manfaat Menggendong Bayi


informasitips.com – Ketika Bayi Anda menangis karena sesuatu hal di tempat tidurnya, apa yang akan Anda lakukan pertama kali untuk membuatnya tenang? Hampir semua orang tua akan menggendong bayi mereka sambil menimang-nimangnya agar si Bayi kembali tenang. Dari hal tersebut sudah jelas bahwa Menggendong Bayi memiliki manfaat tersendiri. Kalau ditelisik lebih jelas lagi ternyata Manfaat Menggendong Bayi jauh lebih besar dari apa yang pernah kita bayangkan. Berikut ini beberapa Manfaat Menggendong Bayi:

  • Bayi yang lebih banyak digendong akan lebih sedikit menangis.

    Bayi yang lebih banyak digendong akan lebih sedikit menangis dibandingkan dengan bayi yang tidak. Mungkin Kita, sebagai orang tua, khawatir jika bayi terlalu banyak digendong nanti mereka akan manja, atau biasa disebut bau tangan. Sebenarnya pandangan tersebut tidaklah tepat. Bayi akan menangis jika mereka butuh untuk digendong, dan itu merupakan kebutuhan mereka. Jika mereka merasa kebutuhannya sudah terpenuhi, maka mereka sudah bisa untuk diletakkan di tempat tidurnya.

    Seiring dengan waktu, kemampuan mereka akan berkembang, mulai dari merangkak hingga berjalan, pada saat itu mereka akan mencoba untuk lebih banyak mengeksplor lingkungan mereka, otomatis mereka lebih menginginkan untuk dibiarkan, bukan? Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau bayi Anda ingin selalu berada dalam pelukan Anda. Apalagi jika memang bayi Anda termasuk bayi yang berkebutuhan tinggi untuk digendong, dari sini sedikit banyak Anda sudah bisa menerka karakter mereka.

  • Menggendong Bayi akan mendukung perkembangan mereka.
    Loading...

    Menurut penelitian, menggendong bayi memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun perkembangan bayi itu sendiri. Membuat mereka untuk selalu dekat dengan Anda akan memberikan mereka kenyamanan, keamanan, kontak fisik, serta stimulasi. Semua itu akan memberikan kondisi yang ideal untuk Bayi Anda tumbuh dan berkembang. Bayi yang digendong akan berada dalam keadaan terbangun dan mereka merasa puas dan senang dengan kondisi itu, pada saat inilah bayi akan berada dalam keadaan optimal untuk belajar.

  • Menggendong baik untuk kesehatan bayi, terutama bayi prematur

    Bayi yang baru lahir dan bayi premature yang lebih banyak digendong akan lebih cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan luar setelah mereka dilahirkan. Pada bayi premature, sentuhan fisik antara bayi dengan orang tua yang menggendongnya akan membantu bayi dalam mengatur temperature tubuhnya, detak jantungnya, serta pernapasannya. Tidak hanya untuk bayi premature, tetapi juga untuk bayi normal, menggendong memiliki manfaat dalam mengatur perkembangan fisiologi dan motorik bayi.

  • Menggendong bayi akan menjalin erat ikatan dengan orang tuanya.

    Menggendong bayi akan membuat Anda dengannya merasa lebih dekat. Dengan menggendongnya, bayi Anda akan lebih cepat mengenal aroma unik orang tuanya, serta suaranya. Begitu juga dengan Anda, Anda akan lebih banyak belajar mengenai tanda-tanda yang bayi Anda berikan ketika mereka butuh sesuatu, dengan begitu Anda akan lebih responsif terhadap kebutuhan mereka.

Terlepas dari berbagai manfaatnya, menggendong bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil dan juga bagi Anda, orang tuanya. Nikmatilah momen-momen berharga bersama si kecil, kelak Anda akan merasakan kerinduan mendalam akan momen-momen manis yang telah terlewat bersamanya, termasuk momen kala Anda menggendong dia.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: